gambar denah rumah minimalis

17 Gambar Denah Rumah Minimalis Keluarga 3 Kamar

Dengan lahan untuk perumahan yang semakin terbatas, tentu untuk menyematkan beberapa tempat tidur dalam sebuah hunian menjadi hal yang cukup tricky. Untuk keluarga yang memiliki lebih dari dua anak remaja yang sedang beranjak dewasa, dua kamar tidur tentu tidaklah cukup. Di sisi lain, memiliki lebih banyak kamar tidur berarti Anda perlu pertimbangan lebih dalam membuat floor plan atau denah rumah minimalis yang tepat karena semakin banyak kamar tidur yang Anda inginkan, akan semakin sempit ruang yang tersisa untuk ruangan lainnya.

Mungkin beberapa orang akan merasa cukup dengan hanya dua kamar tidur di rumah, namun normalnya ketika anak-anak Anda tumbuh dewasa, mereka diberikan kamar pribadi sendiri-sendiri. Belum lagi jika ada tamu yang berkunjung dan berencana untuk menginap. Untuk hal tersebut, setidaknya memiliki tiga buah kamar tidur dalam rumah adalah pilihan yang paling ideal.

17 Inspirasi Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Memiliki tiga tempat tidur bukan berarti Anda harus mengorbankan kenyamanan bersantai di ruang tamu, atau keleluasaan memasak di dapur, lho. Dengan perencanaan denah rumah yang baik, Anda akan tetap bisa lancar beraktivitas meski rumah minimalis Anda disemati 3 kamar tidur. Sejasa.com telah merangkum beberapa denah rumah minimalis dengan 3 kamar tidur yang dapat Anda jadikan inspirasi ketika membangun rumah. Ayo simak berikut ini!

Denah rumah minimalis type 36

Keleluasaan ruang  memungkinkan Anda memiliki 3 kamar dengan ukuran cukup besar, 3 kamar mandi, 1 dapur cantik, dan bahkan teras samping rumah. Penempatan jendela yang tepat untuk pencahayaan juga ditonjolkan pada desain ini.

(sumber: liveherethere.blogspot.com)

Denah rumah 3 kamar ukuran 7×9

Dengan karakter warna yang berbeda di setiap ruangan, membuat Anda tidak akan bosan dengan rumah Anda. Keberadaan teras di kamar tidur utama merupakan keunikan dari denah rumah 3 kamar ini.

(sumber: architecturendesign.net)

Kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak

Dengan preferensi gaya sesuai keinginan masing-masing, membuat setiap anggota keluarga betah di rumah. Walau gaya kamar tidur yang berbeda, rumah ini konsisten menggunakan warna monokrom untuk cat dinding dan perabot lainnya.

(sumber: amazingarchitecture.net)

Denah rumah minimalis bergaya zen

Dengan perpaduan warna bumi atau lebih familiar disebut earth tone. Penggunaan cat berwarna putih untuk pelapis dinding akan memberikan latar yang membebaskan Anda memilih furnitur. Untuk tiap ruangan, pembedaan lapisan lantai pun membuat rumah semakin cantik dan berbeda.

(sumber: apkza.com)

Light and fun

Denah rumah minimalis ini mengusung warna yang lembut. Kamar anak yang lebih luas dari kamar lainnya, serta ruang keluarga yang cukup besar memungkinkan tumbuh kembang anak yang lebih maksimal. Keberadaan taman dan tangga menuju rumah pun membuat rumah semakin menyenangkan.

(sumber: conceptark.net)

Denah rumah kecil 1 lantai dengan 3 kamar tidur

Dapat diakali dengan menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur pada satu ruang besar. Tidak perlu membangun kamar mandi di setiap kamar, Anda dapat hanya memiliki satu kamar mandi dengan toliet yang terpisah agar tidak mengurangi produktivitas anggota keluarga, apalagi di pagi hari.

(sumber: conceptark.net)

Denah rumah minimalis dengan perpaduan warna putih dan lime

Merupakan kombinasi sempat dibahas sebelumnya dalam artikel Perpaduan Warna Cat Rumah Minimalis. Warna lime yang cerah dan ringan akan mencerahkan suasana rumah minimalis Anda. Penggunaan lantai kayu pada setiap kamar tidur juga menambah kehangatan dan kenyamanan di saat beristirahat.

(sumber: homeact.me)

Denah rumah minimalis dengan eksterior bata merah

Cocok dengan penempatan meja panjang di teras yang pas untuk menjamu tamu atau berpesta barbeque di rumah. Bagian interior rumah tampak lebih modern dari bagian eksterior, hal ini dikarenakan oleh penggunaan palet warna putih dan pilihan furnitur modern.

(sumber: home-designing.com)

jasa bangun rumah

Rumah mungil dengan 3 kamar tidur

Dengan jumlah anggota yang cukup banyak, belum tentu tidak mungkin untuk tinggal di satu rumah mungil. Gunakan konsep rumah dengan lorong yang tidak perlu terlalu luas. Untuk keluasan ekstra, efisienkan pula penempatan ruang makan, ruang tamu, dan dapur.

(sumber: home-designing.com)

Desain rumah keluarga dengan 2 anak

Seringnya memerlukan 3 kamar tidur, apalagi ketika anak sudah beranjak dewasa. Pemisahan dapur dan ruang makan dengan ruang keluarga juga membuat rumah semakin bersih dan mudah dibersihkan. Lorong teras yang berhubungan dengan pintu masuk juga membuat kesan unik tersendiri bagi tamu yang datang ke rumah Anda.

(sumber: home-designing.com)

Denah rumah lantai pertama

Dapat Anda gunakan bila Anda ingin membangun rumah bertingkat di masa depan. Walau masih belum akan direalisasikan dalam waktu dekat, peletakan anak tangga harus dipikirkan dari sekarang. Menambah kenyamanan, denah rumah minimalis ini juga memberi akses langsung dari ruang makan ke teras rumah.

(sumber: home-designing.com)

Denah rumah dengan desain kamar serupa

Membuat Anda tidak perlu pusing memikirkan desain yang beragam dan berakhir membuat rumah terkesan norak. Setiap desain kamar dan kamar mandi dibuat persis, dengan ukuran yang tidak berbeda jauh. Desain ruang makan dan dapur berbentuk bar juga menghemat ruang gerak di rumah.

(sumber: homilumi.com)

Rumah 3 kamar dengan garasi

Bila rumah Anda tidak memiliki halaman atau akses parkir, tentu Anda harus menyisakan ruang untuk garasi. Tapi tenang, Anda tetap bisa memiliki 3 kamar tidur! Tempatkan kamar tidur dan kamar mandi berdekatan dan manfaatkan model rumah berlorong sempit untuk memberi ruang yang cukup besar untuk kamar Anda.

(sumber: mytechref.com)

Rooftop di atas rumah

Ini akan membuat hunian menjadi lebih menyenangkan dan luas. Penempatan tangga minimalis di halaman rumah dan marmer dekoratif di halaman, menjadikan bagian eksterior rumah tampak mengesankan. Bagian dapur yang terpisah juga memberi kenyamanan memasak, serta menjaga kebersihan ruangan lainnya.

(sumber: themeattruckco.com)

Denah rumah modern minimalis

Dengan lapisan lantai marmer glossy dan pintu transparan di setiap ruang, yang membuat rumah tampak luas dan tanpa batas. Penggunaan set furnitur dengan bahan dan warna yang serupa juga membuat keseluruhan rumah tampak harmonis dan tidak berlebihan, menjadikan rumah ini berhasil mengaplikasikan denah rumah modern minimalis yang sempurna.

(sumber: thraam.com)

Teras kecil di setiap kamar

Desain seperti ini pasti diimpikan banyak orang. Setiap Anda jenuh atau merasa lelah, Anda dapat menenangkan pikiran di teras pribadi Anda. Desain kamar yang serupa juga membuat setiap kamar tampak harmonis dan minimalis.

(sumber: vegasapartment.co)

Denah rumah minimalis dengan 2 teras

Sama seperti beberapa gambar sebelumnya, rumah ini mengusung perpaduan warna bumi, mulai dari lantai, perabot, hingga pintu dan jendela. Bedanya ada di pemilihan bed cover yang serba biru dan keberadaan dua teras yang pas untuk bersantai di kala jenuh.

(sumber: homedit.com)

jasa bangun rumah minimalis

Perhatikan Ini Saat Merancang Denah Rumah

Sebelum Anda menjatuhkan pilihan kepada salah satu contoh denah rumah minimalis di atas, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting yang tentu akan berpengaruh pada pengambilan keputusan akan desain rumah yang paling tepat dan cocok untuk diterapkan di rumah Anda.

Gaya rumah

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum benar-benar merencanakan jenis denah rumah yang akan Anda terapkan pada hunian yang baru dibangun adalah gaya rumah secara keseluruhan. Jika rumah Anda akan dibangun dengan gaya minimalis, maka pilihlah jenis rencana denah untuk rumah minimalis pula. Jika rumah Anda didesain dengan gaya mediteranian, pilih pula desain denah rumah yang selaras dengan gaya keseluruhan rumah Anda.

Jumlah kamar tidur

Ketahui dengan pasti banyaknya kamar tidur yang akan Anda butuhkan untuk tempat tinggal Anda. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga dan frekuensi tamu yang datang menginap. Jika Anda memiliki dua anak yang sedang beranjak dewasa, tentu Anda akan memerlukan setidaknya tiga kamar tidur. Belum lagi kalau rumah Anda sering didatangi kerabat dekat untuk menginap, sudah pasti rencana denah rumah minimalis sederhana dengan hanya dua kamar tidur tidak akan memadai.

Satu tingkat atau dua tingkat?

Sebelum merencanakan denah rumah minimalis, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah apakah Anda ingin membuat rumah Anda hanya satu tingkat, ataukah dua tingkat? Jika satu tingkat, Anda mungkin akan membutuhkan masukan dari tenaga ahli untuk dapat memaksimalkan setiap ruang di dalam rumah Anda sebaik mungkin. Jika dua tingkat, Anda mungkin dapat sedikit bernapas lega dalam merencanakan denah rumah karena dengan membuat rumah bertingkat, Anda akan memiliki ruang lebih untuk dibuat kamar tidur.

Adanya kamar tidur utama

Modern ini, sebuah rumah yang memiliki satu kamar tidur utama (bedroom suite) disebut memiliki nilai yang lebih tinggi daripada rumah yang semua kamar tidurnya didesain serupa. Jika Anda ingin meningkatkan nilai rumah Anda, mungkin desain floor plan rumah minimalis yang memiliki satu kamar tidur utama patut untuk Anda coba.

Ruangan bonus

Beberapa orang berpendapat bahwa memiliki sebuah ruangan tambahan telah menjadi sebuah trend di kalangan masyarakat. Ruangan tambahan ini bisa berupa ruangan untuk mencuci, atau ruangan untuk hiburan. Namun pikirkan dengan matang apakah Anda benar-benar memerlukan kehadiran sebuah ruangan bonus di rumah Anda atau tidak, dan apakah ruangan tersebut tidak akan membuat rumah terkesan sempit. Jangan sampai hanya karena ingin sebuah ruangan berbeda untuk bermain game, Anda jadi harus mengorbankan kenyamanan melakukan hal-hal pokok lainnya.

Banyaknya kamar mandi

Kamar mandi juga merupakan area krusial yang harus Anda pikirkan ketika membangun rumah. Tentu Anda tidak ingin kan harus mengantre atau berebut dengan anak-anak Anda untuk sekadar mandi di pagi hari karena hanya ada satu kamar mandi di rumah Anda? Pikirkan baik-baik kira-kira berapa kamar mandi yang akan Anda butuhkan, dan tempatkan kamar mandi tersebut di tempat-tempat yang strategis, yaitu dekat dengan kamar tidur.

Fungsionalitas

Ketika Anda telah menentukan berapa banyak kamar tidur, kamar mandi, dan ruangan tambahan yang akan dimiliki rumah Anda yang tengah dibangun, hal lainnya yang harus juga Anda pikirkan adalah bagaimana ruangan-ruangan tersebut ditempatkan antar satu sama lain agar rumah Anda menjadi fungsional. Misalnya, penempatan meja makan dengan dapur. Mungkin dalam beberapa kasus, ada orang yang ingin menempatkan meja makan di suatu titik, namun ternyata titik tersebut berjarak cukup jauh dari dapur. Hal ini dinilai tidak fungsional, karena tentu akan sangat merepotkan untuk membawa makanan dari satu tempat ke tempat lainnya yang berjarak cukup jauh. Begitu juga halnya dengan penempatan kamar mandi dan kamar tidur.

Kini Anda telah mengetahui tips dan inspirasi denah rumah minimalis dengan tiga kamar tidur yang dapat memberikan kesan nyaman bagi rumah Anda! Yuk, aplikasikan pada rumah Anda sekarang! 😉

Butuh Jasa Interior Designer Terpercaya?

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa desainer interior sekarang! >>

Share This Article!