Terapkan 5 Tips Ini Saat Memilih Model Rumah Minimalis

model rumah minimalis

Saat membangun sebuah rumah, tentu Anda akan memilih bagaimana desain yang cocok untuk rumah tersebut. Jika Anda tidak tahu atau awam dalam hal desain, setidaknya Anda harus tahu dan mengerti model rumah yang akan dipilih, kemudian dapat mencari referensinya. Salah satu konsep rumah yang populer saat ini adalah model rumah minimalis.

Apalagi jika yang ingin membangun rumah adalah anak muda atau pasangan yang baru menikah, biasanya konsep rumah ini banyak disukai karena sederhana dan ramah lingkungan. Selain itu, biaya pembuatan rumah seperti ini juga cukup terjangkau, sehingga banyak orang tertarik untuk memilih rumah minimalis.

Tips Memilih Model Rumah Minimalis

Namun tahukah Anda ada beberapa hal yang perlu dilakukan atau dipertimbangkan sebelum memilih desain model rumah minimalis?

Sesuaikan Dengan Lahan Rumah

Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah menyesuaikan terlebih dahulu dengan lahan rumah yang akan digunakan untuk membangun hunian. Rumah minimalis tidak membutuhkan lahan yang luas, namun tergantung dari berapa banyak ruangan pula yang ingin dibangun.

Jika memiliki lahan yang masih berlebih, maka rumah Anda bisa dibuatkan garasi hingga taman. Ini tentu akan membuat efisiensi pembuatan hunian semakin terasa, agar yang tinggal di rumah tersebut lebih nyaman.

Perhatikan Pemilihan Warna 

Kemudian hal yang tak kalah penting adalah memilih warna rumah. Pertimbangkan untuk memilih warna yang sesuai dengan kesukaan atau warna favorit. Karena pemilihan warna bisa pula bergantung pada bagaimana mood Anda sebagai penghuni rumah agar bisa betah dan nyaman pada hunian tersebut.

Jika masih bingung, maka Anda bisa memilih warna rumah dengan konsultasi lewat arsitek ataupun desainer interior. Ini akan membantu untuk mendapatkan pemilihan warna rumah yang tepat.

Siapkan Dekorasi Tiap Ruangan

Rumah minimalis tentu memiliki banyak ruangan yang setiap ruangannya perlu diberikan sentuhan dekorasi khusus. Meskipun rumah bergaya minimalis, tapi Anda tidak boleh kehilangan akal untuk melakukan dekorasi yang cocok pada ruangan rumah. Apalagi untuk ruang tamu atau ruang keluarga bahkan untuk pilihan dekorasi untuk kamar. Wallpaper adalah cara fleksibel yang bisa dilakukan jika Anda cenderung suka mengubah tampilan ruangan. Dengan begitu, suasana rumah terlihat baru dan menarik.

Utamakan Sirkulasi Udara

Hunian yang nyaman maka memiliki sirkulasi udara yang baik pula. Jadi meski memilih model rumah minimalis tapi perhatikan ruang sirkulasi udara yang berpengaruh pada kesehatan keluarga. Apalagi jika Anda memiliki anak kecil di rumah, maka sangat penting untuk membuat sirkulasi udara lebih bersih. Pastikan sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam rumah untuk menangkal berbagai virus dan bakteri yang masuk ke rumah.

Tahu Ingin Rumah Berapa Lantai

Rumah minimalis bisa dibangun pada lahan yang terbatas. Jika menginginkan lebih banyak ruangan karena misalnya anak yang bertambah, maka bisa menyiasati dengan memilih rumah bertingkat baik tingkatan 2 maupun tingkatan 3 tergantung kebutuhan.

Atau jika memang menginginkan rumah yang besar tapi lahannya sempit bisa menyiasati dengan rumah bertingkat dua. Dengan memposisikan kamar di lantai atas, sementara ruangan tamu dan ruang lainnya di lantai bawah.

Itu tadi beberapa tips membuat desain model rumah minimalis yang bisa diterapkan. Jika membutuhkan dekorasi tata rumah yang baik untuk rumah minimalis maka bisa memilih jasa kontraktor bangunan atau interior desainer dari Sejasa. Kami akan membantu untuk memberikan rekomendasi penyedia jasa terbaik dan profesional. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi Sejasa.com atau unduh Aplikasi Sejasa sekarang.

model rumah minimalis
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.