Rincian Biaya Bangun Rumah Lengkap Oktober 2020

Berapa estimasi biaya bangun rumah? Tentu Anda sedang mencari informasi lengkap mengenai biaya yang harus Anda keluarkan untuk membangun rumah dari nol. Bila Anda tengah merencanakan proyek pembangunan rumah, Anda berada di halaman yang tepat. Sejasa.com telah mengumpulkan rincian biaya secara detail dan menyeluruh untuk membangun rumah, sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Menghitung biaya bangun rumah sendiri dapat sangat memusingkan. Maka, kami juga memberikan contoh RAB nyata bangun rumah dengan biaya kurang lebih seratus juta rupiah! Yuk, simak artikel ini hingga tanda titik terakhir!

jasa bangun rumah

Biaya Jasa Bangun Rumah

Sudah pasti keberadaan jasa profesional yang sudah berpengalaman, kontraktor maupun tukang, merupakan hal yang paling penting saat membangun rumah. Pasalnya, hampir tidak mungkin Anda membangun rumah sendiri atau mengumpulkan orang-orang yang awam perihal bangun-membangun rumah. Keberadaan jasa bangun rumah yang dapat diandalkan juga akan membantu Anda, mulai dari proses perencanaan hingga proses pembangunan, secara detail dan menggunakan sudut pandang yang sudah lebih profesional.

Biaya tenaga kerja dapat dihitung per hari maupun borongan.  Bila dihitung harian, perhatikan untuk menjaga jadwal pembangunan agar tepat waktu dan sesuai perencanaan awal agar biaya tenaga kerja tidak melebihi budget awal. Sedangkan bila dihitung borongan, maka upah pekerja akan dihitung per meter persegi.

Untuk biaya sistem harian, harga tukang bangunan berkisar antara Rp150.000 – Rp200.000 per tukang per harinya — berdasarkan strata dan keahlian tukang yang dapat dibagi menjadi mandor, tukang, dan asisten tukang.

Sedangkan biaya sistem borongan berkisar antara Rp2.500.000 – Rp4.000.000 per meter persegi — berdasarkan kompleksitas bangunan (untuk estimasi biaya detail sesuai proyek langsung dari penyedia jasa, klik di sini). Sebenarnya, Anda bebas memilih sistem upah yang Anda inginkan untuk proyek bangun rumah Anda, namun pastikan sistem upah yang Anda gunakan adalah yang paling efisien dalam hal biaya maupun kualitas pengerjaan.

Biaya Bangun Rumah per Meter Persegi

Kisaran biaya bangun rumah per meter sangat bervariasi, tergantung dengan jenis dan kompleksitas rumah yang ingin dibangun. Bahkan, Anda juga dapat menyesuaikan jenis rumah dengan budget yang Anda miliki, walau tentu saja pada akhirnya membangun rumah memerlukan dana yang tidak sedikit.

Secara sederhana, perhitungan biaya bangun rumah biasa dihitung per meter persegi. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan terlebih dahulu seberapa luas rumah yang Anda inginkan. Kemudian, Anda dapat menentukan budget per meter persegi luas rumah masa depan Anda.

Untuk harga pasarannya, harga borongan rumah berada di kisaran Rp3.000.000 – Rp10.000.000 per m2, biaya ini bersifat sangat relatif di mana akan disesuaikan dengan kompleksitas bangunan dan jenis/merk material (cat, keramik, pintu, dll) yang Anda inginkan.

(Untuk estimasi biaya detail sesuai proyek langsung dari penyedia jasa, klik di sini)

Biaya Lainnya

Anda tidak boleh melupakan biaya-biaya sampingan ketika membangun rumah. Misal, biaya pengurusan IMB (Izin Mendirikan Bangunan), biaya pembersihan puing-puing yang tersisa, biaya pemasangan elektronik, hingga biaya pindahan. Bahkan, tak jarang ada biaya tidak terduga lainnya yang dapat terjadi selama proses pengerjaan bangun rumah atau ketika rumah Anda sudah bisa dibilang selesai.

Misalnya, Anda tiba-tiba ingin membangun kolam di satu petak yang tampak kosong atau ingin membuat taman. Ingat! Anda juga perlu memperhitungkan biaya dekorasi maupun furnitur untuk hunian Anda.

jasa bangun rumah minimalis

Contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Dalam membangun rumah, tentu keberadaan RAB yang lengkap dan jelas akan sangat membantu. Anda bukan hanya mengetahui kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan, tapi juga membantu Anda dalam membeli bahan bangunan. Berikut contoh RAB yang dapat membantu Anda dalam mengetahui berapa kisaran biaya bangun rumah sederhana!

RAB di atas tidak termasuk biaya pengurusan IMB, penyambungan listrik PLN, dan pengeboran sumur pantek. Namun, sudah cukup lengkap bukan? Bila  Anda mempercayakan proyek bangun rumah kepada Sejasa.com, Anda akan mendapatkan konsultasi dan survei lokasi gratis* serta RAB terstandarisasi yang disusun oleh tim ahli kami. Formulir RAB tersebut kemudian akan diisi oleh beberapa penyedia jasa yang kami pilih untuk kemudian Anda bandingkan dan telaah lebih lanjut. Mudah, bukan? Setelah Anda memilih penyedia jasa bangun rumah terbaik, Anda dapat langsung mengeksekusi proyek bangun rumah Anda!

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?

Jasa Bangun Rumah

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang! >>

Share This Article!

39 comments

    • Sasa dari Sejasa.com says:

      Selamat siang, untuk estimasi biaya pengerjaan beserta detailnya, silakan isi form pada https://sej.as/renovasi ya Kak. Tim kami akan mengirimkan beberapa penawaran beserta estimasi biaya yang dibutuhkan. Terima kasih 😀

  1. Anonymous says:

    Saya mau bikin rumah 2 lantai ukuran 6×9,lantai bawah grasi,ruang tamu,ruang keluarga dapur plus km mandi.2 kamar tidur di lantai 2…kira2 butuh biaya berapa?

  2. Latifa says:

    Luas tanah 9×5 m2 bangunan d bawah buat usaha warung makan rencana bangunan mau d renov dibikin 2 bangunan masing2 2 lantai.cukup 2 kamar dan 1 kamar mandi masing2 bangunan.kira2 budgetnya berapa yah?

  3. Lela says:

    Sy mo bangun rmh L.5m P.9m banget 150 jt.jnhin 2 lt. Lt 1 u/ garasi,R.Tamu (agak besar), kamar Utama 1,dapur,k.mandi

  4. Surya says:

    Saya mau membangun 2 kamar tidur dilantai atas dimana luas bangunan bawah 5*6m2 tanpa material saya hanya tenaga dan jasa berapa saya harus menentukan biaya nya

    • dilma says:

      Untuk renovasi tingkat 2 kisaran biayanya 300 juta. Anda bisa berkonsultasi mengenai kebutuhan renovasi melalui form https://sej.as/renovasi Anda bisa menginfokan pada kami jenis material yang ingin dipakai agar kami bisa mengirimkan beberapa estimasi biaya sesuai dengan kebutuhan tersebut 🙂

  5. Ayu says:

    Mhn bantuannya, jikalau bangun rumah baru ukuran 8×12 1 lantai dgn 3 kmr kira2 brp kisaran biaya bangunnya ya?

    • dilma says:

      Halo Ibu Ayu, ibu bisa mencoba fitur kalkulator pintar untuk menentukan estimasi biaya bangun rumah. klik di https://www.sejasa.com/kalkulator-bangun-rumah setelah itu, ibu bisa memesan layanan kami dan kami akan membantu ibu mendapatkan kontraktor yang tersedia di lokasi yang dituju. Setelah berhasil, kami akan mengirimkan beberapa penawaran harga sesuai informasi di form yang ibu isi 🙂

  6. layla says:

    saya udah ada rrumah lantai 1. tinggal lantai 2 blum dikerjakan p 12m l 6m. kira kira berapa biaya totalnya

    • dilma says:

      Silakan konsultasi dengan penyedia jasa yang tersedia di lokasi Anda dengan mengisi form yang tersedia pada laman https://sej.as/renovasi kami akan mengirimkan estimasi biaya dan kontak penyedia jasa agar Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut 😄

  7. Agusthia says:

    Mas saya ada tanah mau di bangun lt 8×13.5, lb 9×8. rruangan 1 kamar tdr utama, 2 kamar mandi, dapur dan ruang keluarga. di atas kamar ada mazanine uuran 8×3. niatan akan dibangun rmh tumbuh 2 lt. dengan budget 220jt apa cukup?

    • dilma says:

      Anda dapat membuat permintaan jasa melalui form https://sej.as/kontraktor
      Isi form dengan informasi mengenai kriteria renovasi/pembangunan sedetail mungkin agar memudahkan pengerjaan mitra penyedia jasa. Kami akan menghubungkan permintaan jasa tersebut dengan para mitra yang tersedia sesuai lokasi yang dituju. Setelah berhasil, Anda akan menerima beberapa penawaran harga dan kontak penyedia jasa terkait supaya memudahkan proses konsultasi dan negosiasi. 😀

    • dilma says:

      Jika Anda berminat menggunakan layanan kami, isi form http://sej.as/kontraktor kami akan memproses permintaan Anda agar memperoleh penyedia jasa. Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasanya langsung mengenai material dan desain yang diinginkan 🙂

  8. Bulansyah says:

    Saya mau bangun rumah ukuran bangunan 6×8 atau 6×9 tp dana nya cmn ada 80juta apakah cukup sdh terima rapih sdh berikut jasa tukang material biaya pasang listrik, pengeboran sumur, pasang spiteng..

    • dilma says:

      Sepertinya kurang cukup pak dananya. Untuk sistem borongan saat ini rata-rata seharga 3 juta. Apabila ingin lebih berhemat, Anda dapat memesan jasa tukangnya saja namun materialnya perlu disiapkan sendiri.

    • dilma says:

      Harga jasa kontraktor tanpa material sekitar 1,5 juta/m2 (standar SNI). Jasa kontraktor termasuk material sekitar 3-3,5 juta/m2. Harga dapat berbeda saat penawaran dari vendor. Apabila tertarik untuk melakukan pemesanan dan konsultasi, silakan buat permintaan melalui laman https://sej.as/kontraktor Anda akan menerima beberapa penawaran harga dan kontak mitra penyedia jasa yang tersedia sesuai lokasi Anda 😀

  9. Anonymous says:

    saya mau bangun rumah 6×10 .. klau d borongkan berapa ya satu meternya cuma tegak payung batako dan genteng dah ada

    • dilma says:

      Jasa renovasi tanpa material sekitar 1,5 juta/m2 (standar SNI). Jasa renovasi termasuk material sekitar 3-3,5 juta/m2. Harga dapat berbeda saat penawaran dari vendor. Apabila tertarik untuk melakukan pemesanan dan konsultasi, silakan buat permintaan melalui laman https://sej.as/renovasi Anda akan menerima beberapa penawaran harga dan kontak mitra penyedia jasa yang tersedia sesuai lokasi Anda 😀

    • dilma says:

      Jasa renovasi tanpa material sekitar 1,5 juta/m2 (standar SNI). Jasa renovasi termasuk material sekitar 3-3,5 juta/m2. Harga dapat berbeda saat penawaran dari vendor. Apabila tertarik untuk melakukan pemesanan dan konsultasi, silakan buat permintaan melalui laman https://sej.as/renovasi Anda akan menerima beberapa penawaran harga dan kontak mitra penyedia jasa yang tersedia sesuai lokasi Anda 😀

  10. Syarwani Harun says:

    Rencananya saya mau renovasi total rumah saya, luas rmh saya yg skr 135 / 75.. saya mau merubah bentuk rumah saya menjadi 2.5 tkt dgn perkiraan luas bangunan 200 – 250 mtr, kira2 berapa biaya yg hrs saya sediakan, dgn asumsi biaya yg paling murah menurut perhitungan bpk. Tks

    • dilma says:

      Jasa renovasi tanpa material sekitar 1,5 juta/m2 (standar SNI). Jasa renovasi termasuk material sekitar 3-3,5 juta/m2. Harga dapat berbeda saat penawaran dari vendor. Apabila tertarik untuk melakukan pemesanan dan konsultasi, silakan buat permintaan melalui laman https://sej.as/renovasi Anda akan menerima beberapa penawaran harga dan kontak mitra penyedia jasa yang tersedia sesuai lokasi Anda 😀

    • dilma says:

      Silakan konsultasi dengan mitra penyedia jasa yang dapat menangani proyek renovasi tersebut melalui form https://sej.as/kontraktor Anda akan menerima beberapa penawaran harga dan kontak penyedia jasa terkait 🙂
      Pesan jasa lebih mudah dengan aplikasi Sejasa yang bisa diunduh di Google Play atau App Store. Klik: https://sej.as/app

    • dilma says:

      Silakan konsultasi dengan mitra penyedia jasa yang dapat menangani proyek renovasi tersebut melalui form https://sej.as/kontraktor Anda akan menerima beberapa penawaran harga dan kontak penyedia jasa terkait 🙂
      Pesan jasa lebih mudah dengan aplikasi Sejasa yang bisa diunduh di Google Play atau App Store. Klik: https://sej.as/app

Leave a Reply

Your email address will not be published.