menghitung biaya bangun rumah

Rincian Biaya Bangun Rumah Lengkap Maret 2024

Berapa estimasi biaya bangun rumah? Apabila Anda tengah merencanakan proyek pembangunan rumah, Anda berada di halaman yang tepat. Kami juga memberikan contoh RAB nyata bangun rumah dengan biaya kurang lebih seratus juta rupiah! Yuk, simak artikel ini hingga tanda titik terakhir!

Biaya Jasa Bangun Rumah

jasa kontraktor bangunan sedang melakukan pengecekan pengerjaan bangunan
Real Estate

Sudah pasti keberadaan jasa profesional yang sudah berpengalaman, kontraktor maupun tukang, merupakan hal yang paling penting saat membangun rumah. Pasalnya, hampir tidak mungkin Anda membangun rumah sendiri atau mengumpulkan orang-orang yang awam perihal membangun rumah. Keberadaan jasa bangun rumah yang dapat diandalkan juga akan membantu Anda, mulai dari proses perencanaan hingga proses pembangunan, secara detail dan menggunakan sudut pandang yang sudah lebih profesional.

Biaya tenaga kerja dapat dihitung per hari maupun borongan.  Apabila dihitung harian, perhatikan untuk menjaga jadwal pembangunan agar tepat waktu dan sesuai perencanaan awal agar biaya tenaga kerja tidak melebihi budget awal. Sedangkan apabila dihitung borongan, maka upah pekerja akan dihitung per meter persegi.

Untuk biaya sistem harian, harga tukang bangunan berkisar antara Rp150.000 – Rp200.000 per tukang per harinya — berdasarkan strata dan keahlian tukang yang dapat dibagi menjadi mandor, tukang, dan asisten tukang.

Sedangkan biaya sistem borongan berkisar antara Rp2.500.000 – Rp4.000.000 per meter persegi — berdasarkan kompleksitas bangunan (untuk estimasi biaya detail sesuai proyek langsung dari penyedia jasa, klik di sini). Sebenarnya, Anda bebas memilih sistem upah yang Anda inginkan untuk proyek bangun rumah Anda, namun pastikan sistem upah yang Anda gunakan adalah yang paling efisien dalam hal biaya maupun kualitas pengerjaan.

Biaya Bangun Rumah per Meter Persegi

Kisaran biaya bangun rumah per meter sangat bervariasi, tergantung dengan jenis dan kompleksitas rumah yang ingin dibangun. Bahkan, Anda juga dapat menyesuaikan jenis rumah dengan budget yang Anda miliki, walau tentu saja pada akhirnya membangun rumah memerlukan dana yang tidak sedikit.

Secara sederhana, perhitungan biaya bangun rumah biasa dihitung per meter persegi. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan terlebih dahulu seberapa luas rumah yang Anda inginkan. Kemudian, Anda dapat menentukan budget per meter persegi luas rumah masa depan Anda.

Untuk harga pasarannya, harga borongan rumah berada di kisaran Rp3.000.000 – Rp10.000.000 per m2, biaya ini bersifat sangat relatif di mana akan disesuaikan dengan kompleksitas bangunan dan jenis/merk material (cat, keramik, pintu, dll) yang Anda inginkan.

(Untuk estimasi biaya detail sesuai proyek langsung dari penyedia jasa, klik di sini)

Biaya Lainnya

Anda tidak boleh melupakan biaya-biaya sampingan ketika membangun rumah. Misal, biaya pengurusan IMB (Izin Mendirikan Bangunan), biaya pembersihan puing-puing yang tersisa, biaya pemasangan elektronik, hingga biaya pindahan. Bahkan, tak jarang ada biaya tidak terduga lainnya yang dapat terjadi selama proses pengerjaan bangun rumah atau ketika rumah Anda sudah bisa dibilang selesai.

Misalnya, Anda tiba-tiba ingin membangun kolam di satu petak yang tampak kosong atau ingin membuat taman. Ingat! Anda juga perlu memperhitungkan biaya dekorasi maupun furnitur untuk hunian Anda.

layanan kontraktor bangunan Sejasa dapat dipesan untuk kebutuhan bangun rumah

Contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Dalam membangun rumah, tentu keberadaan RAB yang lengkap dan jelas akan sangat membantu. Anda bukan hanya mengetahui kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan, tapi juga membantu Anda dalam membeli bahan bangunan.

Apa Perbedaan RAP dan RAB?

RAB merupakan rencana anggaran bangunan yang umumnya digunakan untuk mengajukan penawaran pekerjaan borongan. Sedangkan RAP merupakan rencana anggaran jumlah material dan tenaga dalam pembangunan secara detail. Jumlah RAP harus lebih kecil dibanding RAB.
Berikut contoh RAB yang dapat membantu Anda dalam mengetahui berapa kisaran biaya bangun rumah sederhana!

RAB di atas tidak termasuk biaya pengurusan IMB, penyambungan listrik PLN, dan pengeboran sumur pantek. Namun, sudah cukup lengkap bukan? Bila  Anda mempercayakan proyek bangun rumah kepada Sejasa.com, Anda akan mendapatkan konsultasi dan survei lokasi gratis*. Selain itu, Anda juga mendapatkan RAB terstandarisasi yang disusun oleh tim ahli kami.

Formulir RAB tersebut kemudian akan diisi oleh beberapa penyedia jasa yang kami pilih. Setelah itu, Anda dapat membandingkan  lebih lanjut. Mudah, bukan? Setelah Anda memilih penyedia jasa bangun rumah terbaik, Anda dapat langsung mengeksekusi proyek bangun rumah Anda!

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di website sejasa.com atau Aplikasi Sejasa. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

jasa kontraktor bangunan untuk bangun dan renovasi rumah

Share This Article!