biaya bangun rumah tipe 36/45

Berapa Biaya Bangun Rumah Type 36 dan 45?

Informasi perkiraan biaya bangun rumah tentu adalah hal yang wajib untuk diketahui sebelum mengeksekusi rencana bangun rumah Anda. Ukuran rumah yang paling ideal untuk sebuah keluarga adalah rumah type 36 dan 45. Maka, dalam artikel ini, tim Sejasa.com akan memberikan estimasi biaya bangun rumah type 36 serta rumah type 45, sesuai dengan harga bangun dan harga material paling terbaru. Simak artikel ini di bawah ini untuk mendapatkan informasinya!

Biaya Jasa Bangun Rumah Type 36 dan 45

biaya bangun rumah type 36

Biaya jasa bangun rumah dapat dihitung per hari maupun borongan. Untuk biaya sistem harian, harga tukang bangunan berkisar antara Rp100.000 – Rp200.000 per tukang per harinya — berdasarkan strata dan keahlian tukang yang dapat dibagi menjadi mandor, tukang, dan asisten tukang.

Sedangkan biaya bangun rumah dua lantai sistem borongan berkisar antara Rp750.000 – Rp1.000.000 per meter persegi — berdasarkan kompleksitas bangunan. Anda bebas memilih sistem upah untuk proyek bangun rumah Anda selama sistem upah yang Anda gunakan adalah yang paling efisien dalam hal biaya maupun kualitas pengerjaan. Untuk bangun rumah besar-besaran, sistem yang umum digunakan adalah borongan.

Biaya Bangun Rumah Type 36 dan Type 45 per Meter

Perhitungan biaya bangun rumah secara umum dihitung dengan satuan meter persegi. Anda wajib menentukan dahulu seberapa luas rumah yang Anda inginkan (dalam kasus Anda, 36/45 meter persegi). Setelah itu, tentukanlah budget per meter persegi luas rumah masa depan Anda.

Untuk harga pasarannya, harga borongan rumah berada di kisaran Rp 2.000.000 – Rp 15.000.000 per m2, biaya bangun rumah ini sangat relatif, di mana akan disesuaikan dengan arsitektur bangunan dan jenis/merk material atau bahan bangunan yang Anda gunakan.

biaya bangun rumah type 36

Rencana Anggaran Biaya (RAB)  Sejasa.com

Keberadaan RAB yang lengkap dan jelas akan sangat membantu eksekusi pembangunan rumah Anda. Bukan hanya Anda akan mengetahui kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan, tapi juga membantu Anda dalam membeli dan memilih material atau bahan bangunan. Berikut contoh RAB yang telah distandardisasi oleh tim ahli Sejasa.com:

Bagaimana? Apakah sudah cukup lengkap? Bila  Anda mempercayakan proyek rumah kepada Sejasa.com, Anda akan mendapatkan konsultasi dan survei lokasi gratis*. Selain itu, juga formulir RAB terstandarisasi yang disusun oleh tim ahli kami.

Formulir RAB tersebut kemudian akan diisi oleh beberapa penyedia jasa yang kami pilih untuk kemudian Anda bandingkan dan telaah lebih lanjut. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah mendapatkan kontraktor/tukang bangunan yang paling cocok untuk Anda! Mudah, bukan?

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?

biaya bangun rumah type 36

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang! >>

Share This Article!