biaya renovasi kamar mandi

Inspirasi dan Biaya Renovasi Kamar Mandi: Meski Mungil, Isinya Lengkap!

Kamar mandi merupakan salah satu bagian terpenting di dalam rumah. Bagaimana tidak, dalam satu hari kita menggunakan kamar mandi beberapa kali untuk kebersihan dan kesehatan tubuh. Karena sering digunakan, wajar kualitas kamar mandi akan berkurang dari tahun ke tahun dan perlu dilakukan renovasi. Untuk biaya renovasi kamar mandi sendiri sangat variatif, tergantung bagaimana Anda ingin mengubahnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merenovasi Kamar Mandi

Meskipun berukuran tidak luas, kamar mandi bisa dijadikan nyaman asalkan Anda memperhatikan hal-hal berikut ini dalam proses renovasi kamar mandi:

  • Keramik dinding
  • Keramik lantai
  • Wastafel Kloset duduk
  • Shower dan sekat kaca
  • Gantungan handuk, tisu dan tempat sabun
Biaya Renovasi Kamar Mandi
(Sumber: baja88.co.id)

Keramik Dinding

Ada kelebihan dan kekurangan yang didapat ketika Anda memilih memasang keramik pada dinding kamar mandi Anda. Kelebihannya, selain dinding tidak akan berjamur dan lebih mudah dibersihkan, dinding keramik bisa menghasilkan desain yang mewah. Tapi kekurangannya, apabila sewaktu-waktu Anda bosan dengan warnanya, dinding keramik tidak bisa dicat, sehingga Anda harus mengganti keramik secara keseluruhan. Untuk solusinya, Anda bisa memilih memasang keramik pada salah satu bagian dinding dan sebagian lagi tidak perlu dilapisi keramik.

Keramik Lantai

Kesalahan dalam pemilihan keramik untuk kamar mandi sering kali membuat kamar mandi menjadi licin dan bahaya bagi anak kecil maupun orang tua yang sudah lansia. Karena itu, jenis material keramik kamar mandi harus menjadi perhatian utama ketika akan merenovasi kamar mandi. Sebisa mungkin pilih jenis keramik yang tidak licin. Anda bisa memilih keramik berjenis porselen atau batuan.

Wastafel

Berbagai aktivitas seperti menyikat gigi, mencuci muka, atau sekedar mencuci tangan akan lebih mudah dengan keberadaan wastafel di dalam kamar mandi Anda. Menambahkan cermin di depan wastafel juga akan membantu Anda ketika membersihkan tubuh.

Kloset duduk

Untuk kloset, Anda bisa memilih antara kloset duduk atau kloset jongkok, tergantung kenyamanan Anda saat menggunakannya. Tapi untuk desain yang lebih elegan dan menawan, sebaiknya Anda memilih kloset duduk untuk kamar mandi Anda.

Shower dan sekat kaca

Agar Anda bisa membasuh tubuh dengan lebih bersih dan air yang digunakan pun lebih hemat, shower bisa Anda jadikan pilihan yang paling tepat. Selain itu, agar percikan air tidak membasahi seluruh lantai, sebaiknya pasang sekat kaca di sekeliling shower.

Gantungan handuk, tisu, dan tempat sabun

Meski hanya pelengkap, Anda tetap perlu memasukkan elemen-elemen ini ke dalam daftar biaya renovasi kamar mandi Anda. Karena apabila tidak ada gantungan handuk, gantungan tisu, serta tempat sabun, kamar mandi akan terlihat berantakan.

Itulah tadi hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin merenovasi kamar mandi, agar terasa lebih nyaman ketika digunakan. Untuk biaya yang perlu Anda siapkan, berikut kami bagikan estimasi harganya:

Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi

Setelah mengetahui tips apa-apa saja yang perlu ada di dalam kamar mandi, sekarang saatnya Anda mengetahui estimasi biaya renovasi kamar mandi.

Detail Perbaikan Harga 
Keramik dinding Rp1,000,000
Cat dinding Rp200,000
Keramik lantai Rp200,000
Wastafel Rp1,000,000
Kloset duduk Rp2,000,000
Shower Rp500,000
Sekat kaca Rp1,000,000
Gantungan tisu Rp50,000
Gantungan handuk Rp150,000
Cermin Rp100,000
Tempat sabun Rp100,000
Biaya tukang (2 orang x 10 hari x Rp100,000) Rp2,000,000
TOTAL Rp8,300,000

Itulah tadi estimasi biaya renovasi kamar mandi. Jadi, untuk mendapatkan desain kamar mandi seperti gambar di atas, Anda hanya perlu menyiapkan biaya tujuh jutaan, maka kamar mandi dengan desain yang menawan ini bisa Anda miliki. Tidak harus berukuran luas, asalkan lengkap kamar mandi akan terasa nyaman untuk digunakan setiap harinya!

Dapatkan inspirasi rumah lainnya dan harga bahan bangunan untuk bangun atau renovasi di blog Sejasa. Jika membutuhkan jasa rumah terbaik dan berkualitas, kunjungi website sejasa.com atau unduh Aplikasi Sejasa. Kami akan menghubungkan Anda dengan penyedia jasa profesional di bidangnya.

biaya renovasi kamar mandi

 

Share This Article!