Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Sesuai Budget

Ingin membangun rumah dua lantai tapi tidak yakin berapa biaya yang perlu dipersiapkan? Di artikel ini, Anda akan mendapat gambaran biaya bangun rumah 2 lantai. Tim Sejasa.com telah mengumpulkan rincian biaya selengkap mungkin untuk membangun rumah, sesuai dengan harga bangun dan harga material di lapangan. Kami juga memberikan contoh RAB nyata bangun rumah dua lantai, lho! Yuk, simak artikel ini di bawah ini!

Biaya Jasa Bangun Rumah 2 Lantai

Sudah pasti keberadaan jasa profesional yang sudah berpengalaman, kontraktor maupun tukang, merupakan hal yang paling penting saat membangun rumah. Keberadaan mereka akan membantu Anda, mulai dari proses perencanaan hingga proses pembangunan, secara detail dan menggunakan sudut pandang yang jauh lebih profesional.

Biaya tenaga kerja dapat dihitung per hari maupun borongan.  Bila dihitung harian, perhatikan untuk menjaga jadwal pembangunan agar tepat waktu dan sesuai perencanaan awal agar biaya tenaga kerja tidak melebihi budget awal. Sedangkan bila dihitung borongan, maka upah pekerja akan dihitung per meter persegi.

Untuk biaya sistem harian, harga tukang bangunan berkisar antara Rp 100.000 – Rp 200.000 per tukang per harinya — berdasarkan strata dan keahlian tukang yang dapat dibagi menjadi mandor, tukang, dan asisten tukang. Sedangkan biaya borongan bangun rumah 2 lantai berkisar antara Rp 750.000 – Rp 1.000.000 per meter persegi — berdasarkan kompleksitas bangunan. Anda bebas memilih sistem upah untuk proyek bangun rumah Anda selama sistem upah yang Anda gunakan adalah yang paling efisien dalam hal biaya maupun kualitas pengerjaan.

biaya bangun rumah 2 lantai

Biaya Bangun Rumah Tingkat 2 per Meter Persegi

Perhitungan biaya bangun rumah biasa dihitung per meter persegi. Maka, Anda wajib menentukan dahulu seberapa luas rumah yang Anda inginkan sesuai dengan luas tanah yang Anda miliki. Kemudian, tentukan budget per meter persegi luas rumah masa depan Anda. Untuk harga pasarannya, harga borongan rumah 2 tingkat berada di kisaran Rp 3.000.000 – Rp 15.000.000 per m2, biaya ini bersifat sangat relatif di mana akan disesuaikan dengan kompleksitas bangunan dan jenis/merk material (cat, keramik, pintu, dll) yang Anda inginkan.

biaya bangun rumah 2 lantai

Contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Dalam membangun rumah, tentu keberadaan RAB yang lengkap dan jelas akan sangat membantu. Anda bukan hanya mengetahui kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan, tapi juga membantu Anda dalam membeli bahan bangunan. Berikut contoh RAB yang dapat membantu Anda dalam mengetahui berapa kisaran biaya bangun rumah 2 lantai!

biaya bangun rumah 2 lantai biaya bangun rumah 2 lantai

RAB di atas sudah cukup lengkap bukan? Bila mempercayakan proyek bangun rumah kepada Sejasa.com, Anda akan mendapatkan konsultasi, survei lokasi gratis* serta RAB terstandarisasi yang disusun oleh tim ahli kami. Formulir RAB tersebut kemudian akan diisi oleh beberapa penyedia jasa yang kami pilih untuk kemudian  dibandingkan lebih lanjut. Mudah, bukan? Setelah Anda memilih penyedia jasa bangun rumah terbaik, Anda dapat langsung mengeksekusi proyek bangun rumah Anda!

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa. Kirim permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang di aplikasi Sejasa. Cek informasi harga bahan bangunan terbaru dan terlengkap di blog Sejasa.

biaya bangun rumah lantai 2

Share This Article!