biaya renovasi rumah

Menghitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah

Untuk menghasilkan hunian yang lebih nyaman, Anda dapat melakukan renovasi rumah. Berbagai macam jenis renovasi dapat Anda pilih. Mulai dari renovasi yang kecil, hingga renovasi besar yang akan mengubah seluruh tampilan rumah. Tentu Anda perlu mengetahui estimasi biaya renovasi rumah yang dibutuhkan, agar Anda bisa mempersiapkan dana untuk proses renovasi rumah. Sudah siap menghitung estimasi biaya renovasi rumah? Simak artikel ini yuk!

Perhitungan Estimasi Biaya Renovasi Rumah

Untuk membantu Anda mengetahui biaya yang diperlukan untuk merenovasi rumah yang sesuai dengan keinginan Anda, Sejasa.com bagikan biaya estimasi renovasi rumah mulai dari tenaga kerja, kisaran biaya per meter persegi, serta contoh RAB.

Biaya Tenaga Kerja

Biaya Renovasi Rumah
(Sumber: economy.okezone.com)

Ketika hendak merenovasi sebuah rumah, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa metode pembayaran yang berlaku. Yaitu dengan sistem harian, borongan jasa, serta borongan penuh.

Untuk biaya tukang borongan harian, umumnya dikenakan biaya sekitar Rp150.000,00 – Rp200.000,00 per harinya. Biaya ini dapat berbeda di setiap area. Biaya tersebut hanya untuk biaya jasa saja dan belum termasuk biaya material.

Sementara borongan jasa, di mana Anda membayar jasa berdasarkan luas proyek Anda, biayanya sekitar Rp1.500.000,00 – Rp1.700.000,00/m2. Untuk sistem ini, biaya yang harus Anda bayar sudah pasti. Apabila waktu pengerjaan lebih dari target yang ditentukan.

Misalnya, karena hujan atau faktor lainnya yang menyebabkan lama pengerjaan bertambah, Anda tidak perlu membayar lebih, sebab penghitungannya sudah ditentukan berdasarkan luas bangunan, bukan berdasarkan lama pengerjaannya.

Biaya Jasa dan Material

Biaya Renovasi Rumah
(Sumber: freepik.com)

Biaya jasa dan material lebih dikenal dengan istilah ‘sistem pembayaran borongan penuh’. Untuk sistem ini, Anda tidak perlu lagi repot membeli bahan-bahan bangunan, sebab biaya yang Anda bayar sudah termasuk jasa tukang bangunan lengkap dengan materialnya.

Apabila yang Anda butuhkan adalah renovasi besar, bukan renovasi rumah sederhana, maka kisaran harga mulai dari Rp2.500.000,00 – Rp4.000.000,00/m2. Harga ini tergantung pada jenis material yang Anda pilih.

Pada tarif dua setengah juta, yang Anda dapatkan adalah material dengan grade paling bawah, tapi yang pastinya tetap sesuai dengan SNI. Untuk biaya Rp4.000.000,00/m2, Anda akan mendapatkan material premium.

Lantai akan diberikan finishing granite tile 60×60 bermerek Niro, Roman serta Essenza, untuk cat interior SNI berkualitas seperti Dulux dan Mowilex, cat exterior Weathershield, plafon dan gypsum dari Jaya Board, serta pintu dan jendela aluminium dengan kaca temperred.

Biaya untuk Tanah dan Bangunan

Apabila tanah Anda sudah cukup, Anda tidak perlu menghiraukan bagian ini. Anda hanya perlu menghitung biaya material dan jasa per meternya, maka sejumlah itulah gambaran biaya yang Anda perlukan.

Untuk biaya membeli tanah, misalnya Anda ingin mempeluas rumah sebesar 25 meter persegi. Harga tanah di lokasi yang Anda inginkan dijual senilai Rp1.000.000,00/m2. Maka biaya yang Anda butuhkan adalah 25x Rp1.000.000,00 = Rp 25.000.000,00.

Biaya Lain-lain

Karena rumah merupakan investasi yang besar, Anda membutuhkan perencanaan serta biaya yang cukup ketika hendak melakukan renovasi. Anda tidak bisa hanya mempersiapkan dana sesuai dengan hitungan di awal.

Sebaiknya, siapkan biaya lain-lain karena selama proses pengerjaan, besar kemungkinan akan terjadi hal-hal yang di luar dugaan. Misalnya, harga material meningkat, atau di tengah-tengah pengerjaan Anda ingin mengubah bentuk yang sudah jadi, dan lain sebagainya.

Untuk itu, Anda perlu menyiapkan dana untuk hal ini. Idealnya, Anda menyiapkan dana tambahan sebesar 10% dari total biaya renovasi rumah yang Anda hitung.

Estimasi Total Biaya Renovasi

Setelah mengetahui kisaran harga tanah serta biaya jasa dan material, Anda bisa menghitung total dana yang dibutuhkan. Misalnya, Anda ingin renovasi rumah minimalis, dan yang Anda perlukan adalah renovasi rumah type 36.

Jadi, ukuran rumah yang ingin direnovasi ditambah perluasan rumah menjadi seluas 61 meter persegi. Lalu, Anda memilih sistem pembayaran borongan penuh dengan kualitas material standard Rp2.500.000,00/m2.

Hitungannya adalah, 61 x Rp2.500.000,00 = Rp152.500.000,00. Ditambahkan dengan harga tanah menjadi Rp177.500.000,00. Ditambahkan biaya lain-lain sebesar 10% dari biaya renovasi rumah yaitu Rp17.750.000,00.

Maka, total estimasi biaya yang Anda butuhkan adalah sejumlah Rp195.250.000,00.

Rancangan Anggaran Biaya (RAB)

Untuk merenovasi sebuah rumah, sangat penting Anda mengetahui harga-harga material yang Anda perlukan. Untuk membantu Anda, berikut kami sajikan contoh RAB. Cek langkah-langkah pembuatan RAB di sini.

Idealnya, dalam RAB terdapat berbagai rincian yaitu:

  • Uraian pekerjaan
  • Volume pekerjaan
  • Satuan unit
  • Harga satuan pekerjaan
  • Jumlah upah pekerja
  • Total material bahan bangunan
  • Harga keseluruhan

Biaya Renovasi RumahBiaya Renovasi RumahBiaya Renovasi RumahItulah estimasi biaya yang bisa Anda jadikan gambaran untuk biaya renovasi rumah. Anda perlu membuat perencanaan yang matang serta menyiapkan dana yang cukup, maka renovasi rumah Anda akan berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan.

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?

Jasa Bangun Rumah

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang! >>

Share This Article!