Ini Aturan Bangun Rumah Bertingkat yang Harus Dipatuhi

aturan bangun rumah bertingkat

Membangun rumah bertingkat adalah suatu prospek yang menarik. Dengan membangun rumah bertingkat sejak awal pembangunan rumah, Anda bisa merancang hunian sesuai kepribadian dan selera Anda. Meskipun begitu, ada aturan bangun rumah bertingkat yang tetap harus Anda ketahui dan patuhi dalam penerapannya.

Dalam proses membangun rumah, Anda akan membutuhkan beberapa hal penting seperti perencanaan dan perizinan terkait lahan bangunan. Membangun rumah bertingkat dengan menggunakan jasa profesional akan membantu dalam melakukan proses navigasi pembangunan. Berikut adalah aturan bangun rumah bertingkat yang harus Anda patuhi.

Luas Lantai Rumah

Anda harus memperhatikan perihal luas lantai rumah dengan memahami perihal Koefisien Lantai Bangunan (KLB). KLB adalah persentase perbandingan antara jumlah seluruh luas bangunan dengan luas lahan. Hal ini dapat mempermudah dalam menentukan luas hunian keseluruhan yang dapat dibangun.

Nilai KLB akan berbeda-beda tergantung jumlah lantai yang akan dibangun di atas tanah, misalnya:

  • KLB rumah satu lantai adalah 0,7
  • KLB rumah dua lantai adalah 1,5
  • KLB rumah tiga lantai adalah 2,3

Nilai ini dapat berbeda di setiap daerah tergantung kepadatan di daerah tersebut. Lantas, bagaimana cara menghitung KLB? Misalkan, Anda punya lahan seluas 300 meter persegi dan berada di daerah dengan nilai KLB rumah dua lantai 1,5. Maka perhitungan luas seluruh lantai yang dapata dibangun adalah

Luas lahan x KLB = 300 x 1,5 = 450 m

Ketinggian dan Komposisi Bangunan

Mengenai ketinggian bangunan, ada tiga hal yang harus Anda cermati dan pahami:

  • Ketinggian bangunan
    Ini dapat diukur dari level lantai terbawah hingga puncak bangunan tertinggi.
  • Komposisi garis langit bangunan
    Ini bisa dilihat dari data-rata ketinggian bangunan di suatu lingkungan agar tidak ada yang menjulang sendirian.
  • Ketinggian lantai bangunan
    Dapat diukur dari level jalan hingga titik tertinggi bangunan.

Secara umum, syarat ketinggian rumah 2 lantai sendiri adalah 3-5 meter secara keseluruhan.

Membangun Balkon di Lantai Bertingkat

Keberadaan balkon di rumah pada lantai dua dapat diwujudkan asalkan tidak mengganggu privasi tetangga. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkomunikasi dulu mengenai pembangunan balkon demi kenyamanan hidup bertetangga.

Realistislah Dengan Jadwal Pembangunan

Berdasarkan desain bangunan dan ketersediaan material bangunan, umumnya pembangunan rumah dua tingkat akan cukup lama. Ini bisa berkisar antara 10 hingga 18 bulan (dari penandatanganan rencana hingga mendapatkan kunci).

Temukan Inspirasi Desain

Salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan sebelum membangun adalah mencari inspirasi rumah. Ini adalah proses yang menyenangkan dan mengasyikkan, tetapi juga bisa membingungkan. Pinterest adalah salah satu platform yang bisa diandalkan untuk menemukan inspirasi rumah bertingkat. Contoh visual untuk diberikan kepada pembangun dua lantai Anda akan membantu mereka membayangkan desain impian Anda.

Itulah aturan bangun rumah bertingkat yang harus Anda patuhi sebelum proses pembangunan. Pastikan Anda mencermati poin-poin tersebut dan menerapkannya demi mewujudkan hunian impian. Apabila membutuhkan jasa kontraktor bangunan dalam membangun rumah, temukan di Aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Terdapat layanan Project Controller untuk menjamin kualitas pembangunan rumah.

aturan bangun rumah bertingkat
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.