Kalkulator Bangun Rumah, Solusi Praktis Hitung Biaya Bangun Rumah

kalkulator bangun rumah

Biaya merupakan faktor yang penting ketika akan membangun sebuah rumah. Saat akan membangun rumah diperlukan perhitungan biaya yang akan dikeluarkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perhitungan dengan kalkulator bangun rumah.

Apa Itu Kalkulator Bangun Rumah? 

Ini merupakan cara atau fitur yang memudahkan Anda dalam perhitungan detail pembangunan rumah. Umumnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi biaya pembangunan rumah Anda, diantaranya adalah luas bangunan, jumlah lantai, jenis material yang digunakan dan jumlah ruangan.

Kalkulator bangun rumah akan sangat memudahkan Anda dalam mengetahui estimasi biaya yang diperlukan untuk membangun rumah Anda, sesuai dengan jenis bahan, luas tanah, jumlah ruangan, dan kriteria lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Biaya yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Kalkulator Bangun Rumah

Biaya Pembelian Lahan

Sebelum Anda memulai proses pembangunan rumah impian Anda, tentu Anda perlu menentukan lokasi lahan. Pastikan Anda mendapatkan lokasi lahan yang terbaik dengan pertimbangan yang matang.

Saat pembelian tanah, mungkin Anda berpikir bahwa setelah menyepakati harga tanah, maka urusan pembelian telah selesai. Padahal tidak sesederhana itu. Ada beberapa hal yang memungkinkan Anda untuk kembali mengeluarkan biaya, namun hal ini tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Pertama, adanya biaya jasa untuk PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah). Biaya yang dikeluarkan tidak boleh melebihi 1% dari harga transaksi. Selanjutnya, terdapat biaya BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) biaya tersebut merupakan pajak peralihan tanah dan bangunan yang ditanggung oleh pembeli. Nilai biaya paling tinggi yang dikeluarkan adalah 5% dari nilai transaksi. Kemudian terdapat biaya untuk proses balik nama, pelayanan informasi nilai tanah, dan pengecekan sertifikat yang masing masing memiliki nominal 50 ribu rupiah.

kalkulator bangun rumah

Biaya Merancang Desain Rumah

Mungkin banyak orang yang merasa tidak memerlukan rancangan desain rumah, dengan alasan untuk menghemat biaya. Padahal arsitek dan tenaga profesional akan mendesain rumah sesuai keinginan Anda dengan kemampuan mereka yang mumpuni mengenai proses desain rumah. Itulah pentingnya menggunakan jasa desain rumah.

Ada dua macam pembayaran untuk menentukan biaya desain yang sering kita ketahui. Pertama yaitu harga akan dihitung per meter  persegi, ini merupakan cara yang paling banyak digunakan. Cara kedua dihitung berdasarkan persentase dari RAB (Rencana Anggaran Biaya) dari total bangunan.

Kisaran biaya yang dikeluarkan dengan cara yang pertama berkisar antara 100 ribu hingga 2 juta rupiah. Perbedaan harga ditentukan oleh kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing arsitek. Cara yang kedua berdasarkan persentase biaya konstruksi, memiliki keunggulan yaitu pemilik proyek bisa langsung terima jadi dengan pembayaran di akhir. Namun ada juga kelemahan dari cara ini, yaitu biaya akan membesar di akhir karena tidak ada ketetapan biaya di awal.

Biaya Jasa Konstruksi

Membangun rumah tanpa bantuan pekerja akan menjadi pekerjaan yang berat bahkan memakan waktu yang cukup lama. Anda perlu mencari pekerja atau jasa tukang yang berkualitas, harganya pun bervariasi. Ada dua metode pembayaran tukang, yaitu dengan sistem harian atau sistem borongan.

Sistem harian biasanya, pemilik proyek akan mematok harga di setiap hari pengerjaan, umumnya berkisar 150 ribu rupiah per hari. Sedangkan untuk sistem borongan, tukang akan menentukan harga di setiap rumah yang akan dikerjakan. Pastikan Anda mengetahui informasi mengenai biaya jasa kontraktor terbaru.

Biaya Detail Konstruksi

Detail konstruksi yang dimaksud adalah untuk pekerjaan struktur bangunan. Ini meliputi perhitungan pengerjaan pondasi, tiang, balok, dinding, atap, pengecoran lantai, dan tangga. Setiap detail biaya pekerjaan akan sangat bergantung pada material yang digunakan.

Selain detail konstruksi, ada pula biaya untuk pekerjaan finishing. Proses finishing mencakup pemasangan keramik pada lantai, pintu, plafon, kanopi, dan sebagainya. Biayanya pun akan menyesuaikan dengan material dan detail visual yang diinginkan. Jika ingin lebih banyak detail, maka akan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Ada pula biaya untuk pekerjaan instalasi yang meliputi mekanikal, mlektrikal, dan plumbing. Pekerjaan mekanikal umumnya yang berhubungan dengan alat mesin besar, seperti pemasangan pompa air dan instalasi penunjang lainnya. Untuk elektrikal, berhubungan dengan kelistrikan seperti panel distribusi, kabel daya listrik, lampu penerangan, stop kontak, saklar, dan lainnya. Sedangkan plumbing adalah pekerjaan instalasi terkait pipa atau saluran air di rumah.

Itulah penjelasan mengenai biaya dalam kalkulator bangun rumah. Tentu saja kalkulator bangun rumah juga perlu Anda perhatikan sebelum proses pembangunan, agar Anda lebih siap dalam menyiapkan dana yang akan dibutuhkan. 

Anda bisa menggunakan fitur kalkulator bangun rumah Sejasa untuk mengetahui detail biaya yang diperlukan dalam pembangunan rumah. Cukup klik link ini, kemudian jawab beberapa pertanyaan yang diajukan sesuai dengan kebutuhan pembangunan rumah Anda. Nanti, akan ditampilkan estimasi biaya bangun rumah yang dibutuhkan.Selain itu, kami juga dapat menghubungkan Anda dengan penyedia jasa yang berpengalaman. Seperti kontraktor bangunan, arsitek, interior desainer, hingga tukang. Proyek rumah Anda akan mendapatkan garansi, sehingga aman dan nyaman hingga pekerjaan selesai.

kalkulator bangun rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.