harga service ac

Harga Service AC Terbaru Maret 2024

Butuh jasa service AC tapi belum tahu harga layanannya? Anda datang ke tempat yang tepat! Sejasa.com menyediakan daftar harga service AC yang tersandardisasi. Anda bisa menemukan jasa teknisi service AC melalui website dan aplikasi Sejasa.  Berikut daftar harga service AC Sejasa.

DAFTAR HARGA SERVICE AC

Jasa

Harga

Service Cuci 0.5 – 1 PK Rp 75.000,-
Service Cuci 1.5 – 2 PK Rp 75.000,-
Tambah Freon R22 0.5 – 1 PK Rp 175.000,-
Tambah Freon R22 1.5 – 2 PK Rp 225.000,-
Tambah Freon R32/R410 0.5 – 1 PK Rp 225.000,-
Tambah Freon R32/R410 1.5 – 2 PK Rp 275.000,-
Isi Freon R22 0.5 – 1 PK Rp 275.000,-
Isi Freon R22 1.5 – 2 PK Rp 325.000,-
Isi Freon R32/R410 0.5 – 1 PK Rp 350.000,-
Isi Freon R32/R410 1.5 -2 PK Rp 450.000,-
Bongkar AC Rp 175.000,-
Pasang AC 0.5 – 1 PK Rp 300.000,-
Pasang AC 1.5 – 2 PK Rp 375.000,-
Bongkar Pasang AC 0.5 – 1 PK Rp 450.000,-
Bongkar Pasang AC 1.5 – 2 PK Rp 500.000,-
Penggantian Kapasitor AC 0.5 – 1 PK (Part dan Jasa) Rp 275.000,-
Penggantian Kapasitor AC 1.5 – 2 PK (Part dan Jasa) Rp 330.000,-
Bobok Tembok per Meter Rp 50.000,-
Las Sambungan Pipa Freon per titik Rp 125.000,-
Las Perbaikan Kebocoran Pipa Freon + Isi Freon Rp 550.000,-
Vacuum & Flushing AC Rp 350.000,-
Flushing Evaporator Rp 200.000,-
Vacuum Rp 150.000,-
Biaya Pengecekan AC** Rp 75.000,-
*Jika ada harga jasa service yang kurang dari Rp 75.000,- maka akan dikenakan biaya minimum sebesar Rp 75.000,-
**Biaya pengecekan tidak dikenakan apabila menggunakan jasa lainnya. Biaya ini dikenakan apabila Anda tidak jadi menggunakan jasa service AC lain yang tertera di atas
***Untuk apartemen, dikenakan biaya penambahan sebesar Rp 20.000,-

Teknisi jujur dan berpengalaman dari Sejasa.com siap membantu Anda. Garansi 30 hari!

jasa perawatan dan service AC Sejasa

Rincian Layanan

pemasangan filter AC saat service AC
Kira-Yan on iStock

Berikut rincian layanan service AC yang disediakan oleh penyedia jasa Sejasa.com:

Service Cuci AC

Service cuci AC dilakukan untuk membersihkan bagian indoor maupun outdoor pada AC. Perawatan ini harus dilakukan secara rutin sebab AC yang terus-menerus dipakai akan berdebu. Bila tidak dibersihkan, debu yang menumpuk akan membuat AC menjadi tidak dingin.

Selain itu, AC yang kotor juga akan mencemari udara di ruangannya. Waktu ideal untuk service cuci AC ialah 3 hingga 4 bulan sekali, tergantung intensitas pemakaian dan tingkat polusi di area ruangan tersebut.

Tambah Freon

Refrigerant atau juga disebut freon merupakan salah satu komponen terpenting pada AC. Freon dapat menyerap panas pada suhu rendah dan menolak panas pada suhu yang tinggi. Kekurangan kadar freon dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin.

Untuk mengatasinya, harus dilakukan penambahan freon. Umumnya, penambahan freon dilakukan kurang lebih setiap satu tahun sekali. Sementara untuk freon yang ditambahkan tiga bulan sekali menandakan adanya kebocoran pada AC.

Isi Freon

Layanan pengisian freon tidak sama dengan penambahan freon. Pengisian freon dilakukan jika kadar freon AC benar-benar sudah habis.

Ada kalanya juga pengisian freon dilakukan saat muncul indikasi adanya kebocoran pada instalasi AC. Pengisian freon dapat dilakukan dengan cara mengisi ulang freon atau menggantinya.

Terdapat bermacam-macam jenis freon yang digunakan pada AC, yakni R22, R410A, serta R32. Freon R22 memiliki sifat yang tidak mudah terbakar. Freon R22 ini memiliki potensi pemanasan yang dapat merusak ozon.

Sementara itu, freon R410A tidak memiliki potensi untuk merusak ozon. Namun, freon ini tetap berpotensi terhadap pemanasan global.

Biasanya freon R410 digunakan pada AC inventer. Sementara itu, freon R32 dinilai paling ramah lingkungan. Meskipun memiliki potensi terbakar, freon R32 cenderung aman untuk digunakan.

Bongkar

Layanan ini bertujuan untuk melepaskan instalasi AC yang sudah dipasang. Proses ini dilakukan pada bagian indoor maupun outdoor. Layanan bongkar AC digunakan apabila pemilik rumah sudah tidak menggunakan AC tersebut atau menggantinya dengan yang baru.

Meskipun dapat dilakukan sendiri, pembongkaran AC sebaiknya dilakukan oleh orang yang ahli. Hal ini dikarenakan pembongkaran AC  dapat membuang freon. Bila diserahkan pada teknisi, mereka dapat melakukannya tanpa membuang freon.

Pasang

service ac oleh teknisi Sejasa

Pemasangan AC merupakan layanan untuk memasang AC yang baru dibeli. Berbeda dengan barang elektronik biasanya, pemasangan AC tidak bisa dilakukan sembarangan. Dibutuhkan keahlian khusus untuk memperkirakan letak AC agar AC tetap awet.

Bongkar Pasang

Layanan AC satu ini dilakukan untuk melepas AC dari suatu tempat dan memindahkannya ke tempat lain. Layanan ini diperlukan apabila unit AC hendak dipindahkan ke ruangan atau bangunan yang berbeda.

Las Sambungan Pipa Freon

Pipa freon merupakan pipa yang berfungsi menurunkan tekanan freon dan mengatur aliran freon menuju refrigerator. Namun, apabila pipa ini terlalu pendek, tekanan kerjanya akan semakin tinggi.

Akibatnya, kompresor akan bekerja lebih berat. Oleh karena itu, pipa yang terlalu pendek harus diperpanjang. Pipa yang lama dan tambahan pipa barunya disambungkan dengan alat las.

Las Kebocoran Pipa Freon dan Isi Freon

Pipa freon dapat mengalami kebocoran yang mengakibatkan AC menjadi tidak dingin. Untuk menanganinya, pipa yang bocor harus diperbaiki melalui pengelasan. Karena pipanya bocor, isi freon tentu akan terbuang.

Oleh karena itu, layanan las pipa kebocoran ini biasanya juga disatukan dengan layanan isi freon.

Pengecekan AC

Pengecekan AC dilakukan untuk mendeteksi penyebab masalah yang terdapat pada AC. Hal ini dilakukan dengan cara menyalakan AC sekitar 10-15 menit. Kemudian, teknisi akan mengecek fungsi remote AC serta suhu di dalam ruangan.

Perlu diperhatikan, biaya pengecekan hanya dikenakan bila Anda tidak jadi menggunakan layanan servis lainnya.

perbaikan dan service AC

6 Tanda AC Harus Segera Diperbaiki

service ac
Freepik

AC terkadang butuh dirawat atau diperbaiki. Bagaimana cara mengetahuinya kalau Anda kurang paham soal AC? Tenang saja, AC akan beri tahu kamu dengan 6 tanda berikut ini.

Tidak muncul angin dingin

Angin yang dihasilkan AC tak dingin dalam jangka waktu yang semestinya bisa terjadi karena kompresor tidak berfungsi, freon bocor, atau arus pendek dalam AC.

AC Berisik

AC mengeluarkan suara aneh? Mungkin bagian blower AC longgar dan perlu dikencangkan. 

AC bocor/beku

Kebocoran yang dialami AC Anda menunjukkan indikasi adanya kondensasi yang bermasalah. Begitu juga dengan munculnya bunga es pada AC.

Tagihan listrik naik

Tagihan listrik mendadak bengkak padahal Anda tidak menyalakan AC secara berlebihan? Artinya, AC Anda tidak bekerja secara efisien. Segera lakukan pengecekan ya!

Berbau apek

Ketika angin yang berasal dari AC baunya apek, boleh jadi diakibatkan oleh jamur dan kotoran di saluran AC. Dua hal ini akan menyumbat saluran AC serta mengeluarkan bau apek. 

Usia AC 

Usia AC rata-rata mencapai 15-20 tahun. Jika AC yang Anda pakai mendekati “masa tua”, maka unit AC Anda membutuhkan jasa perawatan untuk menghindari kerusakan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

harga service ac

Share This Article!