biaya pemasangan dan perbaikan pagar

Tips Memilih Tukang Atap Rumah untuk Pasang & Perbaikan

Memilih tukang atap rumah harus teliti dan berhati-hati. Kepuasan, keamanan, dan keberhasilan proyek atap tergantung dari pilihan tukang tersebut. Anda masih bingung kriteria seperti apa yang harus dipenuhi dalam menentukan tukang/kontraktor atap yang tepat? Artikel ini akan memandu Anda dalam memilih tukang atap terbaik.

Memilih tukang atap lokal

Tukang atap lokal adalah pilihan terbaik untuk menyelesaikan proyek Anda. Beberapa keunggulannya adalah mendukung bisnis lokal dan terjangkaunya lokasi tukang dengan area proyek. Semakin terjangkau aksesnya, maka akan hemat waktu dan memudahkan mobilitas. 

Kedekatan jarak mampu menghemat biaya ongkos tukang sekaligus material yang Anda beli. Pengeluaran jadi lebih irit! 

Selain itu, Anda dapat dengan mudah menghubungi mereka untuk perbaikan atau memperbarui bagian atap. Ketika nantinya Anda sudah cocok dengan tukang terkait, Anda tak perlu repot mencari tukang baru yang kurang familiar dengan kondisi atap rumah.

Proyek terlindungi asuransi

Adanya asuransi proyek penting diketahui sebelum menentukan tukang yang akan menangani proyek Anda. Keamanan dan keselamatan pihak yang terlibat adalah salah satu faktor keberhasilan proyek. Apalagi area yang dikerjakan cukup tinggi dari permukaan tanah dan harus dikerjakan secara hati-hati.

Asuransi berfungsi untuk melindungi kedua belah pihak dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika sesuatu terjadi saat pengerjaan proyek, Anda tak perlu pusing mengeluarkan biaya tambahan. Sebagai pelanggan, Anda berhak menanyakan hal ini kepada vendor/penyedia jasa.

Sejasa bekerja sama dengan Allianz dalam memberikan perlindungan asuransi dalam bentuk: 

  • Customer’s property: Kerusakan yang terjadi akibat proyek yang berlangsung pada benda yang berhubungan dengan proyek.
  • Personal effect: Kerusakan yang terjadi akibat proyek yang berlangsung pada benda yang tidak berhubungan dengan proyek. 
  • Kecelakaan/kerusakan pada pihak ketiga: Kecelakaan atau kerusakan yang terjadi pada pihak ke-3  akibat proyek yang berlangsung 

Tukang punya reputasi yang baik

Sebelum memilih tukang atap, bandingkan vendor-vendor yang tersedia di lokasi Anda berdasarkan reputasinya. Cari tahu bagaimana anggapan orang lain tentang layanan mereka. Jika mereka memberikan referensi, lakukan riset mendalam berdasarkan itu. Lebih baik lagi kalau Anda dapat melihat ulasan para pelanggan sebelumnya terkait layanan vendor yang akan Anda pilih.

tukang pasang atap kontraktor

Penawaran harga beragam

Penawaran atau estimasi harga yang beragam dapat menjadi pembanding satu sama lain. Tak bisa dipungkiri bahwa penawaran harga yang murah memang menggiurkan. Namun, carilah harga yang realistis. Jangan mempertaruhkan keselamatan rumah Anda demi harga yang terlampau murah.

Jangan terburu-buru untuk memilih satu penawaran termurah tanpa pertimbangan matang. Ini bisa jadi bumerang bagi Anda jika ternyata ada banyak pengeluaran setelah penawaran diterima, di luar dari yang diestimasikan.

Kumpulkan beberapa penawaran, setidaknya 3 penawaran. Selain estimasi biaya, pertimbangkan juga tentang komunikasi, profesionalisme, dan reputasi vendor.

Adanya garansi proyek

Selain asuransi, garansi adalah hal penting yang mesti Anda ketahui sebelum memilih tukang atap rumah. Dalam proyek perbaikan dan pemasangan atap, biasanya ada 2 jenis garansi: garansi dari tukang dan garansi material. 

Garansi dari tukang biasanya berupa perbaikan/pembaruan hasil layanan selama masa yang ditentukan. Garansi material adalah garansi material itu sendiri bila ada kecacatan, misalnya garansi genteng. 

Ibarat Anda telah berinvestasi pada jasa dan material atap, Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal sebagai gantinya. Tentu Anda ingin memilih penyedia jasa bertanggung jawab atas hasil pekerjaannya. 

Wawancara dengan calon tukang

Setelah mendapatkan penawaran dan melakukan riset awal mengenai referensi, saatnya Anda melakukan tanya jawab ke beberapa vendor. Jika memungkinkan, lakukan pertemuan langsung demi meminimalisir kemungkinan miskomunikasi. Namun, pada kondisi seperti saat ini Anda pun bisa melakukan wawancara lewat panggilan telepon. 

Lakukan wawancara dengan sekitar 3 penyedia jasa. Beberapa hal yang dapat Anda tanyakan kepada mereka misalnya:

Kontak dan alamat

  • Apakah kontraktor punya kontak dan alamat yang tetap, seperti email, nomor telepon, dan alamat kantor usaha.

Pengalaman kerja dan pengetahuan akan material

  • Berapa lama sudah menjalankan bisnis perbaikan/pemasangan atap
  • Apakah mereka cukup dikenal di daerah tempat usaha itu berdiri
  • Berapa lama mereka mengerjakan proyek pengerjaan atap yang sama dengan kebutuhan Anda 

Asuransi

  • Apakah mereka menyediakan asuransi proyek
  • Bagaimana cara mengklaim asuransi

Referensi yang bisa dihubungi

  • Ke mana Anda bisa menghubungi referensi yang mereka rekomendasikan, misalnya testimoni pelanggan sebelumnya, pembelian material, dan lain-lain

Estimasi biaya yang jelas

  • Berapa harga pengerjaan atap per meter persegi secara umum dan khusus tipe atap Anda
  • Berapa biaya tertinggi untuk pengerjaan tipe atap seperti milik Anda

Selain dari daftar pertanyaan di atas, Anda bisa menanyakan hal-hal lain seputar proyek atap rumah Anda.

Memeriksa hasil pekerjaan dan referensi

Portfolio atau dokumentasi hasil pekerjaan dapat menjadi gambaran mengenai hasil pekerjaan vendor. Biasanya pada saat negosiasi, kontraktor akan mempresentasikan portfolio mengenai hasil pekerjaan yang sudah selesai. 

Tanyakan soal referensi dari pelanggan lain dan apakah Anda bisa menghubungi mereka. Jika memungkinkan, hubungi pelanggan sebelumnya untuk memastikan kualitas pekerjaan dan tingkat kepuasan layanan vendor terkait.

Hal ini akan membantu Anda dalam menyeleksi bagaimana proses bekerja, hasilnya, dan pengalaman menggunakan jasa mereka. Jika vendor menolak memberikan portfolio atau referensi, lanjutkan pencarian Anda.

Jangan membayar semua di awal

Membayar uang muka/DP di awal boleh tapi jangan langsung membayar lunas sekaligus. Anda harus memastikan pekerjaan atap selesai dan hasilnya memuaskan. 

Apabila vendor memaksa harus membayar penuh di awal, maka berhati-hatilah karena ada indikasi penipuan atau bisnis yang tidak mapan. Lebih baik lagi jika deal dengan vendor yang memberikan waktu Anda untuk memeriksa dan menguji kelayakan perbaikan/pasang atap. Anda dapat menilai kualitas pekerjaan mereka bahkah sebelum jatuh tempo pelunasannya.

Review/ulasan pelanggan lain

Ulasan/review pelanggan sebelumnya adalah pelengkap pertimbangan Anda dalam memilih penyedia jasa atap. Untungnya, Anda bisa mendapatkan informasi dan ulasan tentang vendor yang akan pilih melalui internet. 

Ketik nama badan usaha di mesin pencari dan hampir seluruh informasi yang Anda butuhkan tersedia di sana. Cari tahu juga bagaimana mereka mengatasi ulasan negatif.

Memilih tukang atap rumah memang susah susah gampang. Anda perlu meluangkan waktu untuk riset demi mendapatkan tukang terbaik yang nantinya menangani proyek atap rumah. 

Sejasa menyediakan jasa pertukangan khusus atap yaitu Jasa Pemasangan Atap dan Perbaikan Atap. Jika Anda memilih vendor dari Sejasa, transaksi proyek Anda lebih aman lewat SejasaPay. Sebelum memilih vendor, Anda dapat melihat portfolio dan review mereka dari pelanggan sebelumnya.

tukang perbaikan atap
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.