feng shui rumah

10 Feng Shui Rumah untuk Kelancaran Rezeki Anda

Menurut konsep feng shui, rumah tidak hanya dijadikan tempat tinggal semata, melainkan dapat menjadi gerbang masuknya energi positif dan rezeki. Ada aturan-aturan yang harus dipatuhi agar tercapai keseimbangan antara manusia sebagai penghuni serta lingkungan sekitarnya. Berikut ini adalah pengertian serta poin-poin penting untuk menciptakan feng shui rumah.

Apa yang dimaksud dengan Feng Shui?

Feng shui adalah kata-kata dalam bahasa Mandarin. Feng artinya angin, shui artinya air. Konsep feng shui berasal dari puisi nenek moyang yang membahas tentang kehidupan manusia yang terhubung dan mengalir bersama lingkungan sekitar mereka.

Pengertian feng shui adalah sebuah cara menata benda-benda di tempat tinggal agar tercipta keseimbangan antara individu dengan lingkungannya. Bagaimana cara mempraktikan feng shui di rumah? 

Posisi komando

Pada dasarnya, posisi komando adalah letak barang-barang seperti ranjang, meja tulis, dan kompor terhadap pintu masuk. Menurut feng shui, ranjang merepresentasikan diri kita, meja tulis mewakilkan karir, dan kompor sebagai lambang kekayaan. Tiga benda ini harus diposisikan menghadap pintu, bukan sejajar dengan pintu. 

Langkah awal dalam menentukan posisi komando adalah menempatkan diri saat menggunakan barang tersebut. Apakah Anda bisa melihat pintu secara langsung saat berbaring di kasur, duduk di bangku, atau masak dengan kompor? 

Jangan sampai Anda tidak melihat atau membelakangi pintu karena posisinya sejajar dengan barang itu. Menempatkan ketiga elemen ini secara diagonal dengan pintu adalah cara yang aman untuk dilakukan.

Jika tidak memungkinkan untuk menghadap pintu, sesuaikan posisi cermin agar bisa memantulkan bayangan pintu sehingga Anda bisa melihat pantulannya saat beraktivitas menggunakan 3 unsur itu.

Mungkin Anda bertanya mengapa pintu amat penting dalam posisi komando ini. Pintu utama dalam sebuah ruangan dikenal sebagai “mulut chi”. Dalam feng shui, chi berarti energi yang tersebar di sekitar kita. Pintu ini yang menjadi gerbang berbagai energi yang masuk ke dalam rumah, bahkan hidup Anda. 

Ketika rumah Anda memiliki posisi komando yang tepat, Anda punya kemampuan untuk mengatur hidup Anda agar energi positif dan kebaikan masuk ke dalam hidup serta hunian.

Area pintu masuk bebas rintangan

area pintu masuk rumah feng shui
Lisa Romerein on Chairish

Pintu masuk ke rumah adalah hal pertama yang Anda dan tamu capai saat tiba di rumah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pintu merupakan gerbang masuknya energi ke dalam rumah. 

Anda dapat “mempersilakan” energi baik untuk masuk dengan menyingkirkan benda-benda yang menjadi halangan di sekitar pintu. 

Lakukan apa saja untuk membuatnya terkesan hangat dan menyambut siapa pun yang masuk ke dalam rumah. 

  • Bersih dan rapikan setiap hari. 
  • Bereskan tumpukan barang yang tidak perlu. 
  • Perbaiki lampu di sana yang rusak. 
  • Hias dengan dekorasi artistik. 
  • Beri tanaman agar suasananya semakin segar. 

Kalau ada perabotan yang sekiranya sering membuat penghuninya terbentur, satu-satunya cara adalah memindahkannya atau menggesernya ke sisi lain. Seiring berjalannya waktu, ini membuat pemilik rumah merasa tak nyaman dan dapat menimbulkan masalah. Jadi, jika memang perlu mengatur tata letak perabot besar, maka luangkan waktu dan lakukanlah sedikit demi sedikit.

Semakin mudah Anda bergerak untuk masuk dan keluar rumah, maka semakin mudah pula hal baik mengalir masuk ke tempat tinggal Anda.

Rumah yang bersih dan rapi

Berada di lingkungan yang minim kekacauan sangat baik menurut feng shui. Tempat yang rapi memberikan ruang lebih bagi energi positif. Dari segi kesehatan, rumah yang rapi akan mengurangi tingkat stres serta meningkatkan produktivitas pemiliknya. Dari segi visual, rumah akan tampak lebih luas.

Kegiatan membersihkan dan declutter harus dijadikan kebiasaan. Mulai dari lemari baju, meja tulis, lalu lanjut ke area lain. Beri sedikit waktu untuk menyingkirkan barang lama yang beraura negatif dan menyambut energi universal yang baru.

Temukan cara yang efektif pada hal-hal yang mendukung aktivitas rutin. Misalnya, semua barang di rumah Anda harus punya “rumah” masing-masing, laci untuk menyimpan kunci, lemari khusus alat masak, wadah menyimpan alat tulis, dan sebagainya. 

Rumah Anda akan siap menerima segala kebaikan yang datang kapan saja, tidak peduli seberapa luas rumah Anda.

Bawa unsur alami ke dalam rumah

Tanaman membantu meningkatkan produktivitas pemiliknya. Dalam feng shui, unsur alami dalam rumah seperti tumbuhan merupakan wujud energi kehidupan. Keberadaan mereka di hunian membuat kita lebih menyatu dengan alam. Berkat penghijauan ini, suasana semakin segar, semangat, dan cerah serta dipercaya bisa membawa keberuntungan dan rezeki, lho.

Disarankan untuk menempatkan satu atau dua tanaman dekat meja kerja dan home office. Pilih tanaman dengan perawatan yang mudah, terutama kalau Anda masih awam akan hal ini. 

Ruang mana pun bisa dijadikan sebagai tempat tinggal tanaman, termasuk dapur. Ada space kosong di atas kabinet dapur? Jangan buat area ini menganggur. Ruang kosong tersebut hanya akan menahan chi dan bisa menghambat Anda memperoleh rezeki. Selain tidak sesuai dengan feng shui, area ini hanya akan jadi sarang debu dan perlu usaha lebih dalam membersihkannya.

Oleh sebab itu, isi bagian atas kabinet dengan barang-barang indah kesukaan Anda, beri lampu agar lebih terang, dan tambahkan beberapa pot tanaman (bisa pilih yang imitasi). Tampilan dapur akan semakin hidup dan atraktif.

Jendela bersih

Jendela rumah dipandang sebagai mata untuk melihat dunia sekitar. Jika mata ini kotor, pasti kita tidak bisa melihat keindahan dunia secara jelas dan kita akan terjebak dalam persepsi yang itu-itu saja.

Sebaliknya, jika mata ini bersih dan terawat, kita dapat melihat dunia dari segala sisi. Sinar matahari akan lebih mudah masuk ke dalam rumah melalui jendela yang bersih. Banyaknya sinar matahari di dalam ruangan akan membuatnya semakin terang dan terasa luas. Oleh karena itu, biasakanlah untuk membersihkan jendela.

Ingin lebih ramah lingkungan dan tidak beracun? Pakai cairan pembersih dari campuran cuka dan air. Tambahkan beberapa tetes essential oil bila memungkinkan. Usap pakai kertas koran atau kain lap jendela.

Material logam di rumah

Unsur logam membawa pengaruh pada kemurnian, ketenangan, keseimbangan, dan ketajaman pikiran. Unsur ini pun dipercaya dapat menambah produktivitas sehingga cocok untuk ditempatkan di area kerja seperti home office

Anda bisa mendekorasi rumah dengan patung, pahatan, mangkuk dekoratif, dan benda lain yang mengandung logam. Lampu chandelier dapat menjadi pilihan pas untuk menghias dan menerangi ruangan. Kristal dapat menarik energi baik menurut feng shui rumah. Pantulan logam pada lampu gantung ini memberikan ketenangan juga efek kemewahan.  

Tahun ini merupakan tahun Kerbau Logam jadi momennya sangat tepat untuk menambahkan elemen logam ke hunian.

Pintu anti berderit

feng shui rumah
Michael Wee on Homes to Love

Jika sebelumnya membahas tentang area pintu masuk, poin ini menjelaskan bagian pintu masuk dalam feng shui secara khusus. Untuk menyambut rezeki dan energi positif, Anda perlu memberi perhatian pada bagian ini.

Jangan pernah terbiasa dengan suara pintu yang berderit. Sebagian pemilik rumah kerap menganggap enteng hal ini. Padahal, suara ini dapat memengaruhi mood ketika hendak keluar atau masuk rumah. 

Segera beri pelumas atau minyak pada engsel demi mengurangi derit ini. Engsel pintu yang berfungsi dengan mulus bakal mempermudah gerakan buka-tutup serta masuknya rezeki ke tempat tinggal Anda. 

Pintu masuk juga harus bisa membuka setidaknya 90 derajat. Banyaknya barang di belakang pintu, membuatnya sulit terbuka. Kalau pintu tidak bisa terbuka sepenuhnya, berarti jumlah keberuntungan dan peluang untuk Anda juga tidak bisa mengalir secara maksimal. 

Seimbangkan lima elemen feng shui rumah

Dalam feng shui terdapat lima elemen yaitu tanah, kayu, api, air, dan logam. Masing-masing memiliki makna dan memberikan mood yang berbeda. Kelima hal ini sebaiknya hadir dan dikombinasikan dalam hunian, baik secara langsung atau simbolis. 

Tanah

Unsur tanah memberikan landasan, membangkitkan keseimbangan, stabilitas, dan pengetahuan bahkan kekuatan fisik. 

Karakter tanah bisa didapatkan dari:

  • Warna coklat, kuning, oranye
  • Bentuk persegi, persegi panjang
  • Permukaan yang rata dan rendah
  • Gambar pemandangan
  • Keramik
  • Tembikar
  • Tanah

Kayu

Elemen ini berhubungan dengan pertumbuhan alami, kelahiran, kekuatan, fleksibilitas, dan keramahan. 

Karakter kayu bisa didapatkan dari:

  • Warna hijau dan teal
  • Bentuk silinder
  • Bunga segar
  • Tumbuhan
  • Kain bahan alami
  • Mebel dan ornamen berbahan kayu

Api

Menggugah antusiasme, inspirasi, keberanian, dan ekspresi berkreasi.

Karakter api bisa didapatkan dari:

  • Warna merah, pink, dan ungu
  • Bentuk segitiga dan bintang
  • Lilin
  • Sinar matahari
  • Barang elektronik

Air

Meliputi spiritualitas, emosi, koneksi, sirkulasi, ketenangan, dan kebijaksanaan.

Karakter air bisa didapatkan dari:

  • Warna gelap nan dingin, hitam
  • Bentuk asimetris, melengkung, bergelombang
  • Akuarium
  • Air mancur
  • Kristal 
  • Benda yang memantulkan bayangan seperti cermin 

Logam

Membantu pada hal fokus, presisi, ketegasan, kebenaran, logika, dan memengaruhi kemurnian secara mental.

Karakter logam bisa didapatkan dari:

  • Warna putih, metalik, perak, warna-warna pastel
  • Bentuk lingkaran, oval, bulat
  • Vas logam
  • Benda dengan permukaan mengilap

Setelah mengetahui kelima elemen penting dalam feng shui, saatnya mulai menerapkannya dalam tempat tinggal. Fokus pada satu ruangan lalu lanjutkan ke ruangan lain. 

Lihat lebih dekat pada sebuah ruangan yang kurang membangkitkan semangat Anda. Bisa jadi ada beberapa elemen yang tidak hadir dalam ruangan tersebut. Tugas Anda selanjutnya yaitu menggabungkan warna, bentuk, dan material dari 5 unsur feng shui agar terlihat serasi, seimbang, dan menghasilkan kesan menyambut. Jangan terlalu menitikberatkan pada elemen tertentu yang justru akan menciptakan ketidakseimbangan energi. 

Sebagai contoh, Anda ingin meningkatkan keseimbangan energi pada ruang keluarga. Hias ruangan dengan bunga segar dalam vas kaca. Elemen kayu dan tanah sudah Anda dapatkan. Tambahkan air agar elemen air terpenuhi dan menjaga bunga agar tetap segar. 

Lilin beraroma jadi representasi elemen api serta berfungsi sebagai pemanis dan pengharum ruangan. Selanjutnya, vas bunda dan lilin diletakkan di atas nampan perak. Dengan begitu, Anda telah mendapatkan kelima elemen feng shui.

Sirkulasi udara dan pencahayaan

Sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan yang cukup adalah wujud energi baik bagi pemilik rumah. Keduanya membuat penghuni lebih semangat dan bahagia.

Dapatkan kedua unsur sekaligus dengan membuka jendela saat siang hari. Biarkan udara segar menggantikan udara dari dalam setelah mengalir di rumah semalaman. Cara yang bagus untuk menghemat listrik!

Apabila ada sudut-sudut yang gelap, tambahkan lampu atau lilin. Perbaiki atau ganti bohlam lampu yang nyalanya redup. Tips lain yang dapat Anda lakukan adalah memasang cermin di titik yang dapat memantulkan sinar matahari. Dengan demikian, cahaya alami bisa masuk secara maksimal dan ruangan tampak lebih lapang.

Momen untuk berhenti sejenak

Ada kalanya kita perlu menahan aliran energi positif dalam rumah. Ketika Anda mengundang tamu ke rumah, akan lebih baik bila tamu Anda singgah di ruang tamu terlebih dulu. 

Menambahkan dekorasi rumah berupa benda artistik, seperti lukisan, pahatan, dan semacamnya, setelah pintu masuk akan menahan aliran energi agar tinggal di area tersebut. Dekorasi lain yang bisa dimasukkan adalah tanaman, karpet, dan permadani. 

Bagi manusia, ini akan menarik perhatian siapa saja sehingga ada waktu jeda demi mengaguminya. Tidak ada yang terburu-buru untuk keluar dan masuk rumah. Begitu pula dengan chi. Energi ini akan mengalir secara perlahan tapi pasti.

Menciptakan rumah yang menganut feng shui bukan hal yang sederhana untuk sebagian orang. Namun, demi tujuan tercapainya keseimbangan serta bermanfaat bagi pemiliknya, prinsip ini patut dijadikan landasan mendesain rumah. 

Apakah Anda sudah mengaplikasikan feng shui pada hunian Anda? Jangan ragu untuk berbagi tips feng shui lewat kolom komentar di bawah ini.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

HAPPY LIVING will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.