7 Tanaman Penghias Rumah dan Perawatan Mudah

Interior rumah yang menarik akan semakin indah dengan tanaman hias. Tanaman indoor menjadi pilihan karena cocok diletakkan di dalam ruangan dan perawatannya tidak terlalu sulit. Pemeliharaan tanaman akan jadi lebih mudah jika kita mengetahui tanaman apa saja yang tidak mudah layu atau mati. Artikel ini akan mengupas tentang tanaman indoor yang dapat mempercantik rumah sekaligus tips perawatan mudah.

Monstera

monstera
Bay on A Budget

Monstera menjadi tanaman populer akhir-akhir ini. Ini tidak mengherankan karena bentuk daunnya yang unik berlubang, warna hijau yang sedap dipandang, ditambah perawatannya sederhana. Manfaat lain yang Anda dapatkan dari memelihara tanaman ini adalah udara menjadi lebih bersih.

Tumbuhan ini dapat diletakkan di ruangan terang asal tidak terkena sinar matahari langsung. Anda pun dapat menaruhnya di ruangan yang ada pendinginnya seperti AC. Siram tanaman sebanyak 2-3 kali dalam seminggu dan jemur di bawah sinar matahari pagi sekali seminggu. Hati-hati dengan racun yang terkandung dalam tanaman ini. Pastikan tanaman ini bebas dari jangkauan anak kecil dan hewan peliharaan agar tidak menelannya.

Sansevieria  

Sansevieria  sensivera lidah mertua
Green and Vibrant

Sansevieria atau yang kerap disebut Lidah Mertua dapat dijadikan pelengkap dekorasi. Bentuk daun lidah mertua ada yang pendek sekitar 8 cm dan panjang sekitar 50-75 cm. 

Anda dapat mendekorasi ruangan dengan tanaman itu dengan menyesuaikan variasi ukuran daun. Daun yang pendek dapat dijadikan hiasan meja atau rak buku. Sementara untuk daun berukuran panjang, dapat dimanfaatkan sebagai batas antarruang atau ditempatkan di sudut ruangan.

Cara merawat Sansevieria terbilang mudah. Anda cukup menyiramnya 1-2 seminggu namun perhatikan jumlah kadar airnya. Penyiraman yang terlalu ekstra justru akan mengundang jamur dan bakteri.

Peace Lily

peace lily
Epic Gardening

Peace lily menjadi favorit karena daunnya yang lebat dan ketika mekar, bunganya sangat indah. Layaknya tanaman indoor lain yang mampu membersihkan udara, tanaman ini pun demikian. Uniknya, tanaman ini dapat tumbuh pada ruangan yang minim cahaya matahari dan ruangan dengan cahaya lampu. 

Merawat tumbuhan ini memerlukan sedikit perhatian lebih. Jangan menyiramnya terlalu banyak dan tempatkan di bawah sinar matahari namun teduh selama beberapa hari sekali. 

Meski begitu, tumbuhan ini memiliki kehebatan lain dibanding tanaman indoor lainnya.  Keunggulannya adalah kemampuannya untuk memproduksi oksigen di malam hari, tidak seperti tanaman lain yang menghasilkannya pada pagi hari.

Rubber Plant

rubber plant tanaman karet beringin karet
Good Housekeeping

Disebut juga Beringin Karet atau Tanaman Karet. Tumbuhan ini dapat tumbuh di tempat teduh hingga mencapai beberapa meter. Untungnya, tumbuhan ini tetap dapat bertahan meski dikerdilkan. Anda tidak perlu khawatir akan daunnya yang mencapai langit-langit ruangan. 

Selain itu, tumbuhan ini tidak disukai ulat sehingga tidak akan merepotkan dalam pembasmian hama. Daunnya mengilap, memiliki dua warna berbeda di sisi daunnya, serta perawatan sederhana menjadi daya tarik beringin karet ini. 

Aloe Vera

aloe vera lidah buaya
Trouva

Tanaman yang populer sebagai bahan produk perawatan kulit ini dapat membersihkan udara dari formalin dan benzene. Tanaman dengan sebutan lain Lidah Buaya ini mudah untuk dipelihara. 

Letakkan pada dekat jendela dan siram sesekali saja. Lidah buaya mampu bertahan pada kondisi tanah yang kering. Sebaliknya, jika terlalu sering disiram dalam jumlah banyak justru mengakibatkan tanaman ini tidak awet.

Spider Plant

Spider Plant popular houseplant
Bob Vila

Layaknya kaki laba-laba yang panjang dan ramping, daun spider plant memiliki daun yang panjang dan menjuntai. Tak jarang, tanaman ini dijadikan tanaman gantung karena sifat daunnya yang lebat dan menggantung. 

Tanaman ini hanya perlu tempat yang teduh dan disiram sekali dalam seminggu. Sifatnya pun mudah dibudidayakan. Tunas atau “anak laba-laba” yang tumbuh di dedaunan dapat dipindah ke pot baru dan akan tumbuh menjadi tanaman asli. Selain itu, keunggulan dari spider plant lain yaitu mampu menyerap formaldehyde dan xylene serta ramah untuk hewan peliharaan.

Chinese Evergreen

 

chinese evergreen sri rezeki
Green and Vibrant

Di Indonesia dikenal dengan nama Sri Rezeki. Jika Anda menginginkan tanaman dengan perawatan mudah dalam berbagai kondisi ruangan, tanaman ini adalah jawabannya. 

Tanaman ini dapat bertahan pada kondisi yang lembap maupun kering. Namun, tetap saja Sri Rezeki perlu disiram secara rutin. Tanaman ini terbilang ampuh karena mampu bertahan pada kondisi ruangan yang minim cahaya. Bahkan, tanaman ini dapat tumbuh dengan bantuan cahaya lampu. 

Demikian inspirasi tanaman indoor yang bisa Anda pelihara dengan mudah. Tak perlu perawatan rumit, tanaman ini akan tumbuh dengan baik asal dipelihara dengan konsisten. Anda tertarik untuk menghias rumah dengan tanaman cantik di atas?

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.