persiapan puasa di tengah pandemi covid-19

Ramadan di Tengah Pandemi? Lakukan 6 Hal Ini

Ramadan 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini, Ramadan berada di tengah pandemi COVID-19. Pemerintah Indonesia telah memberikan perintah untuk beribadah di rumah demi melawan penyebaran virus ini. Meskipun demikian, hal ini bukan sebuah halangan untuk tetap berpuasa, ibadah, dan melakukan hal-hal baik lainnya. Untuk mendukung kelancaran ibadahmu, maka lakukan 6 hal ini yuk!

Menyetok bahan pangan untuk beberapa waktu ke depan

belanja bahan makanan super market
Freepik

Situasi saat ini sangat tidak mendukung untuk keluar rumah terlalu sering, termasuk untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda perlu strategi agar kebutuhan terpenuhi dan mengutamakan keselamatan.

Buat daftar menu sahur dan berbuka untuk beberapa hari kedepan. Tetapkan menu dan daftar belanja untuk 5-7 hari kedepan atau lebih. Anda pun tidak perlu bingung dalam memilih menu masakan karena semua telah terjadwal. Selain itu, Anda dapat mengukur jenis bahan makanan serta kuantitasnya untuk jangka beberapa hari kedepan. 

Saat berbelanja baik di pasar maupun pusat perbelanjaan lain, utamakan keselamatan seperti menggunakan masker dan hindari panic buying. Jika membeli sayuran dan frozen food, simpan di kulkas agar kesegarannya tetap terjaga. 

Masak menu sahur dan takjil secara mandiri

masak sahur takjil buka puasa di dapur
Freepik

Kebersihan dan kesehatan selalu menjadi hal utama pada situasi sekarang, terlebih soal konsumsi. Alangkah baiknya kalau memasak menu sahur dan buka puasa dari dapur sendiri. Anda dapat mengajak anak maupun anggota keluarga lain untuk memasak hidangan favorit berbuka. Mengolah makanan sendiri punya beberapa manfaat. Kebersihan masakan bisa lebih  terkontrol, hemat biaya, dan aman karena tidak harus keluar rumah. 

Menjaga kebersihan rumah

membersihkan rumah lap perabotan meja
Freepik

Selama masa karantina, kita banyak menghabiskan waktu di rumah untuk menjalankan rutinitas. Hunian yang bersih jadi salah satu kunci penghuninya menjadi lebih produktif. Produktif tidak hanya mengacu pada pekerjaan yang harus diselesaikan, tapi juga dengan ibadah.

Pada bulan puasa ini, ada perintah untuk menjalankan salat tarawih di rumah. Dengan rumah yang bersih, Anda semakin fokus beribadah. Tidak ada distraksi barang-barang berantakan. Anda pun tidak perlu khawatir dengan munculnya sumber penyakit bila rumah Anda dibersihkan secara rutin dan tepat.

Membersihkan alat ibadah

cuci mukena sarung sajadah bersih
Freepik

Menjaga kebersihan alat ibadah seperti mukena, sajadah, baju koko, sarung, dan lainnya penting di bulan puasa. Cuci setiap beberapa hari sekali dengan mesin cuci sesuai kapasitas supaya wangi dan bersih. Begitu pula ketika Anda membeli alat ibadah baru.  Sebelum menggunakannya, pastikan bahwa apa yang Anda pakai tidak kotor dan steril. Dengan begitu, ibadah pun jadi semakin khusyuk.

Jaga kesehatan

olahraga yoga saat puasa tubuh sehat
Freepik

Kesehatan adalah faktor utama lancarnya ibadah Anda di bulan suci. Menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Bila perlu tambahkan suplemen tertentu untuk memenuhi kebutuhan gizi tiap hari. Selama waktu berbuka hingga sahur, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

Olahraga baik dilakukan saat puasa. Asal dilakukan dengan ringan dan secukupnya. Apabila Anda melakukannya terlalu berlebihan, dikhawatirkan tubuh akan lebih cepat lelah dan lemas sehingga dapat mengganggu kegiatan ibadah.

Pola tidur juga menjadi hal yang penting diperhatikan. Karena adanya perubahan jadwal tidur karena harus bangun saat sahur, maka jam tidur perlu diatur agar Anda tetap beristirahat dengan cukup. Tidur lebih awal misalnya sebelum jam 10 malam agar Anda dapat bangun tepat waktu untuk menyiapkan sahur. Hindari mengonsumsi kopi jika itu menyebabkan Anda terjaga saat malam.

Rutin cuci tangan

cuci tangan rutin pakai sabun
Freepik

Meskipun Anda lebih sering di rumah, tidak menutup kemungkian berbagai sumber penyakit seperti bakteri dan virus masuk ke rumah. Mereka bisa masuk dan menempel pada perabotan rumah Anda tanpa disadari. Cuci tangan menjadi cara efektif untuk menghindari sumber penyakit masuk ke tubuh kita. Hal ini sangat dianjurkan oleh para ilmuwan, pemerintah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan tenaga kesehatan. Dengan rutin mencuci tangan, Anda meningkatkan kualitas hidup dalam hal kebersihan dan kesehatan. Ini dapat memengaruhi kelancaran ibadah selama bulan puasa.

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi para umat muslim. Semoga seluruh kegiatan ibadah dan amal baik diberikan kelancaran. Semoga artikel ini bermanfaat!

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.