harga service tv

Daftar Harga Service TV Lengkap dan Jujur

Salah satu hiburan penting di rumah adalah televisi. Biasanya, terdapat ruang TV tempat keluarga berkumpul dan menonton program favorit ataupun bermain game bersama. Namun kesenangan tentu akan berkurang bila televisi di rumah mengalami kerusakan. Berikut daftar harga service TV dari Sejasa.com beserta ragam layanan perbaikan TV yang mungkin Anda butuhkan!

DAFTAR HARGA SERVICE TV
Jasa Harga
Jasa Pengecekan* Rp 85.000,-
Jasa Service TV LCD & LED
31 inch kebawah Rp 200.000,-
32 inch – 41 inch Rp 250.000,-
42 inch keatas Rp 350.000,-
Jasa Service TV Tabung
31 inch kebawah Rp 150.000,-
32 inch ke atas Rp 200.000,-
*Biaya pengecekan tidak dikenakan apabila menggunakan jasa lainnya dan akan dikenakan apabila tidak jadi menggunakan jasa service.
Biaya tidak termasuk biaya sparepart, hanya jasa untuk service terkait

Teknisi jujur dan berpengalaman dari Sejasa.com siap membantu Anda. Garansi 30 hari!

Pesan Jasa Service TV >>

 

Rincian Layanan

Berikut rincian layanan service TV  yang disediakan oleh penyedia jasa Sejasa.com:

Jasa Pengecekan

Pengecekan TV dilakukan untuk mengetahui penyebab kerusakan pada sebuah TV. Ada berbagai macam jenis kerusakan pada TV. Mulai dari TV yang dinyalakan kemudian mati sendiri, tidak ada raster, gambar tidak penuh, hingga gambar yang menyusut ke arah kanan atau kiri. Setiap jenis kerusakan memiliki cara pengecekan yang berbeda-beda. Apabila regulator TV tidak berfungsi, pengecekan dilakukan pada bagian tegangan optocoupler. Sementara kontras yang tidak berfungsi serta munculnya garis vertikal membutuhkan pengecekan pada bagian resistor ABL. Jika rasternya tidak terkontrol, bagian yang harus dicek ialah regulator TV.  TV yang tidak ada suaranya perlu di cek pada bagian L021 (SIF 6,0 Mhz). Untuk TV yang mati total, bagian yang harus diperiksa ialah power supply. Bagian ini berfungsi mengalurkan arus voltase ke berbagai tempat. Misalnya seperti voltase horizontal, voltasi vertikal, voltase driver, serta voltase audio.

Perlu diperhatikan, biaya pengecekan hanya dikenakan bila Anda tidak jadi menggunakan layanan servis lainnya.

Jasa Service TV LCD & LED

Terdapat berbagai jenis kerusakan yang dapat terjadi pada TV LCD dan LED. Misalnya seperti blank putih pada layar, garis-garis putih pada layar, serta suara gambar yang hilang. Setiap jenis kerusakan memiliki penanganan yang berbeda-beda.

Untuk TV LCD dan LED yang layarnya blank berwarna putih, perlu dilakukan pemeriksaan pada bagian kapasitor elektrolit PSU dan jalur koneksi PSU. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan pada bagian sekering pico yang terdapat pada bagian controller. Jika sekering menunjukkan nilai ohm yang tinggi, maka perlu dilakukan penggantian. Kemudian, akan dilakukan juga pengecekan pada kabel NVDS yang menghubungkan mainboard ke papan controller. Setelah itu, akan dilihat juga bagian patrian timah, resset kabel ribon, serta komponen lain yang berhubungan dengan papan controller.

Garis-garis pelangi yang muncul pada TV LCD dan LED dikenal dengan istilah rainbow screen. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan pemeriksana terhadap kabel LVDS dari mainboard ke controller. Hal ini bertujuan untuk mengecek apabila ada kabel yang longgar. Selain itu, dilakukan juga pengaturan ulang FPCB dari controller board ke driver board. Sambungan solder pada konektor kabel ke board juga perlu diperiksa.

Apabila tidak muncul suara dan gambar pada TV LCD dan LED, teknisi harus mengecek bagian tegangan konektor yang menghubungkan board digital kontrol dengan board power supply. Pengecekan ini bertujuan untuk melihat masalah pada bagian sirkit inventer. Apabila sirkit inventer mengalami gangguan, bagian ini harus dilumpuhkan.

Jasa Service TV Tabung

Sama seperti TV LCD dan LED, TV tabung juga dapat mengalami berbagai macam kerusakan. Namun, penanganannya tentu berbeda dengan TV LCD dan LED. Contoh kerusakan pada TV tabung ialah perubahan warna pada layar, susah dinyalakan dan dimatikan,  serta TV dan monitor yang mati total.

Layar pada TV terkadang dapat berubah-ubah menjadi warna kuning, ungu, serta warna lainnya. Kerusakan ini disebabkan oleh timah solderan yang longgar ataupun rusak. Selain itu, kerusakan ini juga dapat disebabkan oleh gangguan pada bagian transistor.

TV yang susah dinyalakan serta susah dimatikan biasanya disebabkan oleh lemahnya daya untuk B+ travo osilator horizontal. Travo ini menyuplai tegangan pada bagian transistor horizontal. Untuk memperbaikinya, elco yang menyuplai ositator horizontal perlu diganti.

TV dan monitor yang mati total memerlukan pengecekan pada bagian sekering. Biasanya, TV yang mati total diakibatkan oleh sekering yang putus. Selain sekering, perlu dilakukan pengecekan pada seluruh komponen di bagian power regulator.

Anda bisa berkonsultasi mengenai berbagai masalah TV Anda dengan penyedia jasa service TV yang tersedia. Yuk pesan dan konsultasi sekarang!

Pesan Jasa Service TV >>

 

4.38/5 (13)

Rate this article!

Share This Article!

707 comments

  1. Agus Himawan says:

    sy ada tv toshiba, bbrp hari yg lalu saat di On kan, cuma lampu standby nya aja yg kedap kedip, itu rusaknya dimana ? dan kira2 biayanya berapa ?

    • dilma says:

      Bapak bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa yang bersangkutan dengan mengisi form https://sej.as/tv terlebih dahulu. Harga service tv disesuaikan dengan ukuran tv tersebut. Kami akan mengirimkan estimasi biaya serta kontak penyedia jasa 🙂

  2. Andi says:

    Assalamualaikum…
    Admin mau nanya untuk tv LG saya ada garis merah ditengah(skrang jd kuning) dan mulai muncul kayak serbuk putih dilayar dan makin lama makin seperti kabut putih…
    Itu kena LCD nya ya?
    Klo biaya ganti LCD brp?

    • dilma says:

      Iya pak, bisa jadi yang bermasalah itu di bagian lcd. Untuk biaya pergantian spare part sudah tertera di artikel sedangkan untuk harga part-nya bapak bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa yang bersangkutan. Silakan isi form https://sej.as/tv terlebih dahulu. Kami akan mengirimkan estimasi biaya serta kontak penyedia jasa 🙂

  3. Anonymous says:

    Assalamualaikum
    Saya mau tanya masalah TV LED saya ukuran 40 inch merek Sharp , masalah TV saya itu hilang semua Chanel siaran lalu saat saya scan ada siaran nya lagi dan saat saya matikan TV pakai remot itu selang beberapa menit menyala lagi dan buka mati , dan saat nyala lagi itu channel siaranya hilang lagi , sekian dan terima kasih
    Wassalamu’alaikum wr. wb

    • dilma says:

      Waalaikumsalam wr wb. Bapak bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa yang menangani masalah TV agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Silakan buat permintaan di https://sej.as/tv kami akan mengubungkan permintaan tersebut dengan penyedia jasa yang tersedia di lokasi Anda.

  4. Anonymous says:

    kalau tv gambar nya menyempit itu rusak apanya ya pak .. elco nya apa bikan
    kira kira kalau di bnerin biaya nya brapa ya pak

    • dilma says:

      Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa yang menangani masalah TV agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Silakan buat permintaan di https://sej.as/tv kami akan mengubungkan permintaan tersebut dengan penyedia jasa yang tersedia di lokasi Anda. Harga servis sesuai tipe TV dan sudah dijelaskan pada artikel di atas 😀

    • dilma says:

      Harga jasa service tergantung dengan tipe TV yang Anda miliki, sedangkan untuk biaya part yang akan diganti bisa didiskusikan dengan penyedia jasa terkait 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.