prinsip dasar interior

Wajib Tahu! Prinsip Dasar Desain Interior

Anda bukan seorang interior desainer tapi ingin rumah Anda seperti didesain oleh ahlinya? Dengan mengetahui prinsip dasar desain interior, Anda bisa mewujudkan ruangan yang memikat secara visual meskipun Anda masih amatir. Simak informasi berikut ini dan bersiaplah untuk merealisasikan hunian indah impian Anda.

Balance

Merujuk pada keseimbangan tinggi objek dalam sebuah ruangan. Keseimbangan ini diperoleh dari bentuk, warna, tekstur, dan pola. Untuk mendapatkan unsur ini, ada 3 prinsip yang kerap digunakan:

  • Simetris atau formal
kamar tidur interior balance
House and Home

Keseimbangan simetris didapat dari peletakan objek dengan cara yang sama di dua sisi berdasarkan garis imajiner atau nyata. Ketika ruangan dibagi 2, letak objeknya akan setara 50:50 seakan saling mencerminkan.

Misalnya, Anda menempatkan dua lampu tidur dan meja kecil di kedua sisi tempat tidur. Contoh lainnya adalah dua kursi pada dua sisi meja.

  • Asimetris atau informal 
living room prinsip dasar interior
Jessica Brigham

Tinggi objek sama dengan perbedaan warna, pola, bentuk, maupun tekstur. Anda jadi lebih fleksibel dalam merancang tampilan sebuah ruangan karena hanya perlu fokus pada satu indikator yaitu tinggi benda. 

Contoh, sofa besar yang ditempatkan berseberangan dengan dua kursi.

  • Radial balance
ruang makan dining room
Cella Jane

Dapatkan radial balance dari peletakan objek yang memutari focal point sebuah ruangan. Misalnya, ruang makan yang terdiri dari meja makan besar dengan kursi di seputarnya.

Tanpa adanya balance, tampilan ruangan tidak akan mendatangkan rasa puas.

Harmony 

Keselarasan menjadi salah satu unsur penting yang selalu dipertimbangkan dalam mendekorasi sebuah ruangan. Keselarasan ini diperoleh dari elemen yang saling berhubungan dan saling menyatu. Unity atau kesatuan ini tidak terpaku pada hasil dari kesamaan yang persis, melainkan sesuatu yang serupa.

Desain yang harmonis dapat diciptakan dari satu warna dasar yang sama serta permainan dari variasi bentuk, pola, dan tekstur. 

kamar mandi biru navy bath room
Net Luxury

Rhythm 

Rhythm atau ritme berarti ada pengulangan dan kontras yang menyenangkan untuk mata. Mata kita seolah diajak untuk menelusuri semua bagian ruangan. Ritme ini memberikan energi dan semangat pada sebuah ruang.

  • Repetisi

Pengulangan bentuk, warna, dan tekstur pada dekorasi. 

dekorasi dinding
Crystalin Marie
  • Progres

Gradasi warna atau sekelompok objek berdasarkan perubahan bentuk.

  • Kontras

Dua elemen yang bentuknya berlainan. 

  • Alternasi

Pergantian 2 atau lebih bentuk, warna, dan tekstur pada dekorasi. 

dekorasi lampu meja makan
Spruce and Pine

Proportion and scale

Proporsi menunjukkan hubungan objek satu dengan yang lainnya dalam ukuran. Scale atau skala berarti hubungan antara ukuran objek dengan ukuran ruangan. Meski terdengar mirip, proporsi dan skala punya makna berbeda.

ruang makan kecil meja makan

Architectural Digest

Misalnya, sebuah ruang makan yang sempit akan lebih cocok dengan meja makan ukuran kecil dibandingkan ukuran besar. Diimbangi pula dengan jumlah serta ukuran kursi yang sesuai dengan meja. Maka, ini akan terlihat menarik dan efisien secara proporsi maupun skala.

Nah, itu lah prinsip-prinsip dasar interior desain yang perlu Anda ketahui untuk mewujudkan rumah impian kapan pun. Sejasa menyediakan jasa pembuatan interior desain yang siap membantu Anda sesuai budget.

jasa bangun rumah minimalis

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.