25 Cara Mudah dan Murah Percantik Rumah

Ungkapan “mempercantik rumah” tidak melulu soal renovasi besar atau menggunakan jasa desain interior. Memperbarui suasana rumah dapat dimulai dari hal kecil dan sederhana. Berikut ini adalah 25 cara mudah dan murah percantik rumah yang pastinya ramah di kantong dan bisa dilakukan kapan pun. 

 

Pakai unsur alami

tanaman indoor
Harlowe James

Beli bibit tanaman hias atau pohon dalam pot dan letakkan di sudut yang hampa. Kalau ingin memberikan efek dramatis, Anda dapat menambahkan lampu di belakang tanaman tersebut.

Tata ulang rak buku

Tata ulang buku urutan genre, abjad, bahkan warna. Selain itu, Anda dapat mengecat bagian dalam rak untuk memberikan “nyawa” pada rak tersebut. Ganti pajangan di rak untuk kesan berbeda.

Lampu baru = suasana baru

Jangan ragu untuk eksplor ragam lampu, mulai dari rangka, warna, bentuk bohlam, dan lain-lain. Lampu tradisional hingga modern, patut dalam daftar pencarian Anda. 

Berikan wewangian

diffuser pengharum ruangan
The Interior Editor

Lilin dan diffuser memiliki banyak aroma yang cocok untuk rumah Anda. Jika menyukai wangi yang lembut, pilih opsi alami misalnya mawar, lavender, melati, gardenia, dan sebagainya.

Warnai langit-langit. 

Berikan sentuhan warna baru pada plafon dengan pengecatan. Dinding ke-lima ini dapat dihias seperti warna langit, warna netral, atau warna terang yang berani sekalipun.

Ekspos satu pajangan besar pada dinding

Bereskan tembok dari lukisan atau foto yang “ramai” dan tukar dengan sebuah visual yang besar sebagai statement pada ruangan.

Ciptakan tampilan tidak terduga

pajangan di atas pintu
Lonny

Jadikan “space” yang tidak terduga sebagai galeri seni rumah misalnya, di atas kabinet dan atas pintu.

Toples cantik untuk dekorasi dapur

Pikirkan mendekorasi dapur dengan toples kaca. Toples polos untuk kesan minimal dan bersih sedangkan toples berwarna untuk kesan segar.

Balut jendela dengan tirai indah

Jendela rumah perlu perhatian, lho. Ganti gorden lama dengan yang baru setiap beberapa waktu sekali ya.

Galeri seni “DIY”

Jangan biarkan foto keluarga, karya seni anak, atau lukisan favorit Anda hanya duduk diam dalam gudang. Anda perlu mencoba membuat bingkai sendiri untuk menambah nilai galeri keluarga.

Perbarui isi kamar mandi

kamar mandi
BHG

Tidak ada salahnya mengganti shower, wastafel, dan lampu kamar mandi yang sudah Anda pakai bertahun-tahun. Prosesnya pergantian pun tak makan banyak waktu.

Rapikan isi lemari

Merapikan lemari tidak hanya merapikan lipatan baju yang berantakan. Anda bisa mengatur berdasarkan jenis bahan, warna, jenis pakaian, atau sifat (formal, kasual, dan sebagainya). Beli hanger baru yang senada dengan warna lemari.

Tambahkan cahaya ke dalam ruangan

Letakkan cermin yang menghadap jendela terbuka agar cahaya dapat dipantulkan. Ruangan jadi lebih terang dengan cahaya alami.

Tempat sampah menawan

tempat sampah unik
Planete-Deco

Tempat sampah bukan berarti tidak penting dalam sebuah hunian meskipun fungsinya sebagai wadah pembuangan. Tempat sampah yang modelnya unik bisa meningkatkan nilai estetika ruangan. 

Perbarui peralatan masak

Ganti peralatan masak yang sudah patah, gosong, penyok, dan rusak. Investasikan pada material yang sifatnya tahan lama dan tidak lengket.

Ubah posisi perabot dalam ruangan

Cobalah untuk menggeser posisi meja, kursi, lemari, dan lain-lain ke posisi berbeda. Terlebih jika perabotan sudah berada di posisi yang sama selama beberapa tahun. Mainkan ide kreatif Anda sebagai desainer interior rumah sendiri. 

Pertimbangkan kembali dinding yang kosong 

hiasan dinding tangga
Decorlovin

Jika ada dinding yang kosong di tempat Anda biasa berlalu lalang, mengapa tidak mencoba untuk mengisinya dengan foto keluarga, foto saat traveling, atau lukisan favorit.

Bersihkan secara menyeluruh

Hubungi jasa bersih-bersih rumah untuk pembersihan secara menyeluruh dan Anda akan merasa jauh lebih baik seketika!

Wallpaper-kan tembok

ruang kamar tidur wallpaper
Thou Swell

Kalau Anda tipe orang yang mudah bosan, aplikasikan wallpaper pada tembok dan Anda dapat menggantinya kapan pun Anda mau.

Kilapkan lantai kayu

Bersihkan lantai kayu Anda dan poles hingga kinclong. Rasakan rumah bersih mengkilap dan nikmati kesan yang lebih luas.

Mulai sebuah kebun mini di jendela

tanaman di jendela
Decor Demon

Koleksi tumbuhan seperti sukulen atau kaktus ukuran kecil dan letakkan dalam pot keramik dekoratif. Sejajarkan pada ambang jendela yang banyak memasukkan cahaya matahari. Tanaman ini akan tetap tumbuh meski dengan perawatan sederhana.

Segarkan barang antik

Kalau Anda punya barang antik seperti perabotan yang diwariskan oleh orang tua atau kakek nenek, jangan langsung diloakkan. Perbarui dengan cara dibersihkan, pengecatan ulang, ganti bahan kain pada sofa lawas, atau memoles material kayu agar semakin mengkilap!

Tentukan palet warna sebuah ruangan

interior dekorasi krem beige
Sample Board

Demi memberikan kesan ruangan yang saling menyatu dan “bercerita”, mulai dengan menentukan ruangan yang akan dirombak. Lalu, pilih satu warna utama dan selaraskan dengan ornamen pada ruangan itu. Misalnya, ruang tamu akan diubah jadi bernuansa krem maka warna gorden, vas bunga, dan pajangan lain harus dibuat senada.

Peralatan makan baru

Buat momen makan bersama keluarga lebih berkesan dengan peralatan makan baru dengan warna yang senada. 

Mulai dari hal kecil

bunga dalam vas
The Pink Dream

Tambahkan dimmer pada setiap lampu, beli bunga segar favorit Anda di florist, rapikan rak bumbu dapur, apa pun! 

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.