22 Inspirasi Jendela Minimalis Cantik Nan Artistik

Rumah tanpa jendela bagaikan mentari terbit dari barat, alias mustahil! Jendela adalah bagian yang sangat penting pada  ruangan dan rumah. Selain fungsi utamanya sebagai sistem sirkulasi udara, jendela juga mampu mempermanis tampilan rumah. Jendela merupakan salah satu elemen yang pasti ada, dan itu kenapa beberapa orang tidak terlalu memperhatikan bentuk jendela nya. Yang penting ada. Padahal, salah pilih jendela bisa mengakibatkan nilai estetika sebuah rumah menjadi berkurang. Untuk rumah model minimalis, pastikan jendela yang dipilih pun jendela minimalis, supaya desain rumah Anda semakin indah dipandang.

Jendela Minimalis untuk Rumah Minimalis

Sejasa.com telah kumpulkan 30 inspirasi jendela untuk bahan referensi bagi rumah Anda, lho! Scroll hingga akhir, siapa tahu ada yang menarik hati Anda!

1. Ukuran jendela rumah minimalis sangat beragam. Untuk rumah yang memiliki pemandangan yang sangat indah biasanya yang paling sering dipilih adalah jendela yang berukuran besar. Tapi jendela kecil pun bisa diakali dengan memasang  gorden yang tinggi nya melewati jendela sehingga membuat jendela terlihat berukuran besar.

Jendela Minimalis
(Sumber: Tipsdesainrumah.com)

2.  Jendela yang memanjang ke bawah masih menjadi ukuran jendela rumah minimalis yang paling favorit di Indonesia. Hampir setiap rumah minimalis tipe 45 menggunakan jendela yang memanjang ke bawah seperti gambar di bawah.

Jendela Minimalis
(Sumber: Pinterest.com)

3. Jendela teralis minimalis. Menggunakan teralis untuk jendela minimalis bukanlah ide yang buruk. Asalkan sesuaikan warna kisi-kisi dengan warna jendela yang Anda pilih.

Jendela Minimalis
(Sumber: Rumahminimalis.click)

4. Model jendela rumah unik. Di depannya terdapat rak yang bisa memberikan tempat lebih untuk Anda meletakkan barang-barang. Bukan hanya untuk meletakkan barang, rak ini juga mampu mempermanis ruangan.

Jendela Minimalis
(Sumber: Rumahminimalis.click)

5. Jendela ruang tamu. Biasanya jendela model ini cocok untuk ruang tamu. Karena biasanya pajangan berupa foto, lampu dan hiasan-hiasan kecil biasanya diletakkan di ruang tamu.

Jendela Minimalis
(Sumber: pinterest.com)

6. Jendela minimalis dengan rak. Di Indonesia model jendela minimalis seperti ini masih cukup jarang. Di depan jendela yang menghadap ke dalam rumah disediakan tempat untuk meletakkan barang-barang layaknya rak penyimpanan barang.

Jendela Minimalis
(Sumber: Livinblinds.com)

7. Model jendela kayu. Hampir setiap model rumah, rumah minimalis maupun model lainnya cocok menggunakan model jendela kayu. Tinggal sesuaikan saja ukurannya dengan rumah Anda dan warnanya dengan interior rumah Anda.

Jendela Minimalis
(Sumber: Rumahminimalis.click)

8. Model kusen jendela ruang tamu. Jendela yang satu ini terdiri dari dua bagian. Bagian atasnya dipasangkan teralis, sementara jendela di bagian bawah dibiarkan kosong.

Jendela Minimalis
(Sumber: Rumahminimalis.click)

9. Jendela minimalis modern. Mirip dengan model jendela sebelumnya yang terdiri dari dua bagian, jendela ini bagian bawahnya bisa dibuka, dan sebaliknya jendela bagian atas tidak bisa.

Jedela Minimalis
(Sumber: Rumah.com)

10. Jendela yang indah menjadi pelengkap untuk melewati quality time di ruangan favorit bersama keluarga semakin sempurna dengan letak dan ukuran jendela yang memungkinkan Anda menikmati pemandangan alam yang indah di sekeliling rumah Anda.

Jendela Minimalis
(Sumber: rumah.com)

11. Model jendela panjang. Jendela model ini cocok diletakkan di dapur, dekat dengan kompor. Sehingga asap masakan Anda bisa langsung keluar tanpa harus memenuhi rumah.

Jendela Minimalis
(Sumber: Rumahminimalis.click)

12. Penuhi satu dinding dengan jendela. Jendela yang memanjang memenuhi satu dinding membuat ruangan ini terlihat sangat luas dan terang.

Jendela Minimalis
(Sumber: Trendir.com)

13. Meletakkan jendela dengan ukuran besar di dapur merupakan pilihan yang sangat tepat, karena udara bisa bersirkulasi dengan baik.

Jendela Minimalis
(Sumber: rumah.com)

14. Model jendela kamar depan. Jendela kamar tidur dan jendela ruang tamu pada desain di bawah ini memiliki model yang sama. Jendela diberi tirai yang cukup untuk menutup jendela yang besar ini secara keseluruhan.

Jendela Minimalis
(Sumber: homedd4u.com)

15. Memilih ukuran kusen pintu dan jendela minimalis yang sama mampu membuat ruangan tampak sangat terang dan luas. Cahaya matahari bisa masuk dengan sangat leluasa.

Jendela Minimalis
(Sumber: archiexpo.fr)

16. Pada bagian utama rumah yaitu ruang tamu, Anda bisa memilih model jendela rumah bagian depan seperti gambar di atas. Memilih untuk melingkari ruang tamu seluruhnya dengan jendela membuat rumah Anda  terasa segar, apalagi jika Anda memiliki taman yang hijau.

Jendela Minimalis
(Sumber: discotire.com)

17. Kusen jendela kamar tidur yang satu ini memiliki bentuk yang polos, sesuai dengan desain kamarnya yang cukup simpel tapi terlihat sangat nyaman untuk tempat beristirahat.

Jendela Minimalis
(Sumber: myhomeideas.com)

18. Model jendela kamar utama. Jendela yang sangat besar ini hanya memiliki bingkai yang tipis sehingga memungkinkan pemilik kamar bisa menikmati pemandangan di depannya dengan leluasa.

Jendela Minimalis
(Sumber: yastusa.com)

19. Jendela berbingkai putih. Banyak model yang bisa dipilih untuk model kusen jendela kamar tidur. Menyesuaikan bingkai jendela dengan warna yang paling mendominasi di kamar semakin memberi kesan rapi dan bersih pada kamar.

Jendela Minimalis
(Sumber: rumah.com)

20. Jendela di samping area membaca buku. Menghabiskan waktu santai dengan membaca buku atau sekedar tidur siang di samping jendela besar yang bisa meniup angin sepoi-sepoi mampu memanjakan Anda untuk menikmati waktu luang.

Jendela Minimalis
(Sumber: trendier.com)

21. Jendela besar di samping koridor. Apabila rumah Anda memiliki koridor di tengah-tengahnya, pilihlah jendela yang sangat besar. Apalagi koridor tersebut bersebelahan dengan taman, jendela akan menampilkan pemandangan taman indah yang dapat dinikmati dari dalam rumah.

Jendela Minimalis
(Sumber: Trendir.com)

22. Jendela di dekat bunga. Apabila Anda senang menyimpan bunga di dalam rumah, pilihlah jendela yang ukurannya memungkinkan sinar matahari yang masuk ke rumah Anda cukup dan dapat menyinari bunga-bunga Anda sehingga tetap segar.

Jendela Minimalis
(Sumber: Ikea.com)

itu tadi inspirasi jendela minimalis untuk rumah minimalis Anda. Biasanya yang menjadi ciri khas jendela minimalis adalah ukurannya besar , modelnya sederhana dan tak memiliki ukiran,  serta memiliki kaca yang besar. Terdapat bergabagi macam jenis-jenis jendela. Jenis jendela dibagi berdasrkan fungsi nya. Supaya tak salah pilih, berikut kami rangkumkan jenis-jenis jendela dan fungsinya.

Jenis-jenis Jendela Minimalis

1. Sliding Window

Sesuai dengan namanya, sliding window adalah jendela yang dibuka dengan cara menggeser kaca nya ke kiri dan ke kanan. Jendela jenis ini biasanya ditempatkan di dapur atau kamar. Jendela ini juga bisa dijadikan pilihan untuk ruangan yang tak terlalu lebar karena cara membukanya hanya perlu digeser.

Jendela Minimalis
(Sumber: homecaprice.com)

2. Single Hung Window

Jendela jenis ini adalah jendela yang memiliki satu daun jendela yang terbagi dua bagian. Tapi meski memiliki dua bagian, yang dapat dibuka hanyalah satu bagian. Bagian atas atau bawah saja.

(Sumber: Rumahseminimalis.com)

Jendela Minimalis
(Sumber: keribrown.com)

3. Double Hung Window

Kebalikan dari jenis single hung, tipe ini memiliki dua daun jendela yang ukurannya tak selalu sama. Kedua  bagiannya bisa dibuka. Satu bagian digeser ke atas, dan  satu lagi digeser ke bawah. Model jendela ini cocok untuk ruang tamu serta kamar tidur.

Jendela Minimalis

4. Casement Window

Jendela minimalis yang satu ini memiliki engsel di bagian samping. Engsel ini memungkinkan Anda membuka jendela selebar-lebarnya sehingga udara segar bisa dengan bebas masuk ke rumah Anda. Jendela ini cocok untuk ruangan yang paling sering Anda gunakan dengan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama.

Jendela Minimalis
(Sumber: Rumahminimalis.click)
Jendela Minimalis
(Sumber : stegbar.com.au)

5. Stationary Window

Jendela minimalis yang satu ini biasanya diletakkan di tempat yang Anda tak ingin angin bisa berhembus ke dalam ruangan. Karena jendela ini tak bisa dibuka dan tak bisa ditutup. Jendela ini cocok diletakkan pada kamar mandi.

Jendela Minimalis
(Sumber: mochacasa.com)

6. Awning Window

Jendela ini memiliki engsel di atas dan biasanya disatukan dengan jendela stationary yang tak bisa dibuka. Tapi di Indonesia sendiri jenis ini jarang digunakan, karena biasanya diletakkan pada ruangan yang pendek seperti ruang basement yang sempit dan tak memiliki ruangan yang cukup lebar unuk membuka jendela.

Jendela Minimalis
(Sumber: sunnyquick.com)

7. Picture Window

Mirip dengan stationary window jenis ini tak dapat dibuka. Beda nya, picture window memiliki ukuran yang besar, biasanya diletakkan pada rumah yang memiliki pemandangan indah sehingga melalui jendela ini Anda dapat mengamati pemandangan rumah Anda dengan sempurna.

Jendela Minimalis
(Sumber: blogaboutmia.com)

Kini Anda telah mengetahui jenis-jenis jendela berdasarkan fungsinya. Ke-tujuh jenis jendela minimalis di atas bisa Anda jadikan pilihan jendela untuk rumah minimalis Anda. Jangan lupa pilih berdasarkan fungsi nya, ya!

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?
Jasa Bangun Rumah

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang! >>

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.