ruang tamu minimalis

25+ Inspirasi Ruang Tamu Minimalis Indah dan Nyaman

Seperti namanya, ruang tamu merupakan tempat yang didesain untuk menjamu tamu, juga seringkali difungsikan untuk tempat berkumpulnya keluarga. Selain membuat tamu-tamu Anda kagum dan terkesan, ruang tamu yang indah dan nyaman mampu menyejukkan hati dan pikiran Anda dan keluarga yang penat setelah lelah beraktivitas di luar rumah. Ada banyak jenis desain yang bisa kita pilih untuk ruang ini, dan salah satu yang menjadi favorit adalah konsep ruang tamu minimalis. Hingga kini, gaya rumah minimalis masih menjadi pilihan banyak orang. Konsep minimalis ini dianggap sebagai tipe yang paling sesuai untuk mendapatkan kesan modern, sederhana, rapi, dan bersih. Sempurna bagi Anda yang memiliki maupun menginginkan gaya hidup minimalis!

25 Ide Desain Ruang Tamu Minimalis

Demi desain ruang tamu yang mengesankan, seringkali pemilik rumah pusing dan kebingungan. Oleh karena itu, kali ini, Sejasa.com akan membagikan  25 kreasi desain ruang tamu minimalis yang indah dan nyaman, hasil pengerjaan dari kontraktor maupun desainer interior yang terdaftar pada platform Sejasa.com! Penasaran?

1. Beragam bentuk dan warna dalam satu ruangan. Meski desain minimalis identik dengan kesan rapi dan sedikit variasi bentuk, bukan berarti menjadi batasan bagi Anda untuk berkreasi. Anda dapat memadukan jenis sofa yang berbeda dalam satu ruangan. Padukan sofa yang memiliki sandaran dengan yang tanpa sandaran. Sofa kecil berwarna biru ini contohnya. Ruangan tampak lebih luas, karena sofa tanpa sandaran ini tidak menutupi ruangan di sebelahnya.

Pengerjaan oleh: Communee Design

2. Ruang tamu minimalis type 36. Mengisi satu ruangan penuh dengan furnitur bukanlah ide buruk kalau Anda memberi perhatian pada tata letaknya. Meski sempit, pastikan ruang sirkulasi cukup. Jangan sampai menghambat Anda atau tamu berjalan melewati ruang tamu. Pilihan warna sofa, karpet, serta dinding yang senada memperindah tampilan ruang tamu minimalis Anda. Tambahkan lukisan penuh warna supaya menjauhkan ruang tamu Anda dari kesan membosankan.

Pengerjaan oleh: Communee Design

3. Biarkan ruangan tampak lapang dan luas. Memiliki ruang tamu dengan ukuran yang luas bukan berarti harus dipenuhi dengan berbagai macam furnitur.  Satu sofa berukuran besarpun cukup untuk ruang tamu yang memberi kesan luas. Tambahkan bantal yang berbeda warna denga sofa. Sofa langsung terlihat lebih manis dan berwarna.

4. Dekorasi ruang tamu tanpa sofa. Tak selamanya menjamu tamu harus di sofa, kan?  Untuk Anda yang masih memiliki usia muda, desain ruang tamu seperti ini sangat cocok apalagi Anda tinggal di rumah yang ukurannya tak terlalu besar.  Cukup satu sofa saja, ditambah karpet tebal yang ukurannya cukup besar untuk menutupi hampir seluruh ruang tamu.

Pengerjaan oleh: A+ Plan

jasa bangun rumah dan renovasi rumah

5. Cahaya mentari menembus seluruh ruangan. Menempatkan ruang tamu di samping jendela yang sangat besar merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan ruang tamu yang terang benderang tanpa perlu menghabiskan biaya listrik yang banyak di siang hari. Tambahkan tumbuhan hijau yang cukup besar supaya semakin memberi kesan segar pada ruang tamu minimalis Anda.

Pengerjaan oleh: Aedi Interior

6. Tanaman hijau dalam ruang tamu. Tak hanya agar ruangan terasa segar, tanaman hijau juga bisa dijadikan interior ruang tamu yang indah. Masukkan ke dalam vas yang besar lalu letakkan di samping sofa, atau masukkan ke dalam vas yang kecil kemudian simpan di rak dinding, bersebelahan dengan interior lain yang semakin memperelok ruang tamu minimalis Anda.

Pengerjaan oleh: Aedi Interior

7. Desain ruang tamu minimalis ukuran 3×3. Cukup tempatkan 2 hingga 3 sofa untuk ruang tamu ukuran ini. Pastikan furnitur tidak menghalangi ruang gerak Anda. Pajangan foto-foto keluarga masih menjadi hiasan dinding yang paling digemari untuk memenuhi dinding ruang tamu. Pilih pigura yang bahannya sejenis agar hiasan dinding Anda terlihat rapi dan sedap dipandang.

Pengerjaan oleh: Arch-ID

8. Ruang tamu tanpa karpet. Bagi Anda yang masih memiliki anak kecil, karpet pada ruang tamu bukanlah ide bagus karena sering kali ketumpahan minuman, makanan, dan yang lainnya. Ruang tamu yang indah tak selalu harus dilengkapi dengan karpet. Penuhi sofa dengan bantal yang berwarna-warni untuk mengakali lantai yang kosong.

Pengerjaan oleh: Arch-ID

9. Ruang tamu luas tanpa sekat. Biarkan satu ruangan yang sangat luas tetap terlihat luas tanpa ada sekat yang membatasi. Anda bisa membuat satu ruangan terdiri dari dua bagian, yaitu ruang tamu dengan ruang menonton tv atau ruang tamu dengan ruang makan tanpa ada sekat yang akan membuat rumah tampak sempit. Posisikan sofa antara dua bagian ruangan berlawanan, sehingga tampak ada dua bagian dalam satu ruangan.

Pengerjaan oleh: Batamora

10. Ruang tamu di samping taman. Anda memiliki taman yang luas? Tempatkan ruang tamu Anda di sampingnya. Tambahkan jendela yang besar sehingga pemandangan indah bisa Anda nikmati dari ruang tamu minimalis Anda. Bukan hanya pemandangan yang indah, sinar mentari pun bisa menembus ke dalamnya.

Pengerjaan oleh: Batamora

jasa bangun rumah minimalis

11. Ruang tamu minimalis ala Korea. Jangan ragu untuk mengaplikasikan dekorasi ruang tamu dari negeri gingseng ini.
Desainnya simpel tapi nyaman dipandang mata apalagi dipakai untuk menjamu tamu atau sekedar bersantai menonton TV. Paduan warna abu-abu dan putih semakin memperindah tampilan ruang tamu minimalis Anda.

Pengerjaan oleh: Decova Interior

12. Guci dengan desain sederhana. Tambahan elemen guci dalam ruang tamu biasanya identik dengan dekorasi rumah yang mewah bergaya klasik. Tapi guci yang sederhana bisa dijadikan pilihan untuk ruang tamu minimalis Anda. Pilih warna guci yang senada dengan salah satu furnitur di ruang tamu Anda agar tampilannnya sesuai dan rapi.

Pengerjaan oleh: Decova Interior

13. Desain ruang tamu mewah. Ingin mendapat kesan mewah tapi tetap bergaya minimalis, desain berikut bisa Anda jadikan inspirasi. Meletakkan sofa dan furnitur lainnya berjauhan membuat ruangan terlihat luas dan terisi penuh. TV yang besar akan terlihat semakin besar saat Anda memilih menggantung TV pada rak TV yang besar.  Warna abu-abu pada dinding rumah juga membuat ruang tamu minimalis semakin mewah dan indah.

Pengerjaan oleh: Decova Interior

14. Ruang tamu kecil namun elok. Komposisi furnitur yang sesuai memberikan kenyamanan maksimal bagi ruang tamu Anda. Tak perlu tambahkan perobatan yang tak terlalu penting dalam ruang tamu yang sempit. Jangan ragu menambahkan pelengkap sofa Anda seperti bantal juga boneka.

Pengerjaan oleh: Rekamagna

15. Desain ruang tamu minimalis serba rapi. Warna-warna netral seperti putih, abu-abu dan coklat membuat ruang tamu terlihat rapi. Furnitur yang digunakan pun tak terlalu banyak, dengan bentuk yang setipe. Tak perlu banyak elemen tambahan untuk mempermanis ruangan. Lukisan pada dinding serta tanaman di atas mejapun cukup mempermanis ruang tamu.

Pengerjaan oleh: Graharupa Studio

16. Penuhi satu ruangan dengan warna coklat! Meskipun seluruh furnitur, lantai serta dinding berwarna coklat, jendela yang sangat besar membuat ruangan tetap terang, sebab cahaya matahari bisa masuk dengan bebas memenuhi seluruh ruang tamu. Tambahan bantal pada stationary window menambah tempat untuk duduk bersantai membaca buku atau sekedar menikmati pemandangan di luar.

Pengerjaan oleh: Hierarchie Design Studio

17. Ruang tamu minimalis serba putih. Desain dengan warna putih sangat menarik karena warnanya yang fleksibel dan disukai setiap orang. Hampir semua perabot dalam ruang tamu minimalis ini berwarna putih kecuali TV dan beberapa elemen lainnya yang tak terlalu kelihatan. Tambahan beberapa patung dan hiasan yang juga berwarna putih membuat ruang tamu semakin elegan.

Pengerjaan oleh: Joen Design

18. Sekat ruang tamu bisa dijadikan hiasan. Lemari yang ditempelkan pada sekat antara ruang tamu dan tangga dimanfaatkan secara maksimal. Selain untuk jadi pegangan pada tangga, bisa juga dijadikan tempat menyimpan hiasan ruang tamu. Guci kecil serta pajangan membantu menjauhkan ruang tamu minimalis ini dari kesan polos.

Pengerjaan oleh: La Casa Interior

19. Lemari buku bisa dijadikan pelengkap interior.  Penggemar buku pasti senang berlama-lama menghabiskan waktu santai di ruang tamu yang menyediakan lemari besar untuk koleksi buku. Tambahan hiasan guci serta lukisan di atas lemari membuat ruang tamu semakin bagus.

Pengerjaan oleh: La Casa Interior

20. Furnitur Berbahan Kayu. Furnitur berbahahan kayu mendominasi desain ruang tamu minimalis yang satu ini. Desainnya cukup sederhana, tapi sentuhan kayu membuat rungan yang sederhana menjadi menyenangkan untuk menghabiskan waktu berlama-lama di dalamnya.

Pengerjaan oleh: La Casa Interior

21. Ruang tamu untuk pecinta buku. Rak gantung pada dinding disiapkan sebagai tempat untuk menyimpan buku. Di samping sofa juga ditempatkan keranjang untuk buku yang paling sering dibaca, dan meja yang cukup besar dapat dijadikan tempat menyimpan buku juga. Desain yang didominasi warna putih ini dipermanis oleh hiasan tanaman hijau di pot yang kecil. ‘

Pengerjaan oleh: La Casa Interior

22. Ruang tamu minimalis dengan dinding bata putih. Lukisan besar yang ditempel tepat di depan dinding menjadikan dinding bata tampak seperti bingkai dari lukisan. Desain ini sangat cocok untuk untuk usia muda.  Dinding kaca  pemisah antara ruang tamu dan garasi yang menampilakan mobil menjadi seperti hiasan pun semakin menambah kesan sangat bergaya dan trendi.

Pengerjaan oleh: Linne Studio

23. Ruang tamu minimalis menawan dipenuhi lukisan. Tak selalu harus ditempel di dinding, desain ruang tamu minimalis yang satu ini memilih meletakkan lukisan di atas rak dinding. Tidak merusak dinding, tapi tetap memberi nilai estetika pada ruang tamu yang terlihat mewah dan menawan.

Pengerjaan oleh: MIVE Design

 24. Desain ruang tamu minimalis dengan pafon tinggi. Cara paling mudah untuk mengakali ruang tamu sempit agar terlihat luas adalah dengan membuat plafon yang cukup tinggi. Tak hanya semakin luas, ruang tamu juga terasa semakin segar. Lampu hias gantung pun semakin mempercantik tampilan ruang tamu minimalis ini.

Pengerjaan oleh: Ruang Komunal

25. Paduan warna netral dengan furnitur berbahan dasar kayu.  Perpadua lantai, pintu,  meja, serta rak tv berbahan dasar kayu dengan sectional sofa putih dengan tambahan bantal berwarna cerah menjadikan desain sofa minimalis ini sangat indah dan layak dijadikan salah satu referensi untuk ruang tamu minimalis Anda.

Pengerjaan oleh: Sujud Gunawan

Tips Menerapkan Konsep Minimalis pada Ruang Tamu

Selain menjadikan gambar-gambar di atas sebagai inspirasi untuk ruang tamu Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan desain dengan model minimalis. Berikut Sejasa.com bagikan tips desain minimalis untuk inspirasi ruang tamu Anda

1. Perhatikan Kombinasi Warna

Jangan gunakan kombinasi warna yang berlebihan. Cukup tiga hingga empat warna saja. Misalnya sofa, meja, dan lemari berwarna hitam padukan dengan karpet, cat, lampu berwarna putih. Lalu lantai dan elemen-elemen besar lainnya berwarna cokelat kayu. Perhatikan juga untuk tidak menabrak warna-warna yang sifatnya kuat. Bila memang ingin menambahkan warna kuat, pastikan kombinasi warna lainnya bersifat lembut.

2. Desain Serba Rapi dan Bersih

Membiarkan kabel, buku, serta berbagai barang-barang tercecer akan membuat tampilan tak sedap dipandang mata. Tambahkan lemari yang memiliki penutup akan menciptakan kesan rapi dan bersih. Desain yang bersih dan rapi akan semakin memanjakan mata dan menenangkan hati.

3. Pemilihan Furnitur

Pilihlah furnitur yang sederhana, tapi tetap terkesan elok. Tak perlu furnitur yang memiliki berbagai ukiran yang rumit, karena akan memberi kesan terlalu penuh dan jauh dari model minimalis. Sebaiknya Anda memilih ukiran yang geometris, misalnya garis-garis atau kotak-kotak. Ukiran tipe ini mampu menciptakan kesan yang elegan tapi tetap simpel. Untuk furnitur, pilihlah furnitur yang memang diperlukan. Sofa, meja, karpet, lemari, serta tv merupakan bagian penting pada ruang tamu. Anda tetap bisa menambahkan dekorasi untuk mempermanis ruang tamu Anda. Tapi ingat, jangan terlalu banyak meletakkan dekorasi, apalagi dekorasi yang memiliki desain berlebihan atau memiliki warna yang tidak sesuai dengan palet warna rumah Anda.

4. Perhatikan Tata Letak Furnitur

Hal ini sangat diperlukan agar ruangan jangan sampai terlihat terlalu berlebihan dan penuh. Pastikan ukuran furnitur Anda sesuai dengan ukuran ruang tamu. Perhatikan juga jarak antar furnitur. Jangan sampai perabotan menghalangi Anda berjalan melewati ruang tamu. Sediakan area sirkulasi dengan luas yang tepat. Jangan terlalu luas, tapi jangan juga terlalu sempit. Hal ini dikarenakan ruang gerak dalam ruang tamu sangat penting untuk memperbolehkan keluarga maupun tamu beraktivitas.

Itu dia 25 ide ruang tamu minimalis serta tips untuk menciptakan ruang tamu bergaya minimalis untuk rumah impian Anda. Jangan ragu untuk mengaplikasikannya pada ruang tamu, ya!

Butuh Jasa Desainer Interior Rumah Terpercaya?

Dapatkan jasa desainer interior untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa desainer interior sekarang! >>

Comments

comments

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.