taman minimalis

18 Kreasi Taman Minimalis Sederhana untuk Hunian Kecil

Rumah minimalis pada saat ini sedang menjadi pilihan bagi banyak orang. Ukurannya yang cenderung tidak terlalu besar dan tidak memiliki banyak furnitur di dalamnya memang menjadi sebuah ciri utama yang khas. Namun terkadang, rumah yang berukuran kecil terasa begitu sumpek. Ketika menginginkan suasana rumah yang hidup, Anda tentu perlu memberikan sebuah sentuhan baru. Contohnya adalah dengan membuat taman minimalis di rumah. Keberadaannya dapat membuat suasana menjadi lebih segar, sejuk dan juga menenangkan. Banyak dampak positif yang bisa didapatkan ketika berkebun, hal sederhana seperti menyiram tanaman bahkan dapat membuat kadar stres Anda berkurang! Menarik, bukan?

Inspirasi Model Desain Taman Minimalis Sederhana

Berikut koleksi gambar inspirasi model desain taman minimalis sederhana untuk rumah kecil Anda yang telah dikumpulkan Sejasa.com! Semoga di antara 20 gambar di bawah ini, Anda menemukan model taman yang Anda sukai untuk diaplikasikan di rumah Anda!

1. Taman minimalis di pinggir jalan setapak akan menjadi jawaban yang pas bila Anda memiliki lahan kecil di samping rumah. Buatlah jalan setapak dan berikan tanaman bambu dan tanaman semak lainnya. Tanaman bambu, ketika sudah tumbuh tinggi dan lebat, juga akan berguna menghalangi paparan langsung teriknya sinar matahari.

(sumber: chron.com)

2. Taman minimalis depan rumah. Untuk mengakali halaman depan rumah yang berlapis semen atau aspal, buat lahan tanah di pinggiran halaman dan tangga. Tanam rerumputan di sela-sela tapakan tangga untuk membuat halaman depan rumah Anda tampak lebih hidup.

(sumber: pinterest.com)

3. Pot buatan di pinggiran balkon adalah solusi untuk Anda yang menginginkan taman kecil, namun tidak memiliki halaman atau teras. Buat tempat tanaman dari semen di sekitar balkon. Letakkan juga kursi panjang untuk Anda dan keluarga Anda bersantai sambil bersenda gurau setelah hari yang melelahkan.

(sumber: pinterest.com)

4. Taman luas di dalam rumah. Menyisakan space di tengah-tengah rumah untuk taman? Mengapa tidak? Taman tersebut bisa menjadi bintang utama di rumah Anda, serta menjadi tempat berkumpul dan bermain yang menyenangkan.

(sumber: pinterest.com)

5. Beragam pot tanaman di setapak tangga, dengan berbagai bentuk dan ukuran, membebaskan Anda untuk berkreasi dengan jenis, bentuk, dan ukuran tanaman yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk menggunakan pot berwarna sama atau senada untuk menampilkan kesan minimalis.

(sumber: pinterest.com)

6. Menata taman depan rumah dengan bebatuan kecil akan membantu Anda mencapai gaya desain taman minimalis. Terlalu banyak tanaman akan membuat rumah Anda tampak berantakan. Buatlah proporsi yang tepat antara area tanaman dengan bebatuan atau kerikil kecil.

(sumber: pinterest.com)

7. Taman rumah mewah semi outdoor, dengan perabot kursi dan meja sederhana nan modern yang membuat Anda dapat menghabiskan waktu minum teh bersama pasangan. Jangan lupa untuk memasang teralis besi di atas taman untuk memproteksi rumah Anda dari kemalingan dan kejadian-kejadian tak diharapkan lainnya.

(sumber: pinterest.com)

8. Pagar taman klasik dari kayu, memberi tempat untuk tumbuhan merambat di rumah. Gaya klasik yang diberikan pagar kayu ini juga membuat rumah Anda memberikan kesan adem dan asri. Tempatkan dekorasi berupa batu buatan dengan variasi ukuran.

(sumber: pinterest.com)

9. Taman minimalis dalam rumah kini tengah populer di kalangan publik. Namun, bila penempatan dan desain tidak tepat, Anda akan kerepotan mengurus taman. Selain itu, pemilihan tanaman yang salah akan membuat bagian dalam rumah tampak berantakan.

(sumber: objetivoadeco.com)

10. Pot tanaman di atas lahan bebatuan. Daripada langsung menanam tumbuhan di halaman, berikan gaya yang lebih dengan melapisi lahan dengan bebatuan lalu meletakan pot dengan warna senada dengan bebatuan. Hal tersebut akan memberikan tampilan taman yang berbeda dari taman-taman biasanya.

(sumber: loveneliving.com)

11. Taman di pinggir jalan rumah dapat ditata secara rapi dengan membuat batasan yang cukup tinggi dengan tumpukan batu bata. Dengan begini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan tumbuhan Anda tumbuh liar menghalangi jalan.

(sumber: kohno-shizenen.com)

12. Taman sederhana dengan meja batu yang dapat digunakan ketika berkumpul dan mengadakan pesta barbeque. Perabotan yang Anda pilih untuk taman minimalis rumah juga harus seminimal mungkin, baik dari segi jumlah maupun desain.

(sumber: insideout.com)

13. Taman di sudut rumah, tak perlu menghabiskan banyak ruang di rumah. Dengan tumbuh-tumbuhan bunga berwarna-warni, serta lampu taman, rumah Anda pasti tampak semakin cantik.

(sumber: in-natural.jp)

14. Taman minimalis belakang rumah. Agar bisa bermain-main di taman tanpa kotor karena tanah, Anda dapat memenuhi sebagian besar taman dengan bebatuan kecil. Sedangkan, tanaman dapat Anda susun di sudut-sudut lahan. Berikan dekorasi bebatuan besar untuk mempercantik taman minimalis belakang rumah Anda.

(sumber: in-natural.jp)

15. Taman mini dengan tumpukan bebatuan. Anda dapat dengan mudah memiliki taman, hanya dengan menumpuk batu ceper untuk memagari lahan tanaman Anda. Setelah itu, Anda dapat mengisinya dengan tanah gembur dan menyusun tanaman sesuka hati.

(sumber: in-natural.jp)

16. Taman modern minimalis nan stylish, yang tertutup dan terpisah dari ruangan. Hal ini memungkinkan Anda untuk datang ke taman di saat Anda membutuhkan penyegaran. Desain semak-semak yang konsisten dan tersebar dengan rapi membuat taman Anda tampak modern, unik, dan tentunya… stylish!

(sumber: homedsgn.com)

17. Susunan pot semen berbentuk kubus besar, yang ditempatkan di pojokan rumah, memberikan nilai estetika tersendiri bagi rumah Anda. Tutupi tanah dalam pot dengan bebatuan putih untuk memberikan kesan bersih dan rapi.

(sumber: greenhome.com)

18. Susunan tanaman yang rapi di pinggir halaman, dengan pemilihan jenis tanaman yang tepat pula. Anda harus pintar memadukan warna dan bentuk tanaman yang berbeda untuk mempercantik keseluruhan penampilan taman. Tentu menyenangkan bersantai meminum kopi atau teh di pinggir taman minimalis cantik di rumah.

(sumber: desiretoinspire.net)

Mewujudkan Taman Minimalis di Rumah Kecil Anda

Meski ukuran rumah yang tidak terlalu besar, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak memiliki taman minimalis di rumah. Karena hal tersebut dapat disiasati dengan hal-hal berikut ini!

1. Gunakan Pot

Hal ini tentunya dapat menjadi solusi jika memang tidak ada tanah yang terbuka sebagai tempat utama untuk tanaman dapat tumbuh. Gunakan pot dengan warna-warna yang netral seperti putih dan hitam atau biarkan warna pot semen Anda tetap seperti aslinya. Masih banyak barang-barang yang bisa Anda ubah fungsinya sebagai pot. Manfaatkan juga barang-barang bekas Anda seperti keranjang anyam, ember, kaleng susu, dan lain-lain. Lakukan juga kombinasi dari segi bentuk dan ukuran agar tidak terlihat monoton. Susun pot yang tinggi dan berisi tanaman yang lebih tinggi di belakang, dan yang berukuran lebih kecil di bagian depan.

2. Taman Vertikal dan Horizontal

Sisi tembok yang kosong di bagian luar rumah Anda dapat dimaksimalkan juga fungsinya menjadi taman dengan menggantungkan beberapa pot yang berisi tanaman. Dari susunan tanaman tersebut, Anda bisa mengkreasikan agar membentuk pola atau gambar tertentu. Taman vertikal bukanlah sebuah ide yang buruk untuk Anda coba lakukan di rumah.

Tidak hanya secara vertikal, Anda juga bisa menyusun tanaman berbaris secara horizontal. Ruang kosong di sudut tembok rumah pun bisa dimanfaatkan. Anda bisa langsung menggunakan media tanah atau juga bisa menggunakan pot yang bentuknya mengikuti tembok. Jangan beranggapan bahwa untuk memiliki taman perlu lahan yang luas dan berukuran besar. Dengan memaksimalkan ruang kosong dengan baik pun, taman bisa hadir untuk melengkapi rumah Anda!

3. Pilih Jenis Tanaman

Langkah selanjutnya adalah memilih tanaman apa saja yang akan digunakan. Tentu saja, ini harus disesuaikan dengan beberapa hal. Salah satunya adalah ukuran dari ruang kosong yang digunakan sebagai taman. Jika memang ukurannya tidak terlalu luas, jangan gunakan tanaman yang berukuran besar karena tentu akan terasa sempit. Namun sebaliknya, lebih baik gunakan tanaman yang berukuran kecil dalam jumlah yang banyak agar ruang kosong dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Jenis tanaman juga perlu disesuaikan dengan gaya rumah Anda. Biasanya yang sering digunakan adalah tanaman dengan ukuran batang yang ramping.

4. Perabot yang Tepat

Sesuai dengan ciri khas dari gaya rumah minimalis, pilihlah perabotan yang memiliki fungsi yang jelas dan hindari penggunaan ornamen. Jika Anda ingin menambahkan meja dan kursi pada taman, pilihlah yang dapat dilipat sehingga Anda bisa menyimpan meja dan kursi tersebut jika tidak dibutuhkan agar terhindar dari kesan berantakan.

Butuh Jasa Pembuatan Taman Terpercaya?
jasa pembuatan taman

Dapatkan jasa pembuatan atau tukang taman untuk rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa tukang taman sekarang! >>

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.