rumah kayu

20+ Desain Rumah Kayu Sederhana dan Klasik

Banyak orang jatuh cinta dan bermimpi untuk memiliki rumah kayu. Selain karena nilai klasik yang ditawarkannya, rumah kayu akan tampak unik dan spesial dibanding rumah lainnya. Rumah kayu juga memancarkan rasa hangat kekeluargaan serta kedekatan dengan alam, yang merupakan pemenuhan insting alami manusia. Pulang ke rumah tersebut akan terasa menenangkan dan juga kembali menyegarkan energi Anda yang telah terkuras seharian. Setelah menampilkan kumpulan inspirasi untuk tampilan luar (eksterior) maupun tampilan dalam (interior) rumah kayu, kami juga akan membahas kiat merawat rumah kayu yang akan sangat membantu Anda!

20+ Desain Eksterior & Interior Rumah Kayu

Tidak hanya menggunakan material kayu sebagai material utamanya, tidak sedikit yang memberikan sentuhan kayu pada interiornya, seperti lantai, langit-langit, perabot, dan masih banyak lagi. Berikut kumpulan inspirasi yang telah Sejasa.com kumpulkan untuk Anda yang ingin memiliki rumah kayu atau bernuansa kayu.

1. Tak cukup hanya rumahnya yang berbahan dasar kayu. Gerbang serta tempat bermain anak yang terbuat dari kayu ini terlihat sangat sesuai untuk rumah kayu yang mungin nan menawan ini.

Pengerjaan oleh: Sarang Dekor

2. Kombinasi kayu berwarna coklat dan putih ini sangat menjawab keinginan Anda yang ingin memiliki rumah minimalis dengan dominasi bahan kayu.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

3. Pilihan atap kaca tempered menampilkan kesan yang mewah dan bersih. Tambahan pintu serta jendela kaca semakin memanjakan pemiliknya menikmati pemandangan taman yang indah serta langit yang biru.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

4. Dekorasi rumah kayu semakin maksimal dengan pilihan patform bed pada kamar tidur. Panggung kotak berbahan kayu yang senada dengan dinding dan lantai kamar semakin membuat kamar ini nyaman dijadikan tempat beristirahat.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

5. Pajangan yang memenuhi dinding semakin menambah kesan artistik pada rumah kayu minimalis ini. Tumbuhan hijau memberi warna di antara furnitur berwarna coklat yang senada dengan atap dan laintai.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

6. Desain rumah minimalis yang satu ini memanjakan pemiliknya dengan kursi-kursi kayu di samping rumah untuk menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga, atau sekadar menikmati udara segar di pagi hari.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

7. Rumah yang kecil dimaksimalkan dengan mezzaine, yaitu ruangan tambahan yang letaknya di antara lantai dan plafon. Selain tak perlu menambah lantai, mezzanine ini juga memperindah desain interior rumah ini.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

8. Arsitektur rumah kayu minimalis yang satu ini tampak begitu sederhana tapi mampu mencuri perhatian dengan jendela serta pintu kaca yang sangat serasi dengan warna atapnya.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

9. Rumah kayu minimalis ini mungkin tampak sederhana. Tapi bangku di depannya membuat rumah ini istimewa. Bukan sekedar bangku biasa, bangku teras kayu ini ternyata merupakan sebuah ayunan.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

10. Rumah kayu minimalis yang bertingkat ini tampak kokoh dengan pilar-pilar kayu di  sisinya. Tambahan jembatan di atas kolam ikan yang lurus hingga pintu masuk rumah semakin memperelok arsitektur rumah kayu satu ini.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

11. Perpaduan kayu dengan batu alam pada dinding ruangan ini memberikan nuansa sejuk pada dapur rumah kayu ini. Cocok untuk hawa Indonesia yang tropis dan cenderung panas.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

12. Kamar tidur satu ini memilih warna dan bahan kayu yang sama untuk setiap furniturnya. Kamar ini lengkap dengan tempat tidur lipat yang warnanyapun senada dengan seluruh ruangan apabila dilipat.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

13. Rumah kayu ini tampak begitu asri dengan rumput hijau di halamannya. Tambahan bangku teras kayu berwarna putih yang senada dengan warna lantai menjadikan rumah ini tampak semakin indah dan rapi.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

14. Jendela kaca yang sangat besar berhadapan langsung dengan tempat tidur memungkinkan cahaya matahari masuk dan membangunkan pemiliknya di pagi hari. Tambahan hiasan kayu bakar di depan jendela semakin memperelok rumah kayu satu ini.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

15. Desain ruang tamu pada rumah kayu satu ini sangat unik karena posisinya lebih rendah dari ruangan lain. Tangga kayu semakin memperindah interiornya. Begitu juga dengan tanaman hijau yang mendapat sinar matahari langsung dari jendela kaca di atasnya.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

16. Arsitekur yang satu ini tampak sungguh megah. Letak geografis tanah yang tak rata diakali dengan tambahan panggung di sisi rumah yang menjadikan rumah ini semakin unik dan menawan.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

17. Rumah kayu yang satu ini memiliki loteng yang cukup luas untuk dijadikan sebuah kamar. Jendela yang cukup besar membuat cahaya matahari dapat masuk dan kamar menjadi terang.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

18. Kamar mandi yang terbuat dari kayu biasanya rentan menjadi lembap. Tapi kamar mandi kayu yang satu ini diatasi dengan membuat jendela yang cukup besar sehingga kamar mandi akan selalu kering.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

19. Desain mewah pada ruang tamu ini didapat dengan plafon yang dibuat tinggi dan jendela kaca yang berukuran besar. Ruangan ini menjadi luas dan semakin indah dengan furniturnya yang menawan.

rumah kayu
(sumber: pinterest.com)

20. Kamar yang terletak di atap rumah kayu ini dilengkapi dengan skylight window yang menjadikan kamar ini takkan kekurangan cahaya matahari.

(Sumber : evdekorasyonu.tv)

jasa bangun rumah

Bagaimana Merawat Rumah Kayu?

Merawat rumah kayu adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan pemilik rumah. Hal ini dikarenakan bahan kayu yang membutuhkan perhatian lebih. Bila tidak dirawat, rumah Anda akan cepat lapuk dan keropos karena digerogoti rayap. Apa saja yang harus Anda lakukan untuk merawat rumah kayu Anda? Ini tips dan triknya!

Coating Ulang Secara Rutin

Rumah yang memiliki elemen maupun perabotan berbahan kayu dianjurkan untuk melakukan coating ulang secara rutin, setidaknya tiap 6 bulan sekali. Terutama untuk elemen eksterior dari rumah yang langsung bersentuhan dengan efek cuaca. Angin, hujan dan sinar matahari merupakan musuh utama bagi elemen rumah dan furniture berbahan kayu. Pilihlah coating yang sesuai dengan fungsinya. Jika Anda memilih finishing dengan menggunakan plitur atau coating untuk mempertahankan serat kayunya agar terlihat, maka pilihlah plitur yang berkualitas sekaligus ramah lingkungan.

Pemusnahan dan Pencegahan Rayap Secara Berkala

Semua pasti tahu betapa rawannya kayu terhadap rayap. Apalagi bila kayu yang Anda pilih untuk membangun rumah tidak cukup berkualitas atau tidak dirawat intensif supaya bersifat anti rayap sebelum digunakan. Anda harus melakukan pengecekan secara rutin di tempat-tempat rawan rayap, terutama di sudut-sudut rumah.

Saat ini teknologi pemusnahan dan pencegahan rayap sudah semakin berkembang.  Jika bagian kayu di rumah Anda diserang rayap, lakukan pemusnahan sesegera mungkin. Lakukan konsultasi dan panggil jasa pest control untuk pemusnahan dan juga pencegahan rutin. Sejasa selalu siap membantu Anda!

Bersihkan Kayu dari Debu dan Kotoran

Debu-debu yang menempel pada kayu harus di bersihkan setiap hari.  Pembersihan dapat dilakukan dengan air pel dan kemudian harus langsung dikeringkan. Sedangkan, pencucian dinding kayu dapat dilakukan dengan jangka waktu yang tergantung pada tingkat kebersihan udara di sekelilingnya. Jika rumah Anda berada di daerah yang banyak debu dan polusi, anda dapat membersihkannya dengan menggunakan lap basah sesekali, agar debu tidak menempel dan merusak kayu.

Pencucian basah hanya boleh dilakukan sesekali. Karena bila terlalu sering dilakukan, dapat menyebabkan cat pudar dan terkelupas, juga memungkinkan kayu menyerap kelembaban yang akan sangat mempengaruhi umur kayu Anda. Perlu diingat, ketika anda membersihkan dinding rumah, lakukan pembersihan dari atas ke bawah supaya air tidak mengotori area yang sudah dibersihkan. Anda tentu tidak ingin bekerja dua kali, bukan?

Perhatikan Kebiasaan Anda di Rumah

Banyak kebiasaan-kebiasaan yang tidak Anda sadari dapat merusak rumah kayu Anda. Misal, dalam pemakaian dan penggunaan peralatan atau barang barang di dalam rumah. Ketika memindahkan perabot besar misalnya kursi atau meja, perabotan harus dipindahkan dengan cara diangkat, bukan digeser. Hindari juga gesekan langsung setiap permukaan kayu dengan barang barang tajam.

Tanaman di sekitar rumah juga harus diperhatikan, jangan biarkan dinding rumah anda tertutupi oleh pohon dan tanaman. Hal ini dimaksudkan agar dinding dan ruangan dalam rumah mendapatkan paparan sinar matahari sehingga kayu tidak lembab dan tidak mudah dijamuri atau dilumuti.

Asap dari ruang masak pun tidak boleh sering terkena langsung ke dinding atau perabot lain yang berbahan utama kayu. Bila terlalu sering terkena asap, kayu akan cepat kusam.


Nah, sekian inspirasi dan tips yang harus Anda perhatikan bila ingin memiliki rumah kayu. Memang banyak kelebihan maupun kekurangannya tersendiri ketika mempunyai rumah kayu. Namun, tetap saja rumah kayu menjadi pilihan populer di kalangan masyarakat. Bagaimana menurut Anda?

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?
Jasa Bangun Rumah

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang! >>

Comments

comments

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.