Gorden Minimalis

21 Model Gorden Minimalis untuk Mempermanis Ruang

Siapa bilang gorden hanya berfungsi untuk menutupi jendela dari sinar matahari yang masuk? Ketika Anda ingin mengubah suasana atau penampilan rumah, perubahan desain dan model gorden ternyata turut berpengaruh! Oleh karena itu, gorden harus memiliki desain yang indah dan menarik tanpa meninggalkan fungsi utamanya. Model gorden minimalis merupakan salah satu model gorden yang menjadi favorit banyak orang. Sentuhan gorden minimalis yang tepat akan menambah keindahan ruangan dan dapat memberikan kesan manis dan elegan. Maka dari itu, pada artikel kali ini, Sejasa.com akan menguraikan tips dan trik memilih gorden dan juga menampilkan 21 inpirasi model gorden jendela minimalis untuk Anda.

 Inspirasi Gambar Gorden Jendela Minimalis

Berikut koleksi 25 gambar inspirasi model gorden minimalis untuk mempermanis rumah Anda yang telah tim kami  kumpulkan untuk Anda. Ayo pilih model gorden nomor berapa yang paling Anda suka!

1. Gorden putih menerawang, selalu cocok dengan desain rumah apa saja. Penempatan tiang atas yang tidak menutup semua jendela sengaja dilakukan untuk memberikan pencahayaan alami di bagian atas, namun tetap menutupi aktivitas di dalam rumah dari pandangan luar.

Gorden Minimalis
(Sumber: www.urbanoutfitters.com)

2. Gorden jendela ruang tamu, dengan bahan tipis menerawang, memberikan keminimalisan yang mempermanis ruang tamu. Kehangatan yang diberikan warna kuning ini juga membuat ruang tamu terasa nyaman.

Gorden Minimalis
(Sumber: www.urbanoutfitters.com)

3. Model gorden 2 lapis, akan membantu Anda mengontrol cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Lapisan menerawang dapat digunakan ketika Anda ingin mengurangi teriknya cahaya alami, sedangkan lapisan biasa dapat digunakan untuk menutupi cahaya sepenuhnya atau menutupi akses pandangan dari luar.

Gorden Minimalis
(Sumber: www.pinterest.com)

4. Model gorden terpisah, yang ada pada masing-masing jendela, membebaskan Anda untuk mengatur pencahayaan sesuai preferensi. Warna abu tua memberikan suasana yang elegan dan mewah.

Gorden Minimalis
(Sumber: www.pinterest.com)

5. Gorden minimalis dengan sentuhan warna hazelnut. Sentuhan motif dan warna pada gorden minimalis tidak boleh berlebihan. Warna lembut hazelnut yang mengisi sedikit bagian dari gorden menjadikan gorden Anda tidak terlalu plain dan membosankan.

Gorden Minimalis
(Sumber: www.pinterest.com)

6. Model gorden mewah ini memiliki lipatan yang rapih dan kombinasi warna yang menunjukkan gaya elegan yang sempurna. Perpaduan warna biru gelap dengan warna emas selalu dapat menunjukkan kemewahan dan tentunya tampak “mahal”.

Gorden Minimalis
(Sumber: www.pinterest.com)

7. Gorden hitam sangat indah terpasang pada rumah minimalis yang mengangkat perpaduan warna monokrom. Model gorden hitam tanpa motif ini akan membuat ruangan terasa luas dan juga memberi kesan modern bagi rumah Anda.

Gorden Minimalis
(Sumber: www.pinterest.com)

8. Gorden jendela kamar tidur, harus memiliki warna yang sesuai dengan konsep desain kamar secara keseluruhan. Seperti gorden jendela kamar tidur ini, berwarna abu, sama seperti warna dinding dan perabotan yang digunakan. Dengan begini, kamar akan tampak rapi dan luas.

Gorden Minimalis
(Sumber: www.garrant.nu)

9. Gorden jendela bermotif sailor, dengan warna biru laut dan kombinasi setengah gorden bermotif garis-garis biru membuat rumah Anda tampak menyegarkan, namun tetap minimalis. Model gorden terpisah juga membuat jendela terlihat lebih rapi.

Gorden Minimalis
(Sumber: http://ideipentrucasa.ro)

10. Model gorden melayang. Dengan pemasangan yang pintar, Anda dapat membuat gorden tampak jatuh dari sela-sela plafon. Ketidakterlihatannya tiang penyangga membuat gorden tampak lebih minimalis.

Gorden Minimalis
(Sumber: http://dezeen.com)

11. Gorden tie-dye, yang tampak seperti dicelupkan pada warna tertentu, memberi nilai fun dan artistik tersendiri. Gunakan warna dasar putih dan pilih warna celup yang sesuai dengan palet warna rumah Anda agar tidak tampak bertabrakan.

Gorden Minimalis
(Sumber: http://madame.lefigaro.fr)

12. Model gorden bersilang akan menjadikan ruangan Anda tampak berbeda. Tidak banyak rumah yang memiliki model gorden bersilang, sehingga bisa dipastikan rumah Anda menjadi berbeda dengan rumah lainnya.

Gorden Minimalis
(Sumber: http://decoratedlife.com)

13. Gorden minimalis bohemian, memberikan desain yang klasik dan chic. Dengan bordir dan tassel rumbai di sepanjang gorden, model gorden ini akan menjadi pusat perhatian di rumah Anda.

Gorden Minimalis
(Sumber: https://www.westelm.com)

14. Flowy and soft, pemilihan kain yang tepat untuk gorden Anda dapat memberikan kesan ini dengan mudah. Walau tidak selalu, orden yang tampak berat seringkali tidak cocok dengan model rumah minimalis.

Gorden Minimalis
(Sumber: https://laurenconrad.com)

15. Full motive curtain ternyata bisa cocok dengan gaya rumah minimalis. Tapi, perhatikan motif dan warna yang Anda pilih. Jangan memadukan lebih dari 3 warna dan bermotif norak.

Gorden Minimalis
(Sumber: https://makeover.nl)

16. Gorden minimalis rose pink. Warna rose pink yang kini populer di industri fashion juga cantik digunakan sebagai gorden. Model gorden yang menjuntai indah tanpa menyentuh lantai pun semakin tampak elegan dan manis.

Gorden Minimalis
(Sumber: www.pinterest.com)

17. Elegant stripes, di sepertiga bagian bawah gorden memberikan sentuhan sederhana pada gorden minimalis Anda. Gorden yang tanpa motif seringkali tampak membosankan sehingga sentuhan ini memberikan warna tersendiri tanpa meninggalkan keeleganan gorden tanpa motif.

Gorden Minimalis
(Sumber: http://www.decoratingyoursmallspace.com)

18. Gorden bermotif uliran abstrak, dengan warna senada dengan dinding di belakangnya, menjadikan tampilan suasana ruang yang lebih stylish. Warna denim juga menjadi tren warna rumah tahun ini, lho.

Gorden Minimalis
(Sumber: http://www.hgtv.com)

19. Dekorasi tassel atau rumbai, tidak harus di bagian bawah gorden, tapi juga cantik tergantung di ring gorden bagian atas. Tassel putih pada kain biru denim memberikan tampilan yang unik pada gorden rumah Anda.

Gorden Minimalis
(Sumber: https://www.target.com)

20. Gorden minimalis gradasi monokrom, adalah pilihan desain gorden yang tepat bagi rumah minimalis modern Anda. Gayanya yang unik membuat banyak orang menginginkan desain gorden gradasi ini. Gunakan gradasi warna yang tidak berlebihan dan selalu gunakan warna putih atau hitam pada salah satu palet gradasi.

Gorden Minimalis
(Sumber: http://www.interiordesign.net)

21. Model gorden pita tidak menggunakan ring di atasnya melainkan kain gorden itu sendiri.  Model gorden ini memberikan tampilan yang sederhana namun klasik.

Gorden Minimalis
Sumber: http://images.horchow.com)

Tips & Trik Memilih Gorden Minimalis

Memesan atau membeli gorden tidak boleh sembarangan. Selain memilih jasa pembuatan gorden yang sudah berpengalaman, Anda harus mengetahui hal-hal apa saja yang penting untuk mendapatkan hasil akhir gorden yang sesuai dengan ekspektasi. Yuk, simak tips memesan gorden berikut!

1. Memilih Warna atau Motif

Saat dihadapi dengan pilihan warna atau motif, Anda tidak perlu bingung. Belilah kain gorden dengan warna atau motif yang sesuai dengan tema warna ruangan. Anda bisa memilih untuk menggunakan warna polos atau memilih motif yang memiliki warna tersebut. Coba juga warna gradasi atau ombre jika Anda ingin mencoba hal yang baru dan memberi sentuhan unik pada ruangan.

Bila Anda ingin menjadikan jendela sebagai titik fokus utama dalam ruangan, Anda disarankan untuk menggunakan gorden bermotif. Motif garis-garis dan bunga masih menjadi favorit sampai saat ini. Namun, gorden bermotif justru harus Anda hindari jika beberapa perabot di rumah Anda juga memiliki motif. Dengan begitu, ruangan tidak terkesan terlalu ramai.

2. Memilih Bahan Gorden

Selain jenis bahan katun dan kain sutera, ada beberapa jenis bahan gorden lain yang biasa Anda pilih. Dimulai dari jenis kain yang tipis dan agak transparan yang biasanya digunakan sebagai lapisan kain biasa. Ada juga kain linen yang memiliki tekstur yang cukup khas. Sedangkan kain dengan bahan blackout mampu menahan sinar matahari agar tidak masuk ke dalam rumah. Jika Anda menginginkan kesan mewah, gunakanlah bahan beludru. Tapi ingat, bahan beludru mudah ditempeli debu, oleh karena itu harus dibersihkan secara rutin.

 3. Menentukan Gaya Kain

Ada beberapa cara untuk menggantung gorden yang perlu Anda ketahui. Cara ini juga dapat disesuaikan dengan gaya rumah Anda. Hal yang terpenting adalah jangan biarkan gorden tidak menutupi jendela secara sempurna. Tetapi buatlah agar kain gorden Anda bersentuhan dengan lantai. Anda bisa menentukan apakah panjang gorden hanya sekedar bersentuhan dengan lantai, sedikit menjuntai, atau terkesan tergeletak yang tentunya membutuhkan kain yang lebih panjang. Untuk model rumah minimalis, disarankan untuk memilih gorden yang hanya sedikit bersentuhan dengan lantai.

 4. Ukur dengan Benar

Sebelum memasang tiang atas gorden di tembok, Anda perlu mengetahui cara memasang gorden yang tepat pada jendela. Pertama, jangan memasangnya terlalu dekat jendela, tetapi letakkan sekitar 20 sampai 30 cm dari ujung atas jendela untuk menciptakan kesan ruangan yang besar. Dari letak tiang gorden tersebut, Anda bisa mengukur dengan tepat berapa panjang gorden tersebut berdasarkan gaya dari gorden itu juga.

Lalu, pastikan juga panjang tiang atas gorden Anda lebih lebar dari ukuran jendela itu sendiri. Hal ini dimaksudkan agar ketika kain gorden dibuka, jendela dapat terlihat dengan jelas dan tidak terhalang oleh kain gorden yang menumpuk di ujung jendela dan membuat jendela terkesan rapi. Bila ukuran tiang atas gorden harus lebih besar dari lebar jendela, begitu pula halnya dengan lebar gorden. Perlu diperhatikan, lebar kain harus dibuat lebih lebar kira-kira 2 kali lipat dari lebar tiang gorden supaya kain membentuk pola yang berombak.

Itu dia beberapa inspirasi model gorden jendela minimalis beserta tips dan trik  memilih gorden untuk rumah idaman Anda! Untuk mendapatkan gorden yang sesuai dengan jendela rumah Anda,  jangan lupa terapkan tips di atas, ya!

Butuh Jasa Pembuatan atau Pemasangan Gorden Terpercaya?

Dapatkan rekomendasi jasa pembuatan dan pemasangan gorden di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa pembuatan gorden sekarang! >>

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.