renovasi rumah minimalis 2021

Renovasi Rumah Minimalis Sesuai Tren 2021

Dekade baru telah datang memberikan banyak harapan. Saatnya jadikan rumah semakin nyaman. Melakukan perbaikan atau renovasi dapat membangkitkan suasana hunian dan mood penghuninya. Beberapa tips ini cocok diterapkan untuk proyek renovasi rumah minimalis seperti rumah type 36, type 45, atau apa saja tipe rumah Anda sesuai tren 2021.

Sejak masa pandemi, kegiatan sehari-hari hampir sepenuhnya dilakukan di rumah. Ini sangat berdampak pada bagaimana pemilik rumah melihat, menggunakan, serta memaksimalkan huniannya. Dari sini, muncul kebiasaan baru pada masyarakat yaitu membuat rumah lebih kondusif dan nyaman demi menjaga produktivitas serta menjaga kesehatan jasmani dan rohani. 

Ruang-ruang privat

hallway home
Blesser House

Sebagian orang bekerja dari rumah dari awal pandemi hingga saat ini. Secara langsung maupun tidak langsung, kebutuhan akan ruangan privat untuk bekerja, belajar, dan berkarya turut meningkat. Beberapa cara membuat ruangan ini misalnya dengan membangun dinding permanen atau memakai partisi demi budget lebih murah.

Houseplants untuk suasana alami dalam rumah

houseplants
Instagram Plantismus

Di tengah pandemi, kebiasaan memelihara tanaman kembali populer. Beberapa tanaman indoor banyak dipilih karena perawatannya mudah serta cantik sebagai dekorasi. Mendekorasi tumbuhan dalam rumah patut dicoba agar hunian terasa asri, menyegarkan ruangan, serta menyehatkan penghuninya! Bagaimana bisa? Dilansir dari Healthline, bercocok tanam punya 7 manfaat bagi kesehatan manusia.

Manfaat memelihara tanaman hias

  1. Dapat membantu mengurangi stres

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology mengungkapkan bahwa tanaman dalam rumah/kantor mampu membuat pemiliknya merasa lebih nyaman, tenang, dan natural. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa bekerja dengan tanaman dapat mengurangi stres fisiologis dan psikis. 
  2. Tanaman asli bisa meningkatkan konsentrasi

    Satu studi sederhana melibatkan 23 pelajar sebagai partisipan. Mereka terbagi dalam grup belajar di ruangan dengan tanaman yang asli, palsu, foto tanaman, dan tidak ada tanaman sama sekali. Hasilnya, partisipan yang belajar di ruangan dengan tanaman asli lebih memiliki konsentrasi dan perhatian penuh dibanding kelompok lainnya.
  3. Bekerja dengan tumbuhan sifatnya terapeutik

    Para peneliti memanfaatkan terapi hortikultura bagi para pasien pengidap depresi, gangguan kecemasan, demensia, dan gejala lainnya untuk meningkatkan kesehatan mereka.
    Bahkan klinik kesehatan di Manchester, Inggris, memasukkan tanaman pot sebagai resep obat bagi para penderita gejala kecemasan dan depresi.
  4. Membantu mempercepat proses penyembuhan

    Suatu studi tahun 2002 menyatakan bahwa pasien dalam masa penyembuhan operasi yang melihat tumbuhan hijau, tidak membutuhkan banyak obat pereda sakit. Selain itu, jangka waktu menginap di rumah sakit pasca operasi jadi lebih singkat dibanding yang tidak melihat tanaman hijau sama sekali. 
  5. Meningkatkan produktivitas

    Beberapa studi menyatakan adanya peningkatan produktivitas ketika bekerja di ruangan yang ada tanaman, salah satunya penelitian tahun 2004 ini. Para peneliti mengarahkan para partisipan membuat asosiasi kata yang kreatif. Hasilnya, partisipan memberikan performa lebih baik ketika ada tanaman dalam ruangan mereka.
  6. Menambah pandangan saat bekerja

    Sebanyak 440 karyawan Amazon di India dan Amerika diwawancara oleh beberapa peneliti. Penelitian ini menyimpulkan bahwa karyawan yang bekerja dengan unsur alami dalam kantor punya tingkat kepuasan kerja dan komitmen lebih tinggi pada perusahaan dibanding yang tidak. 
  7. Kualitas udara dalam ruangan membaik

    Fakta ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh lembaga antariksa NASA pada tahun 80-an. Studi tersebut bertujuan untuk memperbaiki kualitas udara dalam pesawat ruang angkasa yang tertutup.
    Mereka menyimpulkan akar tanaman dan tanah mampu mengurangi volatile organic compounds (VOC) secara signifikan. VOC ini merupakan komponen kimia organik yang bisa menguap dan mencemari udara. 
Garden Shed tanaman indoor rumah
Kathryn J. Lemaster Art & Design

Manfaatnya luar biasa bukan? Memasukkan unsur alami dalam rumah pun tidak harus menggunakan tanaman mahal agar bisa mendapatkan khasiatnya. Cukup sediakan sedikit tempat yang sesuai karakter mereka. Anda bisa membuat rak khusus tanaman di dinding, menggantungnya, meletakkan di lantai atau meja pun bisa.

Renovasi ramah lingkungan

solar panel surya rumah ramah lingkungan
BDX

Selain Anda tanaman ke dalam ruangan, pilihan lainnya yaitu melakukan renovasi rumah minimalis Anda dengan material ramah lingkungan. Misalnya, mengganti ubin lantai ke bahan kayu atau bambu, memasang panel surya pada atap, menggunakan material bekas yang masih layak pakai dan sebagainya. 

Bagi yang ingin bangun rumah dari nol, konsep ini sangat tepat untuk diaplikasikan. Hunian yang lebih berdampak pada kebaikan lingkungan diprediksi akan besar di tahun ini.

 

Ubin lantai besar

ubin kamar mandi renovasi rumah minimalis
Tile Outlets

Ubin berukuran besar punya pengaruh pada tampilan rumah, khususnya pada hunian mungil. Peran ubin ini membuat ruangan terasa lebih luas. Selain itu, ubin yang besar berarti jumlah nat lebih sedikit. Nat atau celah antara ubin yang sedikit berarti mengurangi risiko kotoran yang menempel. Jadi, proses bersih-bersih dan perawatan akan lebih mudah.

Sedikit tips bagi yang ingin mengubah lantai kamar mandi dengan ubin besar. Pilih yang permukaannya matte untuk menghindari selip.

Kabinet dapur 2 warna

kabinet 2 warna
Design Sponge on Mountain Modern Life

Dapur akan terlihat lebih menarik kabinet dua warna. Warna monoton diprediksi tidak bersinar di dekade baru kali ini. Saatnya yang lebih berwarna yang berjaya! 

Jangan ragu untuk membuat kombinasi warna yang Anda suka. Anda bisa mengecat bagian permukaan atas dengan warna putih, lalu bagian bawahnya yang berisi rak dicat warna biru dongker atau hijau gelap.

Warna monokrom juga cantik, lho. Kabinet ini pasti akan menjadi pusat perhatian di dapur. Keuntungan lainnya adalah dapur akan terlihat lebih lapang dan tentu saja biaya pengecatannya terjangkau. 

Renovasi rumah minimalis dengan kayu

dinding aksen kayu renovasi rumah minimalis 2021
Lana Kenney

Unsur alami yang bisa jadi proyek renovasi rumah minimalis selanjutnya adalah kayu. Material ini diperkirakan bakal kembali populer, khususnya yang berwarna terang. Anda dapat memanfaatkannya untuk aksen interior, seperti dinding, lantai, serta langit-langit. 

meja kayu
West Elm

Jika merenovasi rumah dengan bahan kayu terkesan memberatkan, Anda boleh menambahkan furnitur kayu seperti coffee table, kursi kayu, rak, dan lain-lain. Kayu tak cuma memberikan kesan natural, tapi juga hangat dan nyaman. Dengan perpaduan warna cat yang tepat, kayu ini akan menampilkan kesan elegan dan gaya kontemporer!

Manfaatkan setiap sudut ruangan

shed ideas adu
The Spruce

Padatnya aktivitas di rumah akhir-akhir ini, membuat setiap ruang dalam rumah begitu berharga. Ketika ada space kosong, rasanya ingin segera dialihfungsikan jadi tempat yang mendukung produktivitas. 

Kini, permintaan akan ruang belajar dan bermain terpisah untuk anak semakin tinggi. Ruang belajar adalah ruangan yang tenang dan rapi. Ruangan berkreasi diciptakan untuk bermain dan berkarya secara bebas, sampai berantakan sekalipun.

Jika memungkinkan, Anda bisa menambah accessory dwelling unit (ADU). ADU merupakan ruangan tambahan berukuran kecil yang berdiri sendiri. Letaknya di lahan yang sama dengan hunian. ADU bisa dibangun secara menempel seperti di bawah tanah, di loteng, atas garasi, dan lain-lain. Boleh juga dibangun secara terpisah beberapa meter dari bangunan rumah. 

Interior serba cerah

interior cerah renovasi rumah minimalis 2021
Lars

Interior gelap dan monokrom minggir sedikit, waktunya interior serba cerah berjaya tahun ini! Warna cerah dan natural diperkirakan akan mendominasi tren interior kedepannya. Kuning, teal, merah muda, hijau, dan inspirasi warna alami lainnya sangat memungkinkan untuk diaplikasikan pada hunian. 

Ekstensi indoor ke outdoor

pintu geser sliding door
1st Folding Sliding Doors

Semakin ke sini, orang-orang ingin lebih mendekatkan diri (dan rumah) dengan alam. Oleh karena itu, bagian yang memisahkan antara indoor dan outdoor perlu mengalami sedikit perubahan.

Contohnya, memasang pintu kaca geser atau pintu lipat pada dinding yang menghadap taman. Tujuannya adalah demi mendapatkan aliran udara dari luar yang lebih banyak. Tambahkan layar anti serangga supaya nyamuk tidak mudah masuk ke dalam rumah.

Perbarui ruang kerja/belajar di rumah

home office renovasi rumah minimalis 2021
Michele Lee Wilson Photography

Ruangan yang sering dipakai maka perlu dibuat senyaman mungkin. Seperti halnya dengan home office dan ruang belajar. Home office maupun ruang belajar perlu diatur sedemikian rupa agar terasa tenang dan bebas gangguan. Terlebih untuk pelajar yang mengikuti kelas daring dan yang sering berpartisipasi dalam meeting jarak jauh.

Mempunyai ruangan yang dapat meningkatkan konsentrasi, semangat, serta produktivitas sangat mereka butuhkan. Luangkan sedikit waktu saat akhir pekan atau kapan saja yang Anda bisa untuk mendekorasi dan merapikan ruangan ini. Atur posisi meja, lampu, mengecek AC, bahkan mungkin mengecatnya agar nyaman digunakan.

Upgrade dapur rumah minimalis

dapur renovasi rumah minimalis 2021
SoLebIch

Tahun ini, dapur dipandang lebih serius sebagai ruang untuk multitasking. Semakin padatnya kegiatan memasak di dapur, maka perlu adanya peningkatan atau perubahan. Lakukan semua atau sebagian dari beberapa hal ini: memperbaiki yang hampir rusak, memperluas meja dapur, mengecek kran wastafel, kompor, dan sistem listrik di dapur, dan renovasi dapur besar-besaran.  

Manfaatkan semua sudut ruangan, juga berlaku pada dapur. Sisi yang kosong bisa dimaksimalkan untuk ruang penyimpanan bahan makanan. Tambahkan rak yang bisa ditarik untuk menyimpan bumbu dapur. Buat tempat sampah dalam lemari agar meminimalisir kotoran dan bau. Lakukan apa yang membuat Anda nyaman saat dapur “mengepul”. 

Material dengan perawatan mudah

kran air logam
Kohler

Banyak aktivitas seperti bekerja, belajar, dan bermain dilakukan di rumah. Itu sebabnya merawat rumah dengan cara yang lebih sederhana jadi suatu kebutuhan. Terlebih jika Anda memiliki hewan peliharaan. 

Pilih material yang tidak berpori seperti logam, kaca, dan kayu pernis, yang mudah dibersihkan. Gunakan permadani yang mudah dicuci pada ruang bermain anak. Praktis untuk digunakan sehari-hari, anak pun nyaman belajar dan bermain di rumah. 

Jadikan rumah makin bersih dan rapi

bersih rumah
Joe Lingeman/Apartment Therapy on The Kitchn

Tingkatkan kualitas dan kenyamanan rumah dengan menjadikannya selalu rapi dan bersih. Ini adalah hal yang mudah dan murah tapi butuh komitmen kuat dalam penerapannya.

Supaya tak mudah lupa, buat jadwal bersih-bersih yang bisa dilakukan seluruh anggota keluarga dan ditempel di tempat yang sering dilewati. Tak peduli sesempit apapun huniannya, kalau rumah sudah bersih dan bebas berantakan maka akan terasa lebih lapang.

Ganti rangka jendela

pasang jendela renovasi rumah minimalis 2021
The Spruce

Sudah waktunya mengganti jendela lama? Pikirkan untuk menggantinya dengan jendela yang lebih besar. Jumlah sinar matahari yang masuk akan lebih banyak, rumah anti pengap, hemat energi listrik, sekaligus ruangan terasa makin luas!  

Ruang khusus untuk memanjakan diri

reading nook home
THE HABITAT COLLECTIVE

Tahun lalu bukan tahun yang mudah bagi kita semua. Kita ingin membuat diri kita nyaman dan terhibur meski di rumah saja. Maka, muncul ide untuk memiliki ruangan khusus di mana kita bisa memanjakan diri sejenak seperti mendengarkan musik, membaca buku, bermain game, atau mungkin sekadar kontemplasi diri.

Tak harus luas, ruangan ini bisa menjadi zona bebas stres di rumah. Letaknya pun bisa di sudut ruangan atau space kosong lain yang bisa disulap jadi “tempat pelarian” sejenak.

Demikian 15 ide renovasi rumah minimalis yang bisa segera diterapkan agar Anda dan keluarga semakin nyaman meski di rumah saja. Semoga menginspirasi!

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.