10+ Tips Bersih-bersih & Disinfeksi Isi Rumah Brilian!

Bersih-bersih rumah terkadang menjadi beban karena terasa melelahkan. Saatnya ubah cara membersihkan dan merapikan rumah dengan tips dari kami! Gunakan tips bersih-bersih ini untuk agenda beberes dan disinfeksi rumah selanjutnya. Kerjanya akan lebih efektif, hasil bersih, serta hemat waktu dan energi!

Membersihkan kabinet dalam dan luar

bersih-bersih rumah kabinet
Studio Mcgee

Kabinet yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang atau bahan makanan di dapur bisa jadi tempat berkumpulnya debu. Remah-remah yang mungkin tidak Anda sadari telah jatuh akan membuat kabinet kotor. 

Bersihkan dengan vacuum cleaner dan sikat penyedot untuk menjangkau debu dan remah makanan. Lap bagian luarnya dengan kain lembap yang diberi sabun. 

Poles dengan minyak zaitun

Minyak zaitun tak hanya dimanfaatkan untuk kecantikan, tapi juga dalam merawat barang di rumah. Minyak ini menjadi alternatif dalam membersihkan stainless steel seperti panci, penggorengan, dan sebagainya. 

Caranya, tuang minyak pada kain dan lap secara melingkar untuk menuntaskan titik-titik kotor sekaligus memberi efek kilap.

Hilangkan penumpukan pada humidifier

Anda membutuhkan cuka demi mengatasi jamur dan kotoran yang menumpuk pada tangki air humidifier. Langkah membersihkannya yaitu tuang 2 cangkir ke dalam tangki dan buat gerakan memutar agar bagian itu basah merata.

Diamkan kira-kira selama 30 menit hingga 1 jam. Selanjutnya, sikat perlahan sisa-sisa kerak yang masih menempel di dinding tangki air.

Toilet bersih mengkilap, bebas dari kuman

tips bersih-bersih rumah toilet
Cote Maison

Tuang cairan pembersih mangkuk toilet dan diamkan setidaknya 5 menit sebelum disikat. Tak lupa juga aplikasikan tisu yang mengandung disinfektan pada dudukan serta tombol flush agar kumannya mati. 

Tirai bersih berkat kaos kaki

Gunakan kembali kaos kaki lama agar tirai bersih dari debu. Pakai kaos kaki pada satu tangan dan semprot air sedikit. Pegang tiap panel, atas dan bawah, dan lap secara menyamping. Cara yang mudah membersihkan debu pada tirai!

Disinfeksi spons Anda

Spons bertugas menyerap kotoran, lemak makanan, minyak, dan semacamnya pada segala permukaan. Spons menjadi sasaran empuk bagi kuman untuk berkembang biak. 

Disinfeksi dilakukan dengan meletakkan spons yang sudah dibersihkan dan lembap ke dalam microwave. Nyalakan selama 90 detik dengan kekuatan penuh. Jumlah kuman dan bakteri dapat berkurang hingga 99%.

Rawat jendela sampai gordennya

Yang perlu Anda lakukan adalah menggoyangkan gorden agar debunya jatuh. Pakai vacuum cleaner, gunakan tambahan yang khusus untuk kain. Aplikasikan pada tirai atau gorden dari atas ke bawah.

Jangan lupa vacuum bagian lantainya untuk menyedot debu yang berjatuhan tadi. Tips ini akan menghemat waktu Anda dalam merawatnya. 

Bebaskan gelas dari noda kerak

gelas bersih
Crate & Barrel

Campurkan 50% cuka dan 50% air. Balurkan pada gelas yang berkerak. Diamkan selama minimal 15 menit. Selanjutnya, sikat perlahan untuk mengangkat sisa noda yang masih menempel. Bilas sampai bersih lalu lap hingga kering.

Tumpas kerak dengan krim cukur

Masih soal membersihkan noda kerak. Yang dimaksud poin ini adalah kerak yang menempel kaca shower. Bahan yang akan dipakai yakni krim cukur. Gunakan krim pada permukaan kaca. Biarkan selama 15 menit lalu lap hingga bersih.

Sanitasi ponsel

Benda yang sering disentuh dan menempel pada benda lain adalah ponsel atau gawai Anda. Kuman dan bakteri dapat menempel dengan mudah pada permukaannya. 

Manfaatkan tisu basah yang mengandung alkohol atau tuang sedikit alkohol ke tisu. Lap secara menyeluruh. Cara yang sama bisa dipakai untuk remote TV dan mouse komputer.

Lantai mulus tak lagi lecet

Goresan di lantai kayu mengganggu tampilannya? Atasi dengan bola tenis yang bersih. Benar, bola tenis. Gosok secara perlahan pada titik gores sampai memudar.

Jika goresan terlalu besar, bubuhkan baking soda pada kain lembap dan gosok perlahan. Lalu, usap dengan handuk kertas yang basah dan keringkan.

Baca juga: Merawat Dapur 101

Goresan hilang, piring seperti baru lagi

Pisau dan garpu sering kali menyebabkan goresan pada permukaan piring. Sama seperti lantai kayu yang lecet, semua dapat dituntaskan dengan baking soda.

Buat pasta dari baking soda dan air lalu gosok pada bagian yang tergores. Bilas hingga bersih. Piring kembali terlihat seperti baru! 

Buat anak membersihkan kasur

bersih-bersih rumah kasur
Remodelista

Ajak anak Anda untuk lompat-lompat di kasur. Setelah itu, vakum bagian atas. Hal ini dilakukan agar debu dalam kasur bisa keluar dan kasur jadi lebih fresh. Membersihkan kasur tidak pernah semenyenangkan ini!

bersih-bersih rumah daily cleaning sejasa

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.