Merawat Dapur 101

Sebagai salah satu ruangan vital dalam rumah yang digunakan setiap hari, dapur perlu dibuat senyaman mungkin. Kunci utamanya yaitu membersihkan dan menjaga kerapian secara rutin. Menjadi tempat untuk memasak, menyajikan makanan, dan membersihkan peralatan makan menyebabkan dapur rentan kotor. Padahal, dapur higienis mampu membawa manfaat kesehatan bagi pemiliknya. Membersihkan dan merawat dapur tidak sulit, kok. Ikuti tips dari Sejasa ini ya!

Bersihkan Tempat Cucian Piring Sebelum dan Sesudah Masak

wastafel
Sumber: Freepik

Wastafel perlu dibersihkan bahkan sebelum Anda mulai memasak. Tujuannya agar Anda lebih fokus membersihkan peralatan kotor yang dipakai saat memasak tersebut. Setelah mencuci piring, Anda pun perlu membersihkan wastafel dan sekitarnya supaya kotoran tidak menumpuk serta kuman tidak berkembang biak. Pastikan untuk merapikan alat makan ke dalam raknya dan menjaga wastafel dalam keadaan kering.

Sapu, Lap, dan Pel Secara Rutin

lap permukaan
Sumber: Freepik

Tanpa sadar, bahan masakan dan sisa makanan jatuh ke lantai atau meja dapur. Ini dapat mengundang binatang seperti semut, kecoa, lalat, bahkan tikus. Sebelum hal itu terjadi, sapu dan lap permukaan dapur setiap hari. Anda bisa mengepel lantainya setiap hari atau 2 hari sekali. 

Merawat Peralatan Dapur dan Alat Makan

asah pisau
Sumber: Steamy Kitchen

Jangan pernah menunda untuk membersihkan peralatan dapur dan alat makan setelah selesai dipakai. Semakin ditunda, sisa makanan bisa menjadi kerak yang menempel pada peralatan maupun wastafel dan akan semakin sulit dibersihkan. Asah pisau yang tumpul secara berkala. Papan talenan dan spatula kayu yang sudah berjamur atau patah sebaiknya segera diganti yang baru.

Selalu Mengelap Kompor Setelah Masak

lap kompor
Sumber: Freepik

Mengapa demikian? Cipratan minyak, tumpahan kuah, dan lain-lain meninggalkan noda di kompor yang jika tidak cepat dibersihkan bisa menimbulkan kerak dan menjadi sarang kuman. Anda dapat menggunakan lap dan cairan pembersih khusus agar kompor tetap bersih dan nyaman saat digunakan.

Sediakan Tempat Sampah Cukup Besar

tempat sampah
Sumber: Good Housekeeping

Ukuran dan lokasi tempat sampah penting untuk dipikirkan. Pilihlah ukuran yang cukup besar untuk menampung sampah dapur maupun sampah rumah tangga lainnya. Anda bisa menempatkannya di dalam kabinet khusus agar tidak dihinggapi lalat dan tidak mengeluarkan bau busuk. Anda juga bisa meletakkan tempat sampah di luar dapur agar mudah untuk dikeluarkan. 

Biasakan Memasak Secara Bersih dan Efisien

merawat dapur bersih
Sumber: Coco Kelley

Memasak dengan bersih dan efisien dapat menjaga kerapian dan kebersihan dapur. Hal yang dapat dilakukan misalnya jika ada tumpahan saus, kuah, dan sebagainya, lap permukaan dengan segera. Taruh peralatan memasak dan bahan makanan kembali ke raknya agar tidak berserakan. Cek kualitas makanan dan tanggal kedaluwarsa semua produk makanan secara berkala sebelum produk membusuk dan mengotori sekitarnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan dapur bersih dan nyaman. Membersihkan dapur akan terasa ringan jika dilakukan secara rutin. Selamat mencoba!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.