10 Tips Memaksimalkan Apartemen Studio

Apartemen studio kian populer untuk ditinggali karena berbagai fasilitas yang ditawarkan, jaminan keamanan, lokasi strategis, dan sebagainya. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu kenyataan yang dihadapi para penghuninya adalah keterbatasan ruang. Sejasa punya tips untuk memaksimalkan apartemen studio (berlaku juga untuk jenis tempat tinggal lain) agar terasa luas dan nyaman. Ketahui selengkapnya di sini!

Tentukan Maksimal Tiga Barang Besar dalam Apartemen

tips maksimalkan apartemen studio
Sumber: Magzhome

Ketika memutuskan untuk tinggal di apartemen studio, Anda harus pintar-pintar mengatur barang. Dengan luas ruangan yang tidak seberapa, Anda perlu menentukan perabotan besar yang tidak lebih dari 3 macam. Pertimbangkan fungsi ketiga barang tersebut bagi diri Anda dan orang-orang yang akan berkunjung ke apartemen Anda. Contohnya, kasur, meja, dan sofa. Meja besar berguna saat bekerja atau makan bersama keluarga. Sofa besar yang mampu memuat beberapa orang tamu akan membuat mereka nyaman. Kasur besar memberikan pengalaman istirahat yang lebih baik, bukan? Sesuaikan dengan kondisi apartemen Anda supaya hunian tidak terasa sempit.

Sambut Cahaya Matahari dengan Jendela dan Cermin

tips maksimalkan apartemen studio
Sumber: A Cup of Jo

Pastikan hunian Anda memiliki letak jendela yang strategis agar cahaya matahari dapat masuk. Untuk mendukung pencahayaan alami, pasang cermin dekat jendela sehingga cahaya terpantul ke seluruh ruangan. Cermin juga berfungsi menciptakan ilusi ruangan lebih luas.

Gunakan Gorden Sebagai Pengganti Pintu

tips maksimalkan apartemen studio
Sumber: Roomdec

Di apartemen studio belum tentu banyak dinding pemisah, maka pakailah gorden untuk menciptakan privasi. Pasang gorden setinggi langit-langit agar menyerupai dinding. Pasang pengait di tempat-tempat tertentu sehingga Anda dapat memindahkannya dengan mudah di kemudian hari. Pemasangan gorden pun berguna sebagai pintu bagi lemari terbuka tanpa membuat ruangan semakin sempit. 

Smart Storage Bebaskan Ruang dari Berantakan

tips maksimalkan apartemen studio
Sumber: Simple Life of A Lady

Kunci hunian kecil yang nyaman adalah penempatan storage yang benar. Menggunakan rak-rak dan menempatkannya di sekitar perabotan adalah cara untuk mengakali ruangan sempit dengan banyak barang. Perhatikan bagian kosong dalam lemari Anda yang memungkinkan jadi tempat penyimpanan tambahan. Seperti contohnya rak untuk tas-tas kecil di atas. Rak yang biasa ditemukan di dapur atau kamar mandi, bisa juga dipasang dalam lemari. Selamat berkreasi menciptakan smart storage lainnya!

Perabotan Lipat dan Multifungsi untuk Berhemat Tempat

tips maksimalkan apartemen studio
Sumber: Living In As Shoe Box
tips maksimalkan apartemen studio
Sumber: Living In As Shoe Box

Furnitur multifungsi menjadi unsur penting ketika menempati sebuah apartemen studio. Tidak ada salahnya jika Anda berinvestasi pada perabotan praktis dan modern satu ini. Jenis furnitur ini terbukti menghemat tempat dan efisien. Tempat makan di atas dapat dimanfaatkan untuk meletakkan peralatan dapur dan penyimpanan bahan makanan.  

Manfaatkan Partisi Ruangan

tips maksimalkan apartemen studio
Sumber: Dexorate

Manfaatkan partisi ruangan yang dapat dimanfaatkan untuk menaruh barang dan dekorasi. Anda dapat menambahkan boks dekoratif sebagai extra storage. Sesuaikan ukuran partisi dengan kebutuhan Anda. Kombinasi material partisi misalnya, besi dan kayu, akan menambah karakter unik hunian Anda.

Tanaman Gantung bagi Pecinta Flora

tips maksimalkan apartemen studio
Sumber: Etsy

Bagi pecinta tanaman yang tidak memiliki kebun atau balkon untuk bercocok tanam, gantungan pot menjadi solusi yang tepat. Anda dapat menanam obat, dedaunan herbal, bahkan sayuran berukuran kecil yang bisa dipetik kapan pun. Letakkan di dekat jendela dapur agar tumbuhan mendapat nutrisi sinar matahari yang cukup.

Fungsikan Dipan Sebagai Tempat Penyimpanan

tips apartemen studio
Sumber: Home My Design

Ruang kosong di bawah kasur bisa dipakai sebagai tempat penyimpanan yang praktis karena tidak perlu menambah ruang baru dan letaknya tersembunyi. Jika dipan Anda tidak didesain untuk storage, Anda dapat menambahkan keranjang, boks container, atau lemari kecil. Pakaian, sepatu, tas, sprei, selimut, dan sebagainya dapat diletakkan di situ. Hal ini efektif menjaga kerapian pada ruangan terbatas. Yuk, terapkan metode ini!

Floating Shelves atau Rak Melayang

tips maksimalkan apartemen studio
Sumber: The Spruce

Setiap sudut ruangan sebagai penyimpanan memang tidak ada matinya termasuk di dinding. Di atas pintu, sudut ruangan, bahkan di atas perabot lain. Anda bisa meletakkan pernak-pernik, koleksi, dan sebagainya dengan tetap menghemat ruangan. Ada sedikit tips bagi Anda yang akan menggunakan rak melayang supaya tidak terlihat monoton. Anda dapat gunakan tanaman dan barang dengan ketinggian berbeda agar memperoleh tekstur lebih variatif serta menarik perhatian.

Gaya Hidup Minimalis

tips apartemen studio
Sumber: Social Decors

Gaya hidup minimalis memungkinkan Anda hidup secara lebih maksimal khususnya pada hunian terbatas. Jika Anda sering membeli barang-barang untuk di rumah maka akan sulit untuk menjaga kerapian dan rumah menjadi semakin sesak. Fokus pada barang bermutu tinggi, tahan lama, dan ukurannya pas dengan hunian Anda. Investasi untuk barang-barang yang berguna dalam jangka panjang akan menguntungkan Anda nantinya.

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.