6 Material Konstruksi yang Eco Friendly

Menjaga kelestarian alam bisa dipraktikkan dengan berbagai cara, salah satunya dalam membangun rumah. Caranya adalah dengan memilih material konstruksi yang ramah lingkungan. Beberapa material eco friendly di bawah ini sering dipakai dalam pembangunan loh!

Apa itu material ramah lingkungan?

Sebelum membahas tentang materialnya, Anda wajib mengetahui pengertian material yang eco friendly atau ramah lingkungan. Material bangunan ramah lingkungan adalah bahan-bahan yang dibuat, diaplikasikan, dan dirawat sedemikian rupa sehingga memiliki dampak lingkungan yang rendah.

Material tersebut haruslah kuat, bisa dipakai lagi dan didaur ulang. Bahan bangunan yang mengandung komposisi hasil daur ulang pun termasuk eco friendly. Selain itu, material tersebut harus mudah didapat lingkungan sekitar lahan yang akan dibangun.

Bahan bangunan tersebut pun bersifat natural dan tidak mudah rusak oleh suhu tinggi, suhu rendah, atau kelambapan. Yang biasa digunakan pada konstruksi misalnya kayu, tanah, bambu, jerami, dan sebagainya.

Material Ramah Lingkungan

Bambu

rumah terbuat dari bambu
Hideout

Bambu terkenal kokoh dalam menopang beban termasuk pada konstruksi bangunan. Tampilannya menarik, bobotnya ringan, dan mudah ditemukan menjadi poin plus material yang satu ini.

Baja ringan

baja ringan ramah lingkungan
Supra Trusses

Baja ringan adalah salah satu bahan yang bisa didaur ulang terus menerus. Selain itu, karakternya yang kuat serta tahan terhadap serangan rayap bikin bahan bangunan ini semakin diminati.

Grasscrete

grasscrete paving rumput
Homes to Love

Grasscrete adalah bahan paving di taman, teras, trotoar, dan lainnya yang ramah lingkungan. Bahan ini sangat memungkinkan rerumputan buat tumbuh dan menyerap air kala musim hujan.

Batu alam

dapur dinding batu
Villa Kalos

Untuk menghadirkan kesan alami, beberapa orang memanfaatkan batu alam seperti marmer, granit, batu pasir, dan sebagainya pada bangunan. Bahan ini pun digunakan sebagai elemen dekorasi.

Kayu daur ulang

rumah lantai kayu
Mummy Burgess

Sudah sejak lama, kayu menjadi bahan bangunan karena mudah didapat. Kayu biasa dipakai untuk lantai, dinding, pintu, dan sebagainya. Sisa bahan tersebut kerap didaur ulang untuk dekorasi dan bahan bangunan.

Tanah

kamar tidur dinding tanah
Luxe.

Bahan ini telah menjadi dasar konstruksi khususnya bangunan di Indonesia. Material ini kerap diaplikasikan pada dinding dan lantai. Dengan perkembangan teknologi konstruksi saat ini, ada material dari tanah bernama rammed earth. Material ini merupakan campuran dari tanah, pasir, lumpur, kerikil, dan tanah liat.

Demikian informasi beberapa material konstruksi yang ramah lingkungan. Apa material konstruksi yang Anda pakai pada bangunan Anda?

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.