dekorasi natal rumah

25 Dekorasi Natal di Rumah, Lengkap untuk Semua Ruangan!

Masih mencari inspirasi dekorasi Natal untuk rumah? Tak perlu cari ke mana-mana lagi, intip idenya di sini. Sejasa punya ide dekorasi tema Natal yang lengkap untuk semua ruangan di rumah!  

Mendekorasi rumah menjelang Natal adalah salah satu kegiatan yang paling seru untuk menyambut hari raya ini. Hias ruangan yang kira-kira sering digunakan untuk berkumpul. Namun, ruangan personal juga tetap bisa dihias. Sudah siap terinspirasi? Mari lihat inspirasinya mulai dari sini.

Ruang keluarga

Ruang keluarga biasanya menjadi ruangan favorit untuk dihias karena sering digunakan untuk kumpul bersama keluarga dan merasakan kehangatan Natal. Kemeriahan Natal dapat Anda ciptakan mulai dari ruangan ini.

Dekorasi sederhana dan netral 

dekorasi natal rumah ruang tamu
Hunters of Happiness

Dekorasi semacam ini tidak membutuhkan banyak usaha untuk memasang dan melepasnya nanti. Asalkan ada unsur utama seperti pohon Natal, hiasan meja, dan beberapa pemanis di focal point (titik utama) ruangan tersebut. Hiasan seperti ini cocok untuk diterapkan di berbagai interior rumah.

Tema pastel yang cerah ceria 

dekorasi natal rumah ruang keluarga
Habitat for Mom

Bagi penyuka konsep warna-warni atau yang ingin coba hal baru, tema pastel nan cerah ini tepat untuk diterapkan. Masukkan unsur warna merah muda, oranye, kuning, dan warna cerah lain. Jika warna dasar ruangan sudah netral, contohnya putih, Anda tak akan kesulitan memadukannya dengan warna pernak-pernik Natal yang beragam.

Hiasan ala farmhouse

dekorasi natal di rumah farmhouse
Habitat for Mom

Interior farmhouse sifatnya fleksibel dan bisa ditambahkan ornamen Natal seperti pada gambar. Hiasan dinding tema farm sekaligus Natal sudah banyak dijual di pasaran. Anda pun bisa membuatnya sendiri alias DIY. Lampion logam berwarna merah pun memperkuat dan menyatukan dua tema dekorasi ini. 

Ornamen dari potongan jeruk 

DEKORASI NATAL RUMAH
Oprah Mag

Potongan jeruk menjadi unsur dekorasi tema Natal lazim digunakan di rumah-rumah warga negara Barat.  Buah ini mampu menambah kesan hangat musim dingin terutama di momen Natal. Selain warnanya kontras, wangi dari jeruk akan menyebar ke sudut-sudut ruangan. Tampilan dan aroma ruangan akan terasa segar. 

Ingin buat sendiri potongan jeruknya? Iris tipis jeruk, tempatkan pada baki panggangan, dan beri jarak tiap potongan. Panaskan dalam oven selama 6 jam pada suhu 200 derajat Celcius. 

White christmas

DEKORASI RUMAH NATAL WHITE CHRISTMAS
Decor Gold Designs
Decor Gold Designs

Tema dekorasi white christmas tidak akan lekang oleh waktu. Simpel, mewah, dan cocok untuk semua jenis interior. Kunci dari dekorasi ini adalah usahakan semua pernak-pernik yang digunakan berwarna putih, baik untuk pohon Natal, meja, sofa, dan lainnya. Tambahkan aksen warna silver atau emas agar tampak lebih manis.

Dapur

Jadikan dapur lebih meriah di hari raya. Beri hiasan di sekitar dapur agar semangat Natal tetap menyala!

Dekorasi natal di dapur rumah

dekorasi natal dapur rumah
Chrissy Marie Blog

Hiasan dapur ideal yang tidak mengganggu pergerakan di dapur dan tidak membuat dapur berantakan adalah wreath dan gambar. Wreath merupakan dekorasi yang dibuat dari daun, bunga, ranting, buah, dan material lain yang berbentuk seperti cincin. Pasang wreath dan gambar tema natal di sekitar dapur. Percantik dengan pita warna merah.

Jendela dapur juga bisa dipercantik

dekorasi natal dapur rumah
Nesting With Grace

Jangan lewatkan titik ini! Pakai garland dan lampu hias tali. Garland adalah komponen dekorasi dari daun, buah, bunga, dan material lain yang bisa digantungkan. Garland dari dedaunan palsu akan menghemat waktu dalam mendekor, harganya pun cukup terjangkau. Unsur ini bagai  sekitar jendela atau pintu dapur.

Hias atas kabinet

dekorasi natal rumah kabinet dapur
A Wonderful Thought
A Wonderful Thought

Ada space kosong di atas kabinet? Solusinya tentu pasangkan garland untuk mengisi bagian tersebut. Tambahkan bola lampu Natal atau yang sesuai tema dekorasi di rumah Anda.

Ruang makan

Saatnya menikmati jamuan Natal bersama keluarga di ruang makan. Tak usah khawatir, bagaimanapun tampilan dan seluas apapun ruangan ini, Anda tetap bisa mendekorasinya!

Untuk ruang makan mini

dekorasi ruang makan rumah ala natal
Elle Decor

Ruang makan yang sempit bukan jadi alasan untuk tak menghiasnya. Gantung sebatang kayu dan dedaunan (asli atau palsu) di atas meja. Tambah item lain semacam bunga pinus, potongan jeruk kering, atau string light jika memang mudah dipasang. 

Meja makan yang manis

hiasan meja makan natal
Good House Keeping

Tema merah putih terinspirasi dari permen khas Natal, candycane, cocok diaplikasikan untuk meja makan. Dekorasi ini mudah ditemukan, coraknya beragam, dan bisa dipertahankan bahkan setelah Natal selesai. Elemen yang dapat dihias mulai dari taplak meja, peralatan makan, dan sampai serbet. Inspirasi serbet makan ala Natal dapat dilihat di sini.  

Kamar tidur

Rasakan semangat Natal dari sebelum memejamkan mata di malam hari dan setelah membuka mata saat pagi hari. Hiasan serba Natal di ruangan ini hukumnya wajib!

Meriahkan ranjang anak

kamar tidur dekorasi ala natal rumah
Good House Keeping

Hias dan meriahkan kamar tidur anak dengan garland sederhana semacam ini. Pasang di sekitar ranjang anak. Anda pun bisa menambahkan beberapa ornamen seperti kaos kaki rajut, sarung tangan, atau mainan bentuk kue jahe, sinterklas, kado, dan sebagainya.

Dekorasi kamar anak warna netral

dekorasi natal rumah kamar tidur anak
Country Girl Home

Dekorasi Natal dengan warna netral dapat diaplikasikan pada kamar anak laki-laki dan perempuan sekaligus. Pakai salah satu unsur warna misalnya merah atau hijau dan padukan dengan konsep utama kamar mereka. Beri hiasan pohon Natal dan wreath mini di meja lampu serta dinding.

Tema Natal aksen biru

DEKORASI NATAL KAMAR TIDUR
Good House Keeping

Warna biru untuk dekorasi tempat tidur? Tidak masalah! Pakai sarung bantal dan selimut flanel warna biru seperti pada gambar. Gantungkan juga wreath di atas kepala ranjang agar tampilannya semakin unik.

All out decoration

dekorasi natal rumah kamar tidur utama
Chaylor and Mads

Buat kamar tidur senyaman mungkin dengan dekorasi serba hari raya. Garland melingkar di kepala kasur, sarung bantal bertema, selimut berpola tartan, pohon Natal kecil di meja rias, dan tak lupa pajangan tema Natal. Kombinasikan warna merah, hijau, putih, bahkan abu-abu sesuai selera Anda.

Tangga

Space ini cocok untuk didekor, lho. Pakai sekitar 2 item akan membuat suasana lebih hidup akan semangat Natal.

Tangga dan kaus kaki

 hiasan natal rumah tangga
Good House Keeping

Railing tangga akan semakin cantik dengan garland dan kaus kaki rajut. Lingkarkan garland atau pasang sejajar dengan pegangan tangga. Supaya makin berwarna, gantungkan kaus kaki rajut dengan berbagai corak dan ukuran. 

Hiasan simpel nan santai

dekorasi natal tangga rumah
Elle Decor

Ingin dekorasi di tangga yang anti ribet? Sampirkan garland pada pegangan tangga. Tak perlu ornamen tambahan atau harus dipotong sesuai panjang railing. Biarkan menjuntai di ujungnya agar mendapatkan kesan simpel dan natural.

Mug dan hadiah kecil

christmas decoration, christmas, tree, christmas ornament, plant, candy cane, event, interior design, holiday, christmas eve,
Country Living

Hias tangga dengan cara yang lain dan tentunya lebih menyenangkan. Ornamen dekorasi adalah sesuatu yang meskipun kecil tapi bisa dinikmati seperti secangkir permen cokelat atau kudapan lain untuk satu orang. Tiap mug diberi nama supaya tidak tertukar terutama kalau isinya sesuai selera personal.

Kamar mandi

Anda pikir cukup menghias di ruangan utama di rumah? Salah besar! Bawa semangat Natal di ruangan mungil seperti kamar mandi. Yuk, intip inspirasinya.

Kamar mandi serba Natal

dekorasi rumah natal christmas decoration bathroom kamar mandi
Driven by Decor
christmas decoration bathroom kamar mandi
Driven by Decor

Karena kamar mandi rawan basah dan lembap, maka gunakan pernak-pernik sederhana dan utamakan yang fungsional. Contohnya, hiasan lampu bentuk rumah dan lilin. Ketika malam tiba, Anda tinggal menyalakan lampu hias ini.

Bagi yang punya bathtub

dekorasi rumah natal christmas decoration bathroom kamar mandi
Golden Boys and Me

Bagi yang di rumahnya terdapat bathtub, elemen dekorasi yang paling memungkinkan adalah handuk dan keset tema Natal. Rak di kamar mandi juga bisa diisi lampu hias seperti di poin sebelumnya.

Outdoor

Sambut teman, keluarga, atau diri sendiri dengan hiasan penuh warna ala Natal.

Pintu masuk serba hijau 

dekorasi depan rumah pintu masuk natal entrance christmas decor
Elle Decor

Ada garland yang melingkari pintu, wreath di tengah pintu, dan dua cemara dalam pot. Kalau ingin yang sederhana, gantungkan wreath beserta lonceng kecil di tengahnya pada daun pintu.

Pot tanaman khas Natal

porch railing decorated with festive planter entrance christmas decor
JOHN GRANEN on BHG

Tanami tumbuhan yang umum saat Natal di pot depan rumah. Anda tak perlu menanam tumbuhan jenis ini dari biji/tunasnya. Pakai tumbuhan palsu jika memang tak tersedia yang asli. Campurkan buah pinus, buah jeruk Clementine, buah beri, ranting, daun cemara, dan lainnya dalam ukuran yang berbeda demi mendapatkan warna khas Natal.

Sambut tamu di teras rumah penuh dekorasi Natal

lit Christmas tree near red bench and gifts on holiday front porch
JOHN GRANEN on BHG

Menikmati suasana pagi atau sore yang hangat di teras yang penuh dekorasi terasa amat nyaman! Apalagi, dekorasi ini sangat pas untuk menyambut tamu yang datang ke rumah. Beri bantal-bantal kecil dan selimut. Tak lupa, letakkan satu atau beberapa pohon Natal yang dihias lampu tali di sisi kursi.

Ekstra dekorasi tema natal di rumah

Masih ingin mendekorasi bagian rumah lainnya? Sejasa masih punya beberapa ide. Simak baik-baik ya.

Bar kecil untuk coklat panas

christmas decoration home dekorasi natal rumah
Good House Keeping

Hari raya Natal tiba di tengah-tengah musim hujan di Indonesia. Tak ada salahnya Anda membuat sudut khusus untuk membuat minuman seperti coklat panas atau teh hangat bagi penyuka teh. 

Sediakan satu meja untuk mini bar ini dan letakkan di space kosong yang sering dilewati atau di sudut ruang keluarga. Di atas meja nantinya ada bubuk coklat dan minuman hangat favorit lainnya, gula, marshmallow, sendok kecil, cangkir, dan termos berisi air panas. Jangan lupa beri tanda di dinding “Hot Chocolate Bar” dan hiasan lain untuk meja.

Pernak-pernik di ruang transisi

christmas decoration home dekorasi natal rumah
Chaylor and Mads

Ruang transisi seperti spot antara pintu masuk dan ruang tengah/tamu, lorong rumah, dan yang sering dilewati, dapat dihias untuk menyapa siapa saja yang masuk ke ruangan. Dekorasi ini tak harus mewah. 

Pada gambar di atas, ruang transisi di jalur masuk ini dipercantik dengan gantungan wreath dan kaos kaki merah. Rak atasnya diisi dengan barang-barang kecil. Ada cemara mini di sisi kanan dan kiri kursi. Semua ini tak wajib ada. Jadi, sesuaikan dengan kondisi ruangan di rumahmu dan buat senyaman mungkin.

Ruang bermain anak

christmas decoration home
Occasions by Shakira

Hangatkan suasana di ruang bermain anak dengan dekorasi ala Natal. Gunakan boneka bentuk Sinterklas, pohon Natal, taplak meja, dan pajangan dengan tema hari raya. Anda pun bisa menambahkan buku cerita tema Natal sebagai unsur dekorasi sekaligus menambah koleksi si kecil.

Demikian serba-serbi dekorasi Natal di rumah dari ruang ke ruang. Selain yang sudah dijelaskan di atas, apa dekorasi tema Natal yang menurut Anda cocok untuk diaplikasikan di rumah? Yuk, berbagi ide dengan Sejasa. Semoga menginspirasi!

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *