perbaikan atap

8 Persiapan Sebelum Perbaikan Atap

Area konstruksi dapat mengganggu bahkan membahayakan pemilik rumah jika tak hati-hati. Sebelum melakukan perbaikan  atap, siapkan rumah yang kondusif agar proyek lancar dan keluarga tetap nyaman. 

Pikirkan tentang anak dan hewan peliharaan

girl sleeping beside a dog on the sofa
Leo Rivas

Suara gaduh dari proses pergantian atap bisa membuat anak dan hewan peliharaan jadi tak nyaman. Bisa juga membuat kebiasaan tidur mereka terganggu. Komunikasikan pada anak mengenai perbaikan atap di rumah agar mereka mengerti. Sebagai alternatif, Anda boleh memilih untuk tinggal di rumah saudara hingga proyek selesai.

Amankan kendaraan

red volkswagen beetle parked on sidewalk during daytime
Michael Blomberg

Para tukang perlu tempat untuk meletakkan material sekaligus akses yang mudah untuk mengambilnya. Jadi, parkirlah kendaraan di tempat lain yang aman sebelum perbaikan dimulai. Menutup pintu garasi pun bisa mengurangi jumlah debu yang dapat masuk ke rumah. 

Lindungi barang-barang di loteng

black steel bed frame near window
Antonio Caverzan

Kalau Anda menjadikan loteng sebagai gudang atau kamar, sebaiknya lindungi barang-barang Anda sampai pekerjaan usai. Tutuplah dengan kain terpal atau semacamnya jika tak ingin memindahkannya ke luar. Debu dan kotoran dari atap akan jatuh serta mengotori loteng. Menutupnya dengan kain akan meringankan beban bersih-bersih setelah selesai nantinya.

Amankan antena

persiapan sebelum perbaikan atap
Michal Matlon

Jika ada antena di dekat atap yang akan diperbaiki, maka antena perlu dilepas agar tak mengganggu proses perbaikan. Atur janji dengan teknisi provider satelit TV Anda sebelum atap diperbaiki.

Beri tahu tetangga

women and man talking outside the building
Alexis Brown

Beri tahu tetangga Anda, terutama yang rumahnya berdempetan dengan Anda. Ada kemungkinan mereka akan terganggu dengan suara bising pergantian atap. Hal ini juga penting agar tetangga Anda punya waktu untuk antisipasi. Misalnya, menyesuaikan situasi dalam rumah dan mengatur jadwal aktivitas mereka agar tak terganggu dengan pekerjaan di rumah Anda.

Siapkan sumber listrik yang mudah dijangkau

Woman plugging in a wire Free Photo
Freepik

Tukang mungkin membutuhkan listrik dalam memasang atap. Sebagai pemilik rumah, Anda perlu menyiapkan sumber listrik yang mudah dijangkau para tukang. Adanya colokan listrik di luar rumah itu bagus, tapi bagaimana jika rumah Anda tak memilikinya? Tidak ada cara lain selain menyambungkan kabel terminal listrik sampai ke atap. 

Jika ada, cari sumber listrik yang terdekat dengan atap di titik yang tidak dilewati banyak orang. Kalau tidak demikian, maka kabel harus dikondisikan agar tidak ada yang tersandung.

Hati-hati dengan sekeliling saat proyek dikerjakan

Mother and daughter standing in lawn Free Photo
Freepik

Pekerjaan konstruksi di rumah bisa menjadi berbahaya jika Anda tidak waspada. Material dan perkakas yang biasanya tidak ada di sana dapat melukai penghuni rumah. Oleh sebab itu, Anda harus ekstra hati-hati saat melewati area kerja. Beri tahu anak Anda untuk tidak melewati atau bermain di sekitar sana sementara waktu.

Buat peringatan

Portrait of a concentrated serious asian woman Free Photo
Freepik

Buat peringatan di rumah, terutama di pintu keluar, agar tidak dilewati selama proyek masih berjalan. Kunci dan tempel kertas peringatan di bagian dalam agar anggota keluarga tidak memakai pintu tersebut.

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.