Lantai rumah desain material

12 Ide Material Lantai yang Percantik Rumah

Lantai menjadi bagian penting dalam memperkuat karakter rumah. Materialnya beragam waktu demi waktu sehingga pemilik rumah bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, pemilihan lantai yang tepat bisa menjadi investasi jangka panjang. Baca informasi mengenai desain lantai rumah berikut ini sebelum membelinya.

Kayu

Regal Floor Coverings

Sebutan lainnya adalah hard wood floor. Biasanya lantai ini terbuat dari kayu asli tanpa campuran bahan lain. Kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Lantai kayu cocok untuk penyuka kesan natural dan minimalis di saat yang sama. Kemampuannya menahan perubahan suhu membuatnya tetap nyaman saat dipijak.

Vinyl atau PVC

Stick down herringbone floor
Lila Wolff

Jenis lantai ini terbuat dari polimer sintetik yang ditambahkan pigmentasi dan warna tertentu agar lebih menarik. Motifnya beragam dan harganya relatif murah. Selain itu, bahan vinyl memiliki kekuatan menahan air yang baik. Lantai ini banyak ditemukan dalam bentuk roll dan dipasang layaknya wallpaper sehingga Anda pun bisa melakukannya di rumah.

Karpet

lantai karpet
Dezeen

Karpet membuat ruangan hangat dan nyaman tapi perawatannya lebih ekstra dibanding jenis lantai lain. Sangat tepat untuk dipasang pada kamar anak, ruang bermain, tangga, atau selasar. Biasanya lantai karpet ditemui di kantor atau hotel, tapi tidak menutup kemungkinan untuk diaplikasikan dalam hunian.

Yang perlu jadi catatan adalah perawatan lantai karpet harus dilakukan secara ekstra. Lantai ini dapat menunjukkan kerusakan dengan kontras misalnya perubahan warna akibat kotor atau terkena tumpahan. Jika Anda memiliki hewan peliharaan atau alergi terhadap debu, maka lantai ini harus dibersihkan menggunakan vacuum cleaner dan pembersih khusus.

Marmer

lantai marmer Marble Floor Tiles
My Stone Floor

Material batu alam pada rumah menampilkan kesan mewah dan menawan. Sifatnya pun kuat dan mampu menyejukkan ruangan. Dari segi warna dan corak, marmer punya banyak pilihan. Tak hanya itu, marmer dikenal tahan api dan kuat menahan beban berat. 

Ketersediaan di alam sangat terbatas jadi tak heran kalau harganya relatif mahal. Marmer pun perlu perawatan ekstra terutama jika terkena noda atau cairan asam.

Tegel

lantai rumah tegel ubin
Design Mom

Di Indonesia, lantai tegel sudah populer sejak tahun 80-an. Lantai jenis ini pas sekali bagi penyuka dekorasi klasik. Tegel makin disukai karena motif dan corak yang beragam dan estetik sehingga mudah untuk disesuaikan dengan keinginan pemilik bangunan. Selain itu, tegel mampu menyejukkan ruangan dan perawatannya sederhana.

Granit

lantai rumah granit
Topps Tiles

Banyak kelebihan dari lantai bermaterial granit. Granit memiliki pori-pori yang rapat sehingga peluang kemasukan air lebih kecil. Ia juga tahan terhadap udara lembap. Sifatnya pun kokoh, tak mudah tergores, dan tampilannya mengilap menghadirkan kesan berkelas. Perawatannya yang mudah menjadikannya salah satu jenis lantai yang populer. 

Keramik

lantai keramik
Farm House Living

Keramik pada lantai banyak ditemui di hunian Indonesia. Harganya yang cukup murah dan perawatan simpel membuatnya digemari banyak pemilik bangunan. Ketahanannya terhadap air pun sangat baik, jadi cocok untuk diaplikasikan pada kamar mandi, dapur, atau teras. Tampilannya bervariasi bahkan mirip dengan material batu alam. 

Parket

Leibal

Parket mirip dengan lantai kayu. Bedanya, lantai parket sudah melalui proses pabrik yang lebih panjang dari lantai kayu biasa dan dicampurkan dengan bahan-bahan lain. Bentuknya juga lebih geometris dan jika diaplikasikan ke lantai akan menghasilkan sebuah pola. Namun, parket kurang tahan terhadap air dan goresan. 

Beton

concrete floor lantai rumah beton
Grand Designs Magazine

Tak hanya sebagai material pengeras jalan, struktur, maupun fondasi bangunan, beton juga dimanfaatkan untuk bahan lantai. Hasil akhir lantai beton sederhana namun tegas. Anda bisa menambahkan finishing agar berkilau atau malah matte. Pada interior industrial dan kontemporer, beton akan memperkuat karakter dekorasi rumah. Yang terpenting, lantai tipe ini tahan terhadap air dan kotoran.  

Travertine

lantai travertine Tile
Topp Tiles

Travertine adalah salah satu jenis batu alam. Macam-macam warna dari material ini di antaranya, krem, moka, cokelat, perak, emas, dan merah. Karakternya awet dan mudah dipasang. Akan tetapi, travertine amat berpori sehingga butuh perawatan lebih. Anda juga perlu menggunakan pembersih khusus  dalam merawat material ini. 

Bambu

lantai rumah bambu
Laughing Mango/Getty Images via House Beautiful

Bambu dapat dimanfaatkan sebagai bahan lantai. Kelebihannya yaitu mudah dipasang, tidak menimbulkan alergi, cukup tahan lama, dan memberikan kesan natural. Jika Anda menginginkan konsep hunian yang ramah lingkungan, lantai dari bambu patut untuk Anda pertimbangkan. 

Slate 

lantai slate batu tulis
Dwell

Slate atau batu tulis pada lantai mampu percantik rumah dengan fungsi dan tampilan alaminya. Batu tulis adalah bahan yang unik dan menarik pada sebuah bangunan sehingga dapat meningkatkan nilainya. Bahannya awet dan tahan terhadap cuaca. Akan tetapi, harganya masih tergolong mahal dan membutuhkan sealer agar terhindar dari kotoran.

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.