Dapur Bersih dan Dapur Kotor, Perlukah?

Seiring perkembangan zaman, kepemilikan dapur mengalami pergeseran. Tak hanya fungsional, dapur perlu memiliki tampilan menarik demi memanjakan mata. Agar visual dapur dapat dipertahankan, sebagian orang memiliki dua macam dapur berbeda sesuai kegunaannya. Dari situ, muncul istilah dapur bersih dan dapur kotor. Berikut informasi tentang kedua dapur ini yang menarik untuk diketahui.

Dapur Kotor

inspirasi dapur kotor
Sumber : Go DIY Go

Istilah dapur kotor digunakan untuk dapur pada umumnya yang mengedepankan fungsinya. Aktivitas dalam dapur ini seperti meracik, mengolah makanan, menyimpan bahan makanan, serta membersihkan peralatan dapur. 

Tingginya kemungkinan adanya noda saat memasak di sekitar dapur, maka muncul istilah dapur kotor. Terlebih pada masakan berat orang Asia dengan segala kerumitan teknik memasak dan keragaman bumbunya. Maka tak heran, jenis dapur ini banyak ditemukan di hunian orang Asia daripada yang lain. 

Dapur kotor terletak di ruang tersendiri yang memiliki akses pembuangan akhir. Biasanya ada pada ruang di ujung hunian yang terpisah dari ruang tidur dan ruang tamu. Perabotan yang besar dan lebih komplit seperti kompor, kulkas, oven, rak penyimpanan alat masak, ada di dapur ini. Tak jarang, area dapur kotor lebih luas daripada dapur bersih.

Dapur Bersih

inspirasi dapur bersih
VYMIR DESIGN STUDIO / Behance

Sedikit berbeda dari dapur kotor, dapur bersih memiliki keunggulan visual yang menawan, perabot dapur yang minimal, dan kebersihan yang terjamin. Dapur jenis ini jauh lebih terjaga dari noda masakan, cipratan minyak, dan tumpukan piring kotor. 

Tipikal dapur ini adalah letaknya di dekat ruang makan atau ruang tamu. Ruangan ini diisi microwave, pemanggang roti, talenan, dan beberapa alat dapur sederhana lain. Fungsi lain dapur bersih adalah untuk menyajikan dan menghangatkan hidangan.

Dapur bersih kerap diletakkan di dekat ruang tamu atau ruang makan. Dapur ini dimanfaatkan juga untuk menyimpan piring dan alat makan lainnya yang cantik untuk dipajang. 

Perlukah memiliki keduanya?

dapur bersih dapur kotor
23 Studio / Behance

Ketersediaan ruangan memengaruhi Anda dalam menentukan kepemilikan dapur model ini. Jika Anda memiliki ruangan lebih dan menyukai visual dapur yang indah, Anda bisa memiliki kedua dapur ini. Apalagi dapur bersih tidak hanya untuk “pajangan” di rumah. Akses yang dekat dengan ruang makan tentu memudahkan Anda menyiapkan makanan secara cepat di pagi hari. 

Apabila Anda cukup puas dengan memiliki satu dapur di rumah pun tidak masalah. Anda dapat berhemat dan memaksimalkan satu-satunya ruangan dapur di rumah.  Perawatan dapur juga tidak akan sulit.

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.