Ini 6 Checklist Service AC yang Wajib Diketahui

checklist service ac

Merawat AC merupakan salah satu upaya memelihara sistem dalam unit AC agar berjalan maksimal dan efisien. AC yang dipergunakan berbulan-bulan tentu akan mengalami perubahan, seperti filternya yang mulai kotor. Untuk itu, harus dilakukan service agar udara yang dihasilkan bersih dan berkualitas. Pada artikel ini, akan dijelaskan checklist service ac yang penting untuk dilakukan secara berkala.

Membersihkan Filter AC

Merawat filter pada unit AC merupakan pekerjaan sederhana yang bisa dilakukan pemilik rumah. Kebanyakan filter sekali pakai, sehingga untuk perawatannya bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan melepas filter lama kemudian menggantinya dengan yang baru.

Setidaknya, Anda harus mengganti filter setiap 3 bulan sekali. Apabila Anda menggunakan filter udara yang lebih tipis, maka sebaiknya diganti setiap satu bulan sekali. Ini bisa disesuaikan dengan keadaan di rumah Anda, seperti apakah ada hewan peliharaan, alergi, maupun tinggal di area yang berdebu.

Membersihkan Evaporator dan Kumparan Kondensor

Untuk menjaga kondisi evaporator dan kondensor, pastikan untuk memeriksa keadaannya terlebih dahulu. Awasi kerusakan pada kumparan AC, karena ini akan menghambat kinerjanya. Jika kumparan kondensor memiliki celah atau berlubang, maka mesin pendingin akan bocor, sehingga membuat AC tidak bisa beroperasi.

Untuk membersihkan kumparan kondensor pada outdoor AC, Anda dapat menyemprotkannya dengan selang air taman. Bagian luar ini umumnya sangat kuat dan tahan basah.

Sedangkan untuk evaporator, mungkin sedikit lebih sulit dibersihkan karena berada di tempat yang sempit. Selain itu, ini berisiko membuat basah sistem lainnya. Jadi apabila ingin membersihkan evaporator, pastikan untuk lebih berhati-hati.

Periksa dan Bersihkan Saluran Pembuangan

Menjaga saluran pembuangan AC penting untuk memiliki sistem AC yang bersih. Apabila saluran pembuangan kotor, maka akan membuat air ac tidak keluar seperti semestinya. 

Selain itu, perhatikan pula apakah ada kotoran yang menumpuk atau tanda-tanda lendir. Jika keduanya tidak segera dibersihkan, maka akan menyebabkan saluran pembuangan tersumbat dan kinerja AC jadi terhambat.

Untuk membersihkan saluran pembuangan AC, Anda dapat menggunakan sikat pembuangan fleksibel yang mampu menggosok bagian dalam saluran pembuangan. Pastikan untuk melakukan ini di luar rumah agar nanti kotorannya bisa langsung terbuang. Masukkan sikat pembuangan ke dalam pipa tempat AC Anda mengalir.

Merawat Kipas Blower AC

Blower pada AC adalah kipas yang meniupkan udara ke seluruh area ruangan Anda. Menjaga blower tentu sangat penting untuk memiliki sistem AC yang berfungsi dengan maksimal.

Periksa Kabel dan Kontrol Listrik

Meskipun sebagian besar perawatan listrik AC dilakukan oleh teknisi profesional, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri. Pertama, matikan daya listrik ke sistem AC. Ini termasuk mematikan peralatan yang akan diperiksa, baik unit indoor maupun outdoor.

Setelah daya dimatikan, lepaskan panel yang menutupi kontrol listrik unit. Periksa bagian kelistrikan dari tanda-tanda kabel longgar atau korosi. Apabila terdapat sambungan yang lemah, bisa menyebabkan percikan dan kebakaran. Maka, pastikan semua semua sambungan dalam keadaan kencang.

Periksa Thermostat AC 

Jika Anda memiliki kipas berkecepatan tinggi, pastikan bisa berfungsi dengan baik. Periksa apakah pembacaan pembacaan suhu pada thermostat akurat dengan membandingkan pembacaannya dengan sensor suhu portabel.

Untuk perawatan atau masalah listrik lainnya, Anda dapat berkonsultasi dengan teknisi profesional untuk mendiagnosis dan memecahkan masalah peralatan pada unit AC Anda.

Itulah checklist service AC yang harus dilakukan bagi pengguna unit AC. Untuk mempermudah perawatan AC, Anda bisa menggunakan jasa service AC Sejasa. Tersedia layanan pengecekan AC, cuci AC, tambah freon, isi freon, pergantian kapasitor, vacuum, dan flushing. Penyedia jasa Sejasa telah terverifikasi dan berpengalaman dalam bidangnya.

Kunjungi website sejasa.com atau aplikasi Sejasa sekarang.Anda dapat menggunakan kode promo SEJASA10 untuk mendapatkan diskon Rp10.000 dengan minimum transaksi Rp200.000. Pesan layanan service AC Sejasa sekarang melalui aplikasi Grab. Promo ini berlaku hingga 31 September 2022.

checklist service ac
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.