beli rumah

Beli Rumah atau Bangun Rumah, Mana yang Lebih Untung?

Rumah merupakan salah satu kebutuhan manusia yang utama di samping kebutuhan sandang dan pangan. Dikatakan kebutuhan utama karena termasuk dalam unsur yang harus dipenuhi guna kelangsungan hidup manusia. Banyak di antara kita yang ingin membeli rumah sebagai tempat tinggal. Selain itu, banyak juga yang ingin membangun rumahnya sendiri dari nol. Dalam hal ini, mungkin akan banyak pertanyaan mana yang lebih menguntungkan, beli rumah atau bangun rumah?

Tim Sejasa telah merangkum informasi penting yang dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan keputusan beli rumah atau bangun rumah. Simak artikel ini sampai habis ya.

5 Hal Penting Seputar Beli Rumah dan Bangun Rumah

Perhitungan Biaya

Dalam hal biaya, tentu beli rumah dan bangun rumah akan sangat berbeda. Umumnya, bangun rumah akan lebih membutuhkan banyak biaya. Namun, ini tak menutup kemungkinan Anda bisa membangun rumah dengan biaya yang minim. Dalam membangun rumah, penting untuk menyiapkan rencana anggaran bangun rumah atau RAB.

Ukuran, Tingkatan, dan Desain Rumah 

Sebagai kebutuhan primer, Anda tentu akan memilih rumah sesuai dengan ukuran, desain, serta jumlah lantai atau tingkatannya. Jika ingin mewujudkan rumah idaman, Anda bisa memiliki desain sendiri dan mewujudkannya dengan membangun rumah. Apabila membeli rumah, Anda juga dapat memilih yang desain dan ukuran yang sesuai kebutuhan.

Lokasi dan Lingkungan

Dalam menentukan rumah, penting untuk memilih lokasi yang strategis, dekat dengan jalan utama, dan akses yang mudah ke sarana publik seperti rumah sakit, halte, stasiun, dan lain-lain. Anda pun bisa mempertimbangkan alasan lainnya sesuai keadaan dan kebutuhan keluarga.

Waktu Pembangunan

Dalam hal waktu, Anda bisa memilih jasa tukang harian atau tukang borongan sesuai dengan urgensi waktu pembangunan yang telah Anda tetapkan.

Perizinan

Apabila Anda membangun rumah, maka penting untuk mengurus persoalan izin kepemilikan tanah demi kelancaran proyek pembangunan. Sedangkan bila membeli rumah, Anda bisa memilih jasa developer yang resmi dan dapat dipercaya dalam pengurusan pembelian rumah.

Keuntungan Beli Rumah

1. Dapat menghuni rumah lebih cepat

Apabila memutuskan untuk beli rumah, Anda tentu bisa langsung atau secepatnya menghuni rumah baru tersebut. Pengerjaan konstruksi seperti finishing di beberapa bagian akan cepat diselesaikan, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk menghuni rumah tersebut.

2. Lebih hemat biaya 

Secara umum, Anda akan merasa lebih hemat biaya jika membeli rumah yang sudah selesai. Namun, ini juga tergantung pada harga pasaran. Sebagai solusi, Anda bisa melakukan pembayaran rumah dengan pinjaman.

3. Pilihan renovasi rumah

Anda bisa memperbaharui tampilan rumah jika pada suatu waktu Anda punya dana dan persiapan yang lebih matang. Pastikan nantinya Anda memilih jasa renovasi rumah yang profesional dan terbaik

Keuntungan Bangun Rumah

beli rumah

1. Dapat mewujudkan rumah impian

Dengan membangun rumah dari nol, Anda bisa mewujudkan desain rumah impian. Mulai dari desain, tata letak setiap ruangan, ukuran ruangan, jumlah tingkatan rumah, dan hal detail lainnya. 

2. Biaya perawatan lebih minim

Rumah yang baru umumnya membutuhkan lebih sedikit perawatan, karena setiap sudutnya dalam keadaan yang baru dipoles dan sangat bagus. Ini akan mengurangi biaya untuk pengeluaran tak terduga.

3. Efisiensi energi lebih baik

Dengan memilih untuk membangun rumah baru, Anda tidak perlu khawatir terhadap dampak lingkungan. Saat proses pembangunan, Anda bisa membicarakan dengan pihak kontraktor dan arsitek agar memprioritaskan sirkulasi udara dan lebih ramah lingkungan demi keberlanjutan masa depan Anda.

Itulah penjelasan mengenai rumah baru dan rumah beli yang dapat menambah referensi Anda. Beli rumah ataupun bangun rumah memiliki keunggulan masing-masing, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Semoga Anda bisa menentukan pilihan yang tepat dengan pertimbangan yang matang.

Apabila Anda ingin membangun rumah dan membutuhkan jasa kontraktor, Sejasa siap membantu menghubungkan dengan penyedia jasa profesional. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan jasa kontraktor bangunan Sejasa, mulai dari perihal pembuatan RAB, desain rumah, harga material, dan lainnya. 

Proyek rumah Anda akan mendapatkan garansi, sehingga aman dan nyaman sampai pekerjaan selesai. Anda juga bisa memilih layanan Project Controller, yang mana tim Ahli Sejasa akan melakukan pengecekan kualitas terhadap proyek yang sedang berjalan. Kunjungi website sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa sekarang.

beli rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *