Panduan Memilih Jasa Renovasi Rumah Terbaik

jasa renovasi rumah

Bagi Anda yang dalam perencanaan untuk renovasi rumah, memilih jasa renovasi rumah yang tepat merupakan aspek yang paling penting. Tidak hanya mempengaruhi biaya yang akan Anda keluarkan, jasa renovasi rumah yang tepat juga akan menentukan hasil setelah renovasi rumah Anda.

Renovasi rumah merupakan suatu kebutuhan yang pasti dialami oleh setiap pemilik rumah. Banyak faktor yang menyebabkan rumah harus di renovasi. Diantaranya, ketika bertambahnya anggota keluarga yang mengharuskan untuk memperluas rumah, dan kondisi kerusakan yang mungkin terjadi pada bagian rumah tertentu yang sedang ditempati. Meskipun demikian, Anda harus tetap menyediakan biaya renovasi dari sekarang, walaupun belum ada tanda-tanda kerusakan.

Jika biaya sudah terkumpul, maka hal lainnya yang perlu dilakukan adalah memilih jasa renovasi rumah yang terbaik. Hal ini perlu dilakukan, sebab tidak sedikit kita menjumpai penyedia jasa yang tidak berpengalaman atau bahkan nakal. Agar Anda bisa menemukan jasa yang profesional dan berkualitas, simak panduan berikut ini.

Panduan Memilih Jasa Renovasi Rumah

Memilih jasa renovasi rumah berarti Anda harus tahu pasti bahwa jasa tersebut benar-benar ahli di bidangnya. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan mengenai penyedia jasa tersebut. Dengan begitu, akan menambah pengetahuan Anda seputar renovasi rumah dan penyedia jasa tersebut. Simak panduan selengkapnya di bawah ini.

 Meminta Rekomendasi

Anda perlu meminta rekomendasi jasa renovasi rumah yang tepat dari orang-orang terdekat. Mereka biasanya akan mempertimbangkan kualitas jasa renovasi rumah yang sudah pernah digunakan. Apabila hasil kerjanya bagus dan berkualitas, pasti orang terdekat akan merekomendasikan jasa tersebut kepada Anda.

Anda juga bisa menanyakan hal ini kepada keluarga dan sanak saudara, bagaimana kualitas jasa renovasi rumah yang akan Anda sewa. Atau mungkin mereka memiliki rekomendasi lain yang lebih berkualitas.

Memiliki Izin Usaha yang Jelas

Hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui apakah penyedia jasa tersebut. Khususnya untuk perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor, baik sebagai pelaksana ataupun konsultan, harusnya sudah memiliki Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).

Kontraktor pun terbagi menjadi beberapa kelas, tergantung modal setornya. Kontraktor lokal dimulai dari grade 2 biasanya berbadan hukum CV, grade 3, 4, 5, 6, badan hukumnya harus berupa PT (Perseroan Terbatas). Syarat tenaga ahli untuk masing-masing grade pun berbeda. Untuk kontraktor pelaksanan grade 2, 3, dan 4, tenaga ahlinya cukup memiliki Sertifikat Keterampilan (SKT). Sementara untuk kontraktor grade 5, 6, dan 7 harus memiliki Sertifikat Keahlian (SKA). Namun untuk konsultan grade 2, 3, dan 4 harus memiliki tenaga ahli yang memiliki Sertifikat Keahlian (SKA).

Dengan mengetahui bahwa suatu jasa punya izin usaha, maka bisa dikategorikan sebagai penyedia jasa yang berkualitas dan jelas keberadaannya. Inilah salah satu poin penting untuk menghindari jasa yang abal-abal.

Melihat Testimoni Pelanggan

Pada zaman serba digital ini, pasti banyak penyedia jasa yang memasarkan jasanya secara online, melalui media sosial, website hingga aplikasi. Ini bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui kualitas kerja mereka. Anda bisa melihat testimoni atau review yang diberikan pelanggan sebelumnya kepada penyedia jasa. Apabila pelanggan sebelumnya puas dengan kinerja penyedia jasa, maka bisa dikatakan jasa tersebut profesional dan berpengalaman.

Pastikan Menyediakan Garansi

Anda harus memilih jasa renovasi rumah yang memiliki garansi, karena hal ini bertujuan agar penyedia jasa bertanggung jawab apabila ada kerusakan yang tidak disengaja ataupun kerusakan yang terjadi setelah renovasi. Tentunya dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Adanya Transparansi Harga

Harga menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan jasa renovasi rumah. Sebelum menentukan jasa renovasi rumah, disarankan agar Anda kembali menghitung ulang transparansi harga yang di berikan oleh penyedia jasa dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) secara terperinci.

Mintalah Penyedia Jasa untuk Melakukan Survei Lokasi 

Sebelum Anda menentukan jasa renovasi rumah yang tepat, Anda perlu meminta penyedia jasa untuk melakukan survei langsung ke rumah Anda. Umumnya survei tidak dikenakan biaya, namun jika jarak rumah Anda cukup jauh maka kasusnya akan berbeda, kondisi ini biasanya akan dikenakan biaya survey.

Saat penyedia jasa datang untuk melakukan survei, pastikan Anda menyampaikan rencana renovasi rumah Anda secara rinci. Mulai dari bagian rumah yang ingin Anda renovasi, material bangunan, hingga referensi desain renovasi yang baru. Dengan meminta mereka untuk survei, Anda dapat menentukan mana jasa renovasi rumah yang terbaik, hal ini bisa dilihat dari ide mereka, komunikasi, dan attitude mereka.

Itulah beberapa panduan dalam memilih jasa renovasi rumah yang terbaik. Pastikan untuk menerapkan panduan di atas agar Anda tidak salah memilih jasa. Apabila Anda merasa bingung saat menentukan jasa renovasi rumah, Sejasa bisa membantu Anda. Kunjungi website sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Kemudian kami akan menghubungkan Anda dengan beberapa penyedia jasa berkualitas untuk bantu proyek Anda. 

Transaksi aman dengan rekening bersama SejasaPay. Tersedia garansi pengerjaan demi kenyamanan Anda. Anda pun bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa berkaitan dengan detail proyek yang akan dikerjakan. Penyedia jasa Sejasa telah terverifikasi dan merupakan jasa yang profesional.

jasa renovasi rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.