Ini Rincian Biaya Bangun Rumah Minimalis 1 Lantai

biaya bangun rumah minimalis

Memiliki hunian pribadi yang nyaman adalah dambaan setiap orang. Untuk memiliki rumah yang diidamkan, Anda bisa merencanakan pembangunan rumah dari sekarang. Ada beragam konsep rumah yang menjadi pilihan. Namun, rumah minimalis satu lantai adalah pilihan favorit. Pada artikel ini, Tim Sejasa akan menjabarkan seluk beluk persiapan hingga biaya bangun rumah minimalis.

Tentang Rumah Minimalis

Rumah minimalis merupakan konsep yang menekankan pengaturan perabotan yang minim, namun tetap fungsional sesuai kebutuhan pemiliknya. Meskipun dengan lahan terbatas, hunian minimalis tetap nyaman, aman, dan tenang.

Persiapan Bangun Rumah Minimalis

biaya bangun rumah minimalis

Sebelum memulai proses bangun rumah, Anda perlu melakukan persiapan dalam hal perencanaan detail rumah. Simak penjelasannya.

Menetapkan Tipe Rumah

Ada berbagai tipe rumah minimalis, yang masing-masingnya punya biaya yang berbeda pula. Diantara tipe yang banyak diminati adalah tipe rumah 21/24, tipe rumah 36, tipe rumah 45, tipe rumah 54, dan tipe rumah 60. Anda dapat memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran biaya yang dimiliki.

Menetapkan Detail Kebutuhan Rumah

Untuk mewujudkan sebuah rumah, Anda harus tahu jelas kebutuhan rumah. Seperti material bahan bangunan yang akan digunakan, jumlah ruangan yang akan dibangun dengan detail luasnya, jumlah kamar mandi, hingga perlengkapan rumah yang diperlukan.

Menemukan Jasa Kontraktor Berkualitas

Setelah menentukan tipe rumah dan detail kebutuhan rumah, Anda perlu memilih jasa kontraktor yang akan dipakai. Mengapa harus menggunakan jasa kontraktor? Anda akan sangat terbantu dan dimudahkan dalam proyek bangun rumah. Mulai dari perancangan RAB, mengurus perizinan, jasa arsitek, desain interior, hingga detail  kebutuhan tukang. Selain itu, dengan menggunakan jasa kontraktor proyek rumah jadi lebih terukur, tepat waktu, bergaransi, dan tentunya ada kontrak yang jelas.

Biaya Bangun Rumah Minimalis

Nah, setelah mengetahui detail persiapan sebelum bangun rumah, kini saatnya untuk membahas biaya. Dalam hal biaya bangun rumah, ada beberapa poin utama yang dapat diperhatikan yaitu perihal biaya beli tanah atau luas bangunan, biaya jasa kontraktor dan tukang, biaya material bangunan, serta biaya tak terduga.

Biaya untuk Beli Tanah

Dalam membangun rumah, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk tanah yang akan dibeli. Misalnya Anda ingin membangun rumah minimalis tipe 36/72. Jika harga tanah per meter persegi adalah Rp3.500.000, maka biaya beli tanah yang harus dikeluarkan adalah Rp3.500.000 x 72 meter persegi yaitu Rp252.000.000.

Biaya Jasa Kontraktor dan Tukang

Selanjutnya adalah perihal biaya jasa kontraktor dan tukang yang akan mewujudkan rumah minimalis Anda. Dalam hal ini, harga jasa kontraktor untuk rumah sederhana berkisar Rp1.200.000 – Rp1.500.000 per meter persegi. Namun, harga ini hanya kisaran, sehingga bisa berbeda setelah kesepakatan bersama kontraktor. Umumnya, jasa kontraktor ini terdiri atas 5 hingga 8 orang tukang dan kenek.

Biaya Material Bangunan

Membangun rumah akan membutuhkan material bangunan yang sangat banyak. Ini mencakup pondasi, dinding, lantai, genteng, atap, kusen pintu dan jendela, cat rumah. Anda juga akan membutuhkan material baja ringan, kayu, keramik, saniter, finishing, hingga instalasi listrik. Setiap material tersebut punya harga yang beragam sesuai dengan kualitasnya. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki. Klik di sini untuk informasi biaya material bangunan terbaru.

Biaya Tak Terduga

Ekspektasi seringkali tak sesuai dengan realita. Hal ini juga cenderung terjadi dalam proses bangun rumah. Harga di lapangan mungkin saja akan lebih mahal dari perkiraan akibat banyak hal. Selain itu, biaya tak terduga dapat terjadi karena penambahan area tertentu seperti taman, garasi atau carport, dan  kolam ikan. Sebaiknya, Anda menambahkan anggaran biaya tak terduga sebesar 10 persen dari keseluruhan anggaran yang dibuat. Jumlah ini terbilang cukup untuk biaya tak terduga.

Itulah rincian biaya bangun rumah minimalis yang dapat dijadikan perkiraan. Anda juga bisa menghitung biaya bangun rumah melalui kalkulator bangun rumah Sejasa. Jika membutuhkan jasa kontraktor yang berkualitas dan berpengalaman, Sejasa siap membantu Anda. 

Buat permintaan jasa melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com, kemudian kami akan memberikan maksimal 6 rekomendasi jasa kontraktor. Anda dapat mempertimbangkannya dengan mengecek portofolio dan review dari pelanggan sebelumnya. Mitra jasa kontraktor Sejasa telah terverifikasi dan merupakan jasa profesional. Tunggu apa lagi? Buat permintaan jasa sekarang, dan kami akan bantu wujudkan rumah impian Anda.

biaya bangun rumah minimalis
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.