Desain Rumah Tipe 36, Hunian Minimalis yang Nyaman

Umumnya, rumah-rumah di Indonesia dibedakan berdasarkan tipe dan angka tertentu. Seperti rumah tipe 36, yang sangat familiar bagi banyak orang. Rumah tipe 36 adalah rumah yang memiliki luas 36 meter persegi.

Rumah tipe 36 biasanya terdiri dari dua kamar tidur, ruang tamu sekaligus ruang keluarga, satu atau dua kamar mandi, dan ruang dapur. Namun, seiring berkembangnya waktu sudah terdapat beragam rancangan rumah tipe 36 ini. Rumah tipe ini cocok utuk keluarga kecil yang memiliki satu atau dua orang anak atau rumah untuk pasangan yang baru menikah.

Untuk Anda yang berencana membangun hunian minimalis dengan tipe 36 ini, tim Sejasa telah merangkum desain terbaik yang bisa jadi inspirasi untuk Anda dalam membangun rumah.

1. Rumah sederhana dengan satu lantai

rumah tipe 36
arsiteki

Desain rumah sederhana untuk tipe 36 terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, satu ruang keluarga, serta garasi. Dengan desain yang sederhana ini, Anda bisa mengalihkan kebutuhan dapur pada area belakang rumah. Dapur seperti ini bisa merangkap dengan ruang makan terbuka.

2. Rumah dua lantai dengan 2 kamar tidur

rumah tipe 36
ruangarsitek.id

Jika merasa rumah dengan satu lantai tidak cukup, maka Anda bisa memaksimalkannya dengan menerapkan dua lantai. Meskipun tetap terlihat cukup mungil, rumah ini memiliki kapasitas dua kamar tidur yang berada di lantai satu dan lantai dua. Rancangan rumah minimalis ini memiliki garasi carport, taman, ruang tamu yang menyatu dengan ruang makan, serta dapur di area belakang. Ini cocok untuk pasangan baru atau yang mungkin baru memiliki satu orang anak. 

3. Rumah dua lantai dengan 4 kamar tidur

rumah tipe 36
insinyurbangunan

Dengan desain seperti pada gambar di atas, mampu memberikan kebutuhan kamar tidur yang maksimal, yaitu empat kamar. Rancanangan seperti ini cocok untuk Anda yang memiliki 4 empat anggota keluarga atau lebih.

Di lantai satu, terdapat dua kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, ruang dapur, dan garasi dengan kapasitas satu unit mobil. Di lantai dua, terdapat dua kamar tidur lainnya, kamar mandi, serta terdapat ruang keluarga dan balkon.

4. Rumah tanpa garasi

Rumah dengan desain tanpa garasi sangat pas untuk Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, sehingga area taman bisa lebih luas. Anda jadi lebih leluasa untuk mempercantik tampilan taman dengan beragam jenis tanaman serta menjadikannya area bersantai bersama keluarga. Rumah ini terdiri atas dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang keluarga sekaligus ruang tamu, dan dapur.

5. Rumah ekstra teras

pinimg

Desain rumah tipe 36 kadang masih menyisakan sedikit ruang. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan ruang ekstra tersebut menjadi teras minimalis. Tambahkan meja dan kursi teras yang senada dengan nuansa rumah, serta beberapa tanaman hijau.
Rumah dengan desain ini telah memenuhi kebutuhan standar keluarga kecil, dengan dua kamar tidur, dua kamar mandi, ruang tamu sekaligus ruang keluarga, dan dapur. Namun, tidak terdapat area garasi sehingga ini cocok untuk Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

This image has an empty alt attribute; its file name is newsletter-Mengapa-Denah-Rumah-3D-Penting-02-1024x167.jpg

6. Rumah  dengan teras depan dan belakang

insinyurbangunan

Jika menginginkan area teras di depan dan belakang rumah, maka desain ini mampu membuat hunian Anda jadi lebih asri. Selain untuk tipe 120, desain seperti gambar di atas juga bisa diterapkan pada tipe 36. Tedapat dua kamar tidur dan satu kamar mandi yang berada pada satu sisi. Di sisi lainnya, ada ruang tamu dan ruang makan. Dapur terletak pada teras belakang yang terbuka.

7. Rumah dengan dapur terbuka

Konsep dapur terbuka memberikan kesan leluasa pada hunian. Dengan begitu, dapur menyatu dengan ruang makan sehingga interaksi dengan anggota keluarga lainnya lebih mudah.

Desain dengan dapur terbuka ini juga memiliki dua kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, serta area bersantai di teras depan rumah. Anda dapat melengkapi berbagai perabotannya agar bisa memaksimalkan quality time dengan keluarga.

Berbagai desain rumah minimalis tipe 36 di atas dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Hal penting yang harus diperhitungkan yaitu anggaran alias budget, agar proses pengerjaan lebih efisien dan lebih jelas. Jika masih bingung, Anda dapat menggunakan kalkulator bangun rumah Sejasa.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *