denah rumah minimalis 3d

Desain Rumah Minimalis 1 & 2 Kamar Tidur 3D 2021

Salah satu unsur penting dalam membuat rumah adalah desain. Denah/desain rumah merupakan bagian dari perencanaan dan menjadi sebuah gambaran hunian seperti apa yang diinginkan. Visualisasi ini lah yang membantu kontraktor dalam mewujudkan rumah yang klien inginkan. Sejasa merangkum desain rumah minimalis modern dalam bentuk gambar 3 dimensi (3D) yang cocok hunian baru 2021.

Desain Rumah Minimalis 3D 1 Kamar Tidur

Desain Rumah Minimalis 3D 2 Kamar Tidur

Alasan Anda Membutuhkan Desain Rumah Minimalis 3D

Denah rumah atau floor plan rumah 3 dimensi memiliki keunggulan utama yaitu tampilannya yang realistis. Ini dapat menjadi kunci bagi Anda yang ingin menuangkan ide sebelum mewujudkan hunian impian menjadi kenyataan. Desain ini relatif mahal di kelasnya, tetapi manfaat yang didapatkan akan sepadan dengan harganya. Beberapa poin di bawah ini menjelaskan keuntungan denah 3D sekaligus menjadi alasan mengapa Anda membutuhkannya saat bangun rumah.

Denah memberikan proyeksi yang jelas dan detil

Pada rancangan 2 dimensi (2D) hadir dengan ukuran dan angka tapi tidak menawarkan dimensi. Sketsa tampilan rumah dalam 3 dimensi memberikan penggambaran yang lebih jelas, detil, serta realistis dibandingkan dalam 2D. Pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan ini akan berpegang pada satu rancangan yang sama agar terhindar dari kesalahpahaman.

Desain membuat hidup semakin nyaman

Desain membuat rumah lebih terorganisir dan membuat hidup pemiliknya jadi lebih mudah. Anda akan lebih mengenal alur tempat tinggal seperti letak ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan ruangan lainnya. Saat lelah sehabis beraktivitas seharian penuh, Anda tak akan sulit mencari tempat untuk berisitirahat. Jika sebagian besar waktu Anda dihabiskan di rumah, desain ini pun akan memenuhi dan mendukung kegiatan rutin Anda.

Mampu mengondisikan mood dalam rumah

Ingin membuat suasana yang hangat dengan warna cerah atau suasana sejuk dengan warna gelap atau monokrom? Tak perlu menebak-nebak hasilnya seperti apa. Inilah fungsi desain rumah 3D sebagai cerminan mood yang ingin Anda ciptakan dalam rumah. Jika ingin menata ulang rumah, cobalah membuat sketsa ini. Anda pun dapat mengeksplor perpaduan warna yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya!

Rumah akan lebih mampu bercerita tentang pemiliknya

Rumah dengan desain yang baik akan lebih berkarakter daripada yang tidak didesain sebelumnya. Bukan cuma untuk penghuninya, tapi juga yang berkunjung ke rumah. Membuat orang lain nyaman di lingkungan baru adalah sebuah keberhasilan pemilik rumah tersebut. Bayangkan jika Anda mengundang tamu ke dalam rumah dan mereka berkata, “Rumahnya nyaman dan adem. Persis juga seperti karaktermu!”.

Tak hanya memengaruhi kehidupan sosial, hal ini juga sedikit banyak memengaruhi reputasi personal dan profesional. Misalnya, Anda mengundang pihak yang akan menjadi partner bisnis. Bagaimana kalau mereka masuk ke dalam rumah Anda, tapi mereka merasa kurang nyaman? Pasti tidak mengenakkan, bukan?

Pemilihan material menjadi lebih mudah

Dengan bantuan sketsa 3D, arsitek dan pemilik rumah dapat memilih dan meninjau baragam jenis material yang sesuai kebutuhan tiap ruangan. Lalu secara berkala, Anda mengunjungi toko bahan bangunan untuk memesan material berdasarkan gambar denah yang dirancang sebelumnya. Contohnya, Anda membutuhkan ubin untuk kamar mandi, kloset, bathtub, dan shower sebagai pelengkapnya. Jika memang sistemnya pre order , pihak kontraktor harus segera membangun kamar mandi saat materialnya sampai di rumah. Jadi, tidak ada penundaan menyelesaikan proyek.

Memilih furnitur yang tepat sesuai panduan denah

Salah satu kendala memilih furnitur dalam rumah adalah soal ukuran, apakah terlalu besar atau terlalu kecil. Denah tersebut sudah memiliki skala sehingga memudahkan pemiliknya untuk mengukur area yang akan dimasukkan perabot serta memilih barang dengan dimensi yang benar. Dengan patokan yang jelas, ruangan tidak akan terasa terlalu sempit atau kosong.

Teknologi perangkat lunak 3D akan memungkinkan Anda menilik rumah dengan gaya desain tertentu. Keunggulan ini menjadikan pemilihan dan pembelian perabot lebih mudah sesuai tema yang diinginkan.

Meningkatkan keberhasilan sebuah proyek

Desain 3D menjadi panduan utama dari proses awal hingga akhir dengan penggambaran dengan tingkat akurasi tinggi. Pemilik akan lebih yakin dan lebih puas dengan hasilnya. Itulah mengapa tingkat keberhasilannya lebih tinggi serta menguntungkan bagi pihak-pihak yang terlibat.

Pihak kontraktor akan mempekerjakan beberapa tukang untuk mengerjakan lantai, pompa, kerangka kayu, dan lain-lain. Setiap keahlian ini harus bekerja sesuai rencana yang diinginkan pemilik proyek. Desain ini membantu para sub-kontraktor menyelesaikan tugasnya. Adanya layout, skala, dan dimensi pada setiap ruangannya , akan sangat membantu mereka dalam pengukuran secara tepat.

Menghemat waktu dan tenaga

Keuntungan ini bisa dirasakan bagi desainer maupun calon pemilik hunian. Bagi para drafter (pembuat gambar bangunan), dengan menggunakan software desain akan menghemat waktu pembuatannya. Mereka tak perlu membuat secara manual, menggambar di atas kertas, mengukur dengan penggaris, atau khawatir bila terjadi kesalahan perhitungan. Dengan teknologi yang terkomputerisasi, penyusunan bakal secara lebih presisi dan detil dari segi pengukuran, skala, maupun desain.

Bagi yang ingin penjual dan pembeli properti, denah ini sangat berguna untuk menghemat waktu serta tenaga. Penjual dapat menawarkan properti secara lebih spesifik ke calon pembelinya. Tidak perlu repot untuk menunjukkan hunian dari satu tempat ke tempat lain yang berpotensi ditolak oleh pembeli. Sementara itu, calon pembeli tak perlu mengunjungi properti satu per satu yang kemungkinan tidak memenuhi selera mereka.

Desain rumah minimalis memenuhi kebutuhan pemiliknya

Rumah dengan perencanaan yang baik akan mengutamakan kebutuhan dan prioritas pemiliknya. Misalnya, rumah untuk keluarga dengan anak kecil tentu akan berbeda dengan rumah yang ditinggali oleh lansia. Rumah yang akan ditempati oleh keluarga dengan anak remaja pun akan berbeda dengan rumah yang akan ditinggali oleh pasangan yang baru menikah. Denah tersebut akan selalu mengikuti apa saja yang dibutuhkan demi kemudahan hidup pemiliknya.

Mudah untuk direvisi atau diubah

Denah lantai 3D hadir dengan beberapa sudut dan jalan penelusuran. Maksudnya, Anda dapat melakukan tur dalam rumah dan melihat detil yang akan dikerjakan dan diaplikasikan. Selain itu, rancangan ini dapat diubah jika ada satu dua hal yang keliru. Dengan menggunakan software perancang 3D, pengubahan dan revisi denah hanya membutuhkan sedikit waktu sehingga proyek dapat tetap berjalan dengan semestinya.

Dapat digunakan untuk desain interior sekaligus

Gambar denah 2D dan cetak biru hanya menawarkan pengukuran konstruksi, tapi tidak dengan rincian interior. Bagaimana dengan denah 3D? Anda akan mendapatkan dua hal itu sekaligus! Sebuah keunggulan yang benar-benar praktis bagi proyek Anda.

Mungkin denah lantai 3D relatif lebih mahal dari model 2D, tapi ada banyak hal yang Anda dapat dari model 3D ini. Rancangan ini mencakup semua aspek dalam proyek pembangunan rumah, Bagi pemilik rumah, denah ini akan berguna melihat rumah impian lewat sebuah desain. Di sisi lain, pihak kontraktor akan memiliki pandangan yang sangat jelas terhadap rumah yang mereka kerjakan.

Demikian contoh dan pentingnya desain rumah minimalis 3D untuk hunian Anda. Tips ini dapat diterapkan untuk calon rumah, apartemen, maupun jenis bangunan lainnya. Semoga bermanfaat!

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.