Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Perbaikan Saluran Air

Permasalahan dalam perbaikan saluran air merupakan hal yang tidak bisa dihindari bagi pemilik rumah manapun. Biasanya, masalah tersebut terjadi karena pipa sudah tua, kesalahan dalam pemasangan, atau permasalahan lain akibat pemeliharaan yang tidak baik. Akibatnya, pipa mampet, keran air bocor, tekanan air rendah, serta pipa bocor.

Beberapa dari permasalahan saluran air tersebut sebenarnya sangat sederhana dan mudah diatasi. Namun, ada beberapa hal yang kesalahan yang seringkali dilakukan sehingga bisa mengacaukan keadaan saluran air di rumah Anda. Berikut penjelasannya.

1. Terlalu Mengencangkan Sambungan


perbaikan saluran air
Mengencangkan tabung suplai, pipa, fitting, dan baut toilet secara berlebihan adalah sebuah kesalahan. Jika Anda mengencangkannya  terlalu keras, maka beresiko merusak fitting. Hal itu bisa mengakibatkan adanya retakan pada saluran pipa air, sehingga menyebabkan kebocoran dan banjir.

2. Penggunaan Pita Benang yang Salah

perbaikan saluran air
water irrigation

Pita PTFE, yang biasanya disebut pita teflon harus dipasang melilit searah jarum jam di sekitar ulir agar berfungsi dengan baik. Namun, kebanyakan orang melilitnya ke arah yang berlawanan, sehingga pita benang terlepas.

Tips membungkusnya yang benar:

  • Bungkus atau lilitkan tiga kali di sekitar benang pita, pastikan bungkus terakhir menghadap ke kiri saat Anda memasang pipa ke fittingnya. Jika bungkus terakhir mengarah ke kanan, maka hentikan dan bungkus kembali.
  • Gunakanlah pita benang yang tepat, yaitu yang berwarna putih atau merah muda yang tebal.

3. Menanganinya Tanpa Peralatan Suku Cadang


Dalam menangani masalah plumbing seperti perbaikan pipa saluran air, kelengkapan alat suku cadang sangat penting. Seperti segel batang keran, cincin O, dan suku cadang lain yang diperlukan untuk menangani kebocoran.

Sebaiknya, Anda memiliki jadwal yang rutin untuk membeli perlengkapan suku cadang untuk persiapan jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada pipa air.

4. Terlalu Bertenaga Saat Menutup Katup Air

perbaikan saluran air                                                                                                                   

Katup penutup wastafel dan toilet cenderung macet saat tidak dioperasikan untuk jangka waktu yang lama. Jika Anda tidak dapat memutar kenop dengan tangan, jangan berpikir untuk menyelesaikan masalah ini dengan menerapkan lebih banyak otot alias dengan tenaga ekstra.

Jika melakukannya, Anda dapat mematahkan batang katup secara bersamaan. Masalahnya adalah segel pengepakan batang telah dilas sendiri ke batang katup, sehingga mencegahnya berputar.

Cara mengatasinya adalah menggunakan kunci pas yang dapat disesuaikan untuk melonggarkan mur batang cukup untuk memutuskan ikatan sehingga Anda dapat memutar kenop. Setelah selesai, cukup pasang mur batang dan pastikan tidak ada kebocoran.

5. Tidak Memiliki Alat yang Tepat

family handyman

Tukang pipa membuat pekerjaan terlihat mudah karena mereka selalu memiliki alat yang tepat. Untuk itu, Anda sebagai pemilik rumah harus memiliki alat yang tepat pula untuk mengatasi berbagai masalah plumbing yang akan terjadi.

Anda dapat mencegah kerusakan pipa dengan membeli satu set kunci pas pipa internal dan eksternal. Selain itu, hindari merusak lapisan pada keran air Anda dengan kunci pas tali.

Meskipun terlihat sederhana dan mudah dilakukan sendiri, perbaikan saluran air kadang bisa memusingkan pemilik rumah. Untuk itu, jika terjadi permasalahan pipa air Anda tentu membutuhkan jasa tukang ledeng yang profesional untuk menyelesaikannya. Anda bisa pesan jasa pertukangan di aplikasi atau website Sejasa.com

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *