biaya renovasi rumah

Hal Penting Dalam Menghitung Biaya Renovasi Rumah

Renovasi rumah penting untuk dilakukan jika Anda ingin mengubah desain rumah maupun terdapat kerusakan pada area rumah. Area luar rumah sangat rentan rusak disebabkan oleh sinar matahari, hujan deras, maupun dirusak oleh binatang. Berbagai kerusakan sangat mungkin terjadi seiring berjalannya waktu dan material bangunan yang telah dimakan usia. Oleh karena itu, sebagai pemilik rumah, Anda harus punya perencanaan yang matang sebelum melakukan renovasi. Simak artikel ini untuk mendapatkan penjelasan detail mengenai biaya renovasi rumah.

Perhitungan Estimasi Biaya Renovasi Rumah

Untuk membantu Anda mengetahui biaya yang Anda perlukan untuk merenovasi rumah yang sesuai dengan keinginan Anda, Tim Sejasa.com membagikan biaya estimasi renovasi rumah mulai dari tenaga kerja, kisaran biaya per meter persegi, serta contoh RAB.

Biaya Tenaga Kerja

Ketika hendak merenovasi sebuah rumah, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa metode jasa yang berlaku. Yaitu dengan sistem harian, borongan jasa, serta borongan penuh.

Untuk biaya tukang borongan harian, dikenakan biaya sekitar Rp150.000,00 – Rp200.000,00 per harinya untuk 1 tukang. Biaya ini hanya untuk biaya jasa saja. Belum termasuk untuk biaya material.

Sementara untuk jasa borongan, di mana Anda membayar jasa berdasarkan luas proyek yang akan dikerjakan, biayanya sekitar Rp1.000.000,00 – Rp1.500.000,00/m2. Untuk sistem ini, biaya yang harus dibayar sudah pasti dan waktu pengerjaan memiliki tenggatnya tersendiri.

Namun, akan berbeda lagi jika terdapat kendala. Misalnya, hujan atau faktor lainnya yang menyebabkan lama pengerjaan bertambah. Anda tidak perlu membayar lebih, sebab penghitungannya sudah ditentukan berdasarkan luas bangunan, bukan berdasarkan lama pengerjaannya.

Biaya Jasa dan Material

Biaya jasa dan material lebih dikenal dengan istilah ‘sistem pembayaran borongan penuh’. Untuk sistem ini, Anda tidak perlu lagi repot membeli bahan-bahan bangunan, sebab biaya yang Anda bayar sudah termasuk jasa tukang bangunan lengkap dengan materialnya.

Apabila yang Anda butuhkan adalah renovasi besar, bukan renovasi rumah sederhana, maka kisaran harga mulai dari Rp2.500.000,00 – Rp4.000.000,00/m2. Harga ini tergantung pada jenis material yang Anda pilih.

Pada tarif dua setengah juta, yang Anda dapatkan adalah material dengan grade paling bawah, tapi yang pastinya tetap sesuai dengan SNI. Untuk biaya Rp4.000.000,00/m2, Anda akan mendapatkan material premium.

Lantai akan diberikan finishing granite tile 60×60 bermerek Niro, Roman serta Essenza, untuk cat interior SNI berkualitas seperti Dulux dan Mowilex, cat exterior Weathershield, plafon dan gypsum dari Jaya Board, serta pintu dan jendela aluminium dengan kaca temperred.

Biaya untuk Tanah dan Bangunan

Apabila tanah Anda sudah cukup, Anda tidak perlu menghiraukan bagian ini. Anda hanya perlu menghitung biaya material dan jasa per meternya, maka sejumlah itulah gambaran biaya yang Anda perlukan.

Untuk biaya membeli tanah, misalnya Anda ingin mempeluas rumah sebesar 25 meter persegi. Harga tanah di lokasi yang Anda inginkan dijual senilai Rp1.000.000,00/m2. Maka biaya yang Anda butuhkan adalah 25x Rp1.000.000,00 = Rp 25.000.000,00.

Biaya Lain-lain

Rumah merupakan investasi yang besar, sehinggaAnda membutuhkan perencanaan serta biaya yang cukup ketika hendak melakukan renovasi. Anda tidak bisa hanya mempersiapkan dana sesuai dengan hitungan di awal.

Sebaiknya, siapkan biaya lain-lain karena selama proses pengerjaan, besar kemungkinan akan terjadi hal-hal yang di luar dugaan. Misalnya, harga material meningkat, atau di tengah-tengah pengerjaan Anda ingin mengubah bentuk yang sudah jadi, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan dana untuk hal ini. Idealnya, Anda menyiapkan dana tambahan sebesar 10% dari total biaya renovasi rumah yang Anda hitung.

Estimasi Total

Setelah mengetahui kisaran harga tanah serta biaya jasa dan material, Anda bisa menghitung total dana yang dibutuhkan. Misalnya, Anda ingin melakukan renovasi rumah minimalis dengan tipe 36.

Jadi, ukuran rumah yang ingin direnovasi ditambah perluasan rumah menjadi seluas 61 meter persegi. Lalu, Anda memilih sistem pembayaran borongan penuh dengan kualitas material standar Rp2.500.000,00/m2.

Hitungannya adalah, 61 x Rp2.500.000,00 = Rp152.500.000,00. Ditambahkan dengan harga tanah menjadi Rp177.500.000,00. Ditambahkan biaya lain-lain sebesar 10% dari biaya renovasi rumah yaitu Rp17.750.000,00.

Maka, total estimasi biaya yang Anda butuhkan adalah sejumlah Rp195.250.000,00.

Rancangan Anggaran Biaya (RAB)

Untuk merenovasi sebuah rumah, sangat penting Anda mengetahui harga-harga material yang Anda perlukan. Berikut kami sajikan contoh RAB untuk memudahkan Anda.

Biaya Renovasi Rumah

biaya renovasi rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *