desain kamar mandi

Wajib Tahu! Ini 6 Prinsip Desain Kamar Mandi yang Sehat

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan penting dalam rumah yang membutuhkan perawatan maksimal. Seringkali kita tidak terlalu memperhatikan bagian ini, kamar mandi hanya mendapat sentuhan desain dan dekorasi seperlunya saja. Padahal, dalam pemilihan desain kamar mandi, seperti hal pencahayaan, warna, lantai, dan lain-lain dapat berdampak cukup serius pada kesehatan kita.

Sesampai di rumah, setelah lelah seharian di kantor atau setelah berbagai kegiatan di luar lainnya, hal pertama yang pasti terlintas di pikiran adalah segera membersihkan diri. Mandi atau mungkin mandi air hangat di kamar mandi adalah hal terbaik. Desain kamar mandi yang tepat dapat memberikan rasa tenang, mengurangi stres, hingga memberikan rasa nyaman ketika Anda berada di dalamnya. Apakah Anda sedang berencana mengubah desain kamar mandi? Terapkan 6 prinsip berikut ini.

Prinsip Desain Kamar Mandi

Manfaatkan Sinar Matahari

Pencahayaan kamar mandi sering diabaikan. Kebanyakan orang biasanya lebih suka hanya menempatkan jendela kecil saja di kamar mandi. Sedangkan kamar mandi membutuhkan banyak cahaya alami, terutama untuk kamar mandi kecil.

Ini disebabkan oleh sinar matahari yang mampu mencegah kamar mandi terlalu lembab. Kamar mandi pasti akan terasa lebih nyaman ketika mendapatkan cahaya alami. Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan jendela besar, Anda bisa memasang skylight.

Pencahayaan yang Memadai

Meski Anda memanfaatkan sinar matahari alami secara maksimal, bukan berarti pencahayaan di kamar mandi bisa diabaikan. Pencahayaan tetap diperlukan, terutama untuk menerangi aktivitas di kamar mandi pada sore dan malam hari. Pilih lampu yang tahan terhadap uap dan percikan air. Tempatkan lampu di tempat-tempat penting seperti toilet dan wastafel.

Menyediakan Tempat Penyimpanan

Perlengkapan kamar mandi bisa dibilang cukup banyak. Dari persediaan handuk, mantel mandi, sabun, pasta gigi, shampo, pengharum kamar mandi mandi hingga mainan anak. Oleh karena itu, ruang penyimpanan sangat diperlukan. Tanpa penyimpanan yang tepat, akan membuat kamar mandi Anda terlihat berantakan. Ruang penyimpanan ini bisa berupa lemari kecil, laci atau keranjang. Jadikan kamar mandi Anda lebih tertata dan nyaman dengan banyak ruang penyimpanan.

Peralatan Kamar Mandi yang Sesuai

Tidak semua rumah memiliki ruang kamar mandi yang besar. Jika kamar mandi Anda kecil, jangan memaksakan diri untuk memasukkan terlalu banyak peralatan. Pilihlah peralatan berdasarkan kebutuhan dan ukuran kamar mandi. Anda bisa memasang shower untuk lebih menghemat ruang. Perlu diingat bahwa peralatan yang terlalu banyak akan membuat kamar mandi terasa sempit, sehingga tidak lagi menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai.

Perhatikan Hal-hal Kecil

Harga peralatan dan perlengkapan untuk kamar mandi cukup mahal. Sayangnya, banyak hal-hal kecil dilupakan begitu saja. Tidak jarang, peralatan dan perlengkapan tambahan menjadi terlihat “aneh” di kamar mandi. Misalnya, memasang sekat kaca shower yang terlalu dekat dengan lemari penyimpanan sehingga akan menyulitkan pembersihan sekat kaca. Atau bisa juga rak handuk yang terlalu dekat dengan shower sehingga handuk berisiko menjadi basah saat Anda mandi. Oleh karena itu, saat memasang peralatan dan perlengkapan, perhatikan hal-hal kecil tersebut secara detail.

Selain Memanjakan Mata, Juga Mengutamakan Fungsi

Kamar mandi yang menarik pasti menjadi impian banyak orang. Namun, Anda harus mengutamakan fungsi kamar mandi, bukan hanya keindahannya. Pastikan kamar mandi berfungsi dengan baik, mudah dibersihkan, dan dapat diakses oleh semua orang. Mudah dan nyaman digunakan untuk anak-anak dan orang tua.

Apapun gaya desain kamar mandi, pastikan kamar mandi di rumah Anda berfungsi dengan baik. Pastikan lokasi kamar mandi sesuai dengan kebutuhan Anda. Prioritaskan hal-hal penting seperti lokasi kloset, kran air, hingga bak mandi. Selain itu, pertimbangkan untuk menempatkan perlengkapan mandi untuk akses yang lebih mudah.

Demikian uraian tentang prinsip desain kamar mandi yang dapat Anda jadikan referensi. Bagi Anda yang akan membangun kamar mandi atau renovasi kamar mandi, Anda bisa mendapatkan jasa desainer melalui aplikasi Sejasa dan website sejasa.com. Rasakan mudahnya mendapatkan berbagai jasa yang terpercaya, professional dan tervalidasi.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *