biaya renovasi kamar mandi

Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi Terlengkap

Melakukan renovasi kamar mandi adalah salah satu upaya terbaik untuk menciptakan kenyamanan di rumah. Jika kondisi kamar mandi Anda tidak begitu baik, maka pertimbangkanlah untuk melakukan renovasi. Pada artikel ini, Tim Sejasa merangkum informasi mengenai biaya renovasi kamar mandi dan hal penting yang perlu dipertimbangkan.

Ada beberapa faktor yang membuat Anda harus melakukan renovasi kamar mandi. Diantaranya adalah pencahayaan yang buruk, kondisi keramik yang retak atau pecah, bak mandi yang rusak, shower yang tidak berfungsi dengan baik, kebocoran air ke lantai bawah, wastafel, dan kloset (WC) rusak.

Belakangan ini, dibanding hanya menyewa tukang, banyak pemilik rumah lebih memilih untuk melakukan renovasi kamar mandi. Dengan begitu, keadaan kamar mandi lebih nyaman tanpa noda dan jamur, sehingga lebih aman untuk orang tua dan anak-anak.

Tahapan Renovasi Kamar Mandi

biaya renovasi kamar mandi

Sebelum mengetahui biaya renovasi kamar mandi di Indonesia, Anda perlu mengetahui apa saja standar lingkup pekerjaan untuk renovasi kamar mandi. Beberapa pekerjaan dapat dilakukan secara mandiri, namun biasanya melibatkan tahapan pengerjaan seperti berikut:

  • Menghancurkan ubin keramik lama (lantai dan/atau dinding)
  • Saluran air dan hal terkait pipa
  • Membangun sekat atau partisi yang ditinggikan atau bilik pancuran
  • Pengerjaan seputar kabel dan listrik (pemanas air, penerangan, dan titik steker)
  • Ubin di lantai dan dinding (ketinggian setengah atau penuh)
  • Pemasangan pintu dan jendela baru, atau tirai shower
  • Pemasangan perlengkapan dan aksesoris kamar mandi baru
  • Pengecatan dinding

Biaya Renovasi Kamar Mandi Berdasarkan Bagian yang Diubah

Setelah mengetahui beberapa tahapan pengerjaan pada renovasi kamar mandi, sekarang saatnya Anda mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan.

Jenis Renovasi Harga
Keramik dinding Rp1,000,000
Keramik lantai Rp200,000
Cat Dinding Rp200,000
Wastafel Rp400,000
WC/Kloset Duduk Rp2,000,000
Shower Rp500,000
Sekat Kaca Rp1,000,000
Bathtub Rp3,000,000
Lemari atau floating shelf Rp400,000
Lampu LED Rp200,000

Faktor-faktor Penentu Biaya Renovasi Kamar Mandi

biaya renovasi kamar mandi

Umumnya, kamar mandi yang terdapat shower, toilet, dan wastafel berukuran 1,5 m x 2,4 m. Ini merupakan ukuran ideal untuk penggunaan mandi dan buang air. Beberapa penghuni rumah kadang membutuhkan kamar mandi dengan area berhias, memasang bathtup, dan dekorasi lainnya. Jika dengan keadaan ini, maka bagian 1,5 m perlu diubah. Mungkin bisa menjadi ukuran 2 m x 2 m atau lebih luas lagi. Berikut penjelasannya.

Menghancurkan dan perombakan kamar mandi

Jika kondisi ubin lantai dan dinding kamar mandi Anda sangat buruk, maka pertimbangkanlah untuk merombak ubin. Untuk mengatasi keadaan ubin retak, kusam dan usang, maka perombakan total adalah solusinya. Pengerjaan ini biasanya mencakup pembongkaran perlengkapan kamar mandi yang ada, seperti wastafel, toilet, dan plester langit-langit kamar mandi.

Perbaikan saluran air dan pipa

Ini merupakan langkah opsional yang dapat dilakukan hanya jika Anda berniat mengubah tata letak kamar mandi. Misalnya ingin memindahkan posisi wastafel atau shower mandi. Anda dapat menggunakan jasa tukang ledeng untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Ubin

Untuk keamanan, gunakan ubin porselen yang anti slip dan sedikit bertekstur untuk lantai kamar mandi. Ubin seperti ini lebih tahan lama dan mudah dibersihkan. Sedangkan untuk dinding, Anda dapat memilih untuk memasang ubin keramik sampai ke langit-langit atau hanya setinggi badan orang dewasa. Sisa dinding dapat dicat menggunakan cat yang tahan lembab dengan warna senada.

Perlengkapan dan aksesoris kamar mandi

Harga perlengkapan kamar mandi seperti wastafel, WC dan bathtub bervariasi tergantung ukuran, jenis dan merknya. Misalnya, toilet TOTO berteknologi tinggi dengan penghangat kursi dan bidet terpasang mungkin terdengar keren, tetapi ini dapat menambah budget Anda.

Hal yang sama berlaku untuk aksesoris seperti faucet, showerhead, dan bidet. Ini bergantung pada pertumbangan Anda sebagai pemilik rumah. Apakah ingin melakukan renovasi secara royal atau memotong biaya seperlunya.

Kaca shower screen dan pintu

Jika saat ini Anda menggunakan tirai shower untuk memisahkan area shower, maka memasang pintu shower kaca bisa jadi solusinya. Gunakanlah kaca tempered untuk memberikan hasil maksimal dan tahan lama. Selain itu, pembersihannya mudah.

Lemari

Jika area kamar mandi Anda cukup luas dan ingin menambahkan lemari, maka pasanglah di atas wastafel atau di atas WC. Beberapa pemilik rumah juga bisa memasang lemari sempit dan floating shelves pada area kamar mandi kering untuk menyimpan handuk ekstra dan tisu toilet.

Pemasangan plafon gipsum

Beberapa kamar mandi mungkin memiliki langit-langit yang sangat tinggi dengan pipa terbuka pada bagian atas. Untuk itu, Anda bisa melakukan penyegaran tampilan kamar mandi dengan menutupi pipa atau pemanas air yang terbuka dengan plafon gipsum.

Pencahayaan

Pasang lampu LED dengan warna siang hari yang sejuk sebagai lampu utama untuk kamar mandi. Kemudian, Anda juga dapat menambahkan lampu yang lebih mewah di atas wastafel dan cermin, dan lampu strip LED tersembunyi di bawah kabinet untuk menciptakan suasana seperti hotel di kamar mandi Anda. Cek inspirasi kamar mandi modern di sini.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *