memulai self love

Memulai Self Love untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

Setiap harinya, Anda disibukkan dengan berbagai aktivitas tanpa henti. Baik itu dalam hal pekerjaan kantor, bisnis, keluarga, maupun rumah tangga. Hal itu membuat banyak orang tidak terpikirkan untuk memulai self love bagi dirinya sendiri.

Mungkin istilah self love cukup familiar bagi kebanyakan orang. Tapi, tahukah Anda apa itu konsep self love dan alasan pentingnya menerapkan self love untuk hidup kita?

Apa itu Self Love?

Self love merupakan suatu keadaan ketika seseorang memberikan penghargaan pada dirinya sendiri melalui tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual. Mencintai diri sendiri berarti kita menghargai keberadaan dan kebahagiaan diri sendiri. Keduanya bisa diwujudkan dengan menjaga kebutuhan sendiri dan tidak mengorbankan diri untuk hal lain secara berlebihan.

Bagi beberapa orang, konsep self love adalah hal yang berlebihan sehingga mereka mengabaikannya. Saat berbicara soal self-love, mungkin Anda membayangkan seseorang yang membaca buku self-help atau yang berkaitan dengan pengembangan diri. Namun, sebenarnya self love lebih dari sekedar itu.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa self love menjadi kunci kesehatan mental, mampu menjauhkan diri dari depresi dan kecemasan. Dengan melakukan self love, seseorang akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Tips Memulai Self Love

memulai self love

Mencintai diri sendiri dapat dilakukan dengan cara yang berbeda untuk setiap orang. Hal itu disebabkan oleh masing-masing orang punya treatment berbeda untuk menghargai dirinya sendiri.

Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan hal berikut untuk memulai self love:

  • Berbicara dengan diri sendiri dengan penuh cinta
  • Prioritaskan diri sendiri
  • Beri waktu jeda untuk beristirahat
  • Percaya diri dan jujur pada diri sendiri
  • Tetapkan batasan yang sehat
  • Memaafkan diri sendiri ketika merasa tidak jujur atau tidak baik pada diri sendiri
  • Lakukan perawatan diri sesuai dengan apa yang diri Anda butuhkan
    memulai self love

Dengarkan kebutuhan tubuh, dengan melakukan:

  • Istirahat dari pekerjaan dan bergerak
  • Jauhkan handphone sesaat, dan beri waktu untuk berkomunikasi dengan diri sendiri
  • Makan makanan yang sehat. Sesekali, manjakan diri dengan makanan favorit.Alasan Pentingnya Self Love

Kepuasan Hidup

Mencintai diri sendiri sangat penting untuk kepuasan hidup yang lebih besar. Ketika lebih mencintai diri kita sendiri, kita langsung mengubah perspektif kita tentang dunia. Mencintai diri sendiri dapat memberi kita sikap yang lebih positif terhadap kehidupan.

Mendorong untuk Memiliki Kebiasaan Baik

Mencintai diri sendiri berarti mencintai tubuh, jiwa, dan pikiran Anda. Oleh karena itu, orang yang rutin melakukan self-love seringkali menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang akan berdampak pada ketenangannya. Dengan demikian, dapat membantu kita menyesuaikan kebiasaan sehat.

Jika Anda mulai mencintai tubuh dan pikiran Anda lebih dari yang lain, Anda tidak akan bekerja selama akhir pekan; Anda lebih suka berkendara atau melakukan aktivitas lain yang menenangkan pikiran Anda. Hal lain yang bisa dilakukan ialah melakukan perawatan seperti haircare, memesan jasa pijat dan refleksi, atau manicure pedicure.

Kesehatan Mental Jadi Lebih Baik

Orang yang mencintai diri sendiri cenderung tidak menderita kecemasan atau depresi. Rutin melakukan self love akan membuka jalan menuju pola pikir positif untuk sukses dalam hidup dan untuk kesejahteraan mental.

Jika Anda mengalami minggu yang berat, ambil libur akhir pekan dan bepergianlah ke suatu tempat; matikan ponsel Anda dan beri diri Anda ‘me time‘. Anggap diri Anda penting juga; cintai dirimu sendiri seperti mencintai teman dan keluarga.

Kebahagiaan dan self love saling berkaitan, kita semua berhak untuk bahagia. Bahkan PBB memiliki resolusi tentang kebahagiaan, yang mana kebahagiaan dan kesejahteraan merupakan tujuan universal. Oleh karena itu, kita tidak boleh berusaha untuk menjadi sempurna, tetapi kita harus berusaha untuk mencintai diri kita sendiri dan meneruskan cinta itu kepada orang lain.

Self love adalah kunci kebahagiaan. Seseorang yang bahagia berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk mencapai kesuksesan dalam setiap aspek kehidupan.

memulai self love
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *