Wajib Tahu! Ini Estimasi Harga Borongan Bangunan Per Meter Persegi

harga borongan bangunan

Pembangunan rumah baru maupun renovasi akan memerlukan jasa profesional demi terwujudnya hunian yang sesuai dengan keinginan Anda. Ada dua sistem pembayaran jasa yang bisa dipilih, yaitu jasa borongan dan harian. Untuk Anda yang ingin menggunakan sistem borongan, maka bisa menyimak artikel ini sampai habis. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai estimasi harga borongan bangunan per meter persegi.

Tentang Jasa Borongan Bangunan

Jasa borongan bangunan adalah tenaga atau jasa yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau proyek tertentu yang menggunakan sistem pembayaran secara keseluruhan. Dalam hal proyek pembangunan rumah, maka jasa borongan akan dibayar berdasarkan luas bangunan yang akan dibangun. Dengan begitu, perhitungannya adalah rupiah per meter persegi.

Apabila Anda menggunakan jasa borongan, maka bisa memilih antara borongan tenaga dan borongan lengkap. Jasa borongan tenaga adalah jasa yang hanya terdiri atas jasa tukang saja, tanpa material bangunan. Sedangkan jasa borongan lengkap terdiri atas jasa tukang dan material bangunan.

Estimasi Harga Borongan Bangunan Per Meter Persegi

Dalam persiapan membangun rumah, Anda harus punya perencanaan yang matang. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui detail perhitungannya melalui Rencana Anggaran Biaya (RAB) bangun rumah. Untuk mengetahui estimasi biaya, umumnya berdasarkan luas bangunan per meter persegi.

Dalam setiap tahapan pembangunan, umumnya ada tarif yang berbeda untuk masing-masing pekerjaan. Tahapan-tahapan tersebut terdiri dari persiapan, pekerjaan pondasi, pembuatan beton, pemasangan bata, pemasangan kusen, dan pekerjaan detail lainnya. Estimasi harga jasa borongan bangunan (tanpa material) adalah mulai dari Rp2.500.000 per meter persegi. Untuk menghitungnya, Anda bisa menggunakan rumus berikut.

Harga Upah Borongan = Harga Jasa Borongan x Luas Bangunan

Misalnya, bangunan rumah yang akan dibangun adalah 6 x 6 meter, maka luasnya 36 meter persegi. Harga upah borongannya yaitu:

Rp 2.500.000 x 36 meter persegi =  Rp 90.000.000

Perlu diingat kembali, bahwa harga di atas merupakan estimasi dan belum termasuk material. Harga jasa borongan untuk di setiap wilayah mungkin akan berbeda, dan tergantung kesepakatan serta tingkat kesulitan bangunan yang akan dikerjakan.

Keuntungan Memilih Jasa Borongan

Dengan memilih jasa borongan bangunan, maka Anda akan mendapatkan kemudahan, diantaranya:

  • Proses pembangunan rumah jadi lebih cepat dan jelas, karena di awal ada perjanjian mengenai estimasi waktu proyek yang jelas.
  • Dari sisi harga, biaya jasa borongan lebih murah dibanding harian, sehingga lebih hemat biaya.
  • Apabila menggunakan jasa borongan lengkap, maka semuanya akan diurus oleh pemborong, sehingga Anda tidak repot lagi.
  • Anda bisa mengontrol kualitas pembangunan bila ingin langsung melakukan pengecekan proyek.

Itulah penjelasan mengenai harga jasa borongan bangunan per meter persegi. Apabila ingin tahu lebih detail mengenai biaya bangun rumah, Anda bisa menggunakan kalkulator bangun rumah Sejasa. Jika membutuhkan jasa bangun rumah yang profesional, langsung kunjungi sejasa.com atau unduh Aplikasi Sejasa sekarang. Kami akan menghubungkan Anda dengan penyedia jasa profesional dan berpengalaman untuk penyelesaian proyek Anda. 

Proyek rumah Anda akan mendapatkan garansi, sehingga aman dan nyaman sampai pekerjaan selesai. Anda juga bisa memilih layanan Project Controller, yang mana tim Ahli Sejasa akan melakukan pengecekan kualitas terhadap proyek yang sedang berjalan.

harga borongan bangunan

 

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.