tukang kayu

2 Tipe Tukang Kayu yang Wajib Dihindari

Tukang kayu merupakan pengrajin yang menggeluti bidang perkayuan, mulai dari membuat hingga memperbaiki dan mengolah material kayu menjadi barang-barang rumah tangga. Anda bisa menemukan jasa tukang kayu terdekat di daerah Anda, namun Anda harus tetap mempertimbangkan bagaimana kelebihan dan kekurangan jasa tukang kayu tersebut.

Dalam memilih jasa tukang kayu yang terdekat untuk kebutuhan rumah, Anda bisa menghubungi kapan saja. Dengan jaraknya yang relatif dekat Anda tidak perlu khawatir jika ada masalah dan kekurangan, karena Anda bisa komplain tanpa harus mencari kemana mana. Namun, Anda tetap harus waspada. Tukang kayu terdekat dengan rumah Anda tidak selamanya menjamin hasil yang maksimal, berikut adalah 2 tipe tukang kayu yang sebaiknya dihindari.

Tipe Tukang Kayu Terdekat yang Wajib Dihindari

Tukang kayu yang omong doang

Tipe pertama adalah yang cenderung banyak bicara dan sering menggampangkan pekerjaan. Tukang kayu seperti ini yang lebih baik dihindari. Mereka akan berkata mudah atau gampang akan suatu pekerjaan, namun hasilnya malah membuat pelanggan komplain habis-habisan. Tukang kayu yang seperti ini akan nekad mengaku bisa karena sedang membutuhkan penghasilan. Mereka tidak memikirkan apakah pekerjaan yang mereka jalani sesuai dengan kemampuan mereka atau tidak.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam memilih tukang kayu seperti ini, ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan:

  • Perhatikan tukang kayu, apabila dari awal sudah banyak berbicara yang kurang penting,  maka kemungkinan saat bekerja juga akan lebih sering mengobrol.
  • Berhati-hatilah dengan tukang kayu yang sering berkata “ mudah atau gampang” tukang kayu yang seperti ini cenderung menganggap mudah pekerjaan.
  • Pastikan untuk bertanya, “Apakah bisa mengerjakan pekerjaan yang seperti ini?” Bila perlu minta bukti untuk lebih meyakinkan Anda.
  • Sepakati mengenai waktu dan kualitas pekerjaan yang Anda inginkan. 
  • Lihatlah kelengkapan peralatan kerja yang dimiliki. Umumnya tukang kayu profesional akan menyediakan alat yang lengkap sebagai pendukung pekerjaannya.

Tukang kayu yang belum profesional  

Tukang kayu tipe ini mungkin lebih baik daripada tipe yang di atas, namun Anda tetap harus waspada dan berhati-hati. Akan lebih baik jika Anda memilih jasa tukang kayu yang benar-benar profesional dan sudah terbukti hasil kerjanya. Tukang kayu ini biasanya punya peralatannya cukup lengkap, bekerja dengan serius dan tidak banyak bicara. Namun kekurangannya terletak pada hasil pekerjaan. Tukang kayu yang seperti ini sebenarnya belum bisa menjadi kepala tukang kayu, melainkan hanya menjadi bawahan saja, mengingat kualitasnya yang kurang dan belum bisa dianggap sebagai tukang kayu profesional.

Tukang kayu yang seperti ini banyak ditemukan, Anda tetap bisa menyewa jasa mereka, namun ada beberapa yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Sebelum memulai pekerjaan, sebaiknya Anda memberikan pengarahan yang jelas, mengenai pembayaran dan hasil sesuai kesepakatan. Ingatkan bahwa Anda tidak ingin banyak komplain di akhir pekerjaan, yang mana hal ini dapat merugikan Anda dan pihak tukang.
  • Lakukan pengawasan rutin terhadap pekerjaannya. Apabila ada yang belum selesai, sebaiknya minta untuk selesaikan terlebih dahulu sebelum mengerjakan yang lain. 

Itulah dua tipe tukang kayu yang sebaiknya Anda hindari. Tukang kayu yang profesional juga memiliki karakteristik yang berbeda dengan tukang kayu yang lain. Tukang kayu professional biasanya dari awal sudah bersungguh-sungguh dalam pengerjaan proyek, tentunya dengan alat yang lengkap. Selain itu, mereka tidak banyak bicara dan percaya diri dalam menentukan harga dan hasil.

Untuk mencari tukang kayu terdekat yang profesional dan berpengalaman, Anda tidak perlu repot. Melalui platform Sejasa, Anda bisa menemukan jasa tukang kayu yang berkualitas. Anda tidak perlu mengidentifikasi pengalaman dan kualitas kerja mereka, karena Tim Sejasa telah melakukan penyeleksian yang ketat terhadap pengalaman dan profesionalisme penyedia jasa. Namun, Anda tetap bisa melihat portofolio pekerjaan serta review dari pelanggan sebelumnya agar lebih yakin menggunakan sebuah jasa. Kunjungi sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa sekarang.

tukang kayu
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *