Ini 4 Titik Pijat untuk Atasi Kesemutan Kaki

titik pijat kesemutan kaki

Apakah Anda sering merasakan kesemutan pada bagian kaki? Kaki yang kesemutan merupakan hal yang alami terjadi. Meskipun begitu, Anda patut mewaspadai kaki kesemutan karena bisa jadi itu merupakan pertanda datangnya penyakit. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengetahui titik pijat kesemutan kaki, kemudian melakukan penekanan pada bagian tertentu.

Umumnya, kaki kesemutan dirasakan saat terlalu lama berlutut atau dalam posisi duduk bersila. Kondisi ini terjadi karena adanya tekanan pada saraf tertentu yang bisa memicu sensasi kebas atau mati rasa. Lalu, bagaimana cara praktis mengatasi kaki kesemutan? Simak jawaban selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Kesemutan

Kesemutan umumnya ditandai dengan rasa kebas atau mati rasa yang disertai sensasi seperti tertusuk jarum. Ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, tapi yang sering dirasakan adalah pada tangan dan kaki.

Kondisi kaki kesemutan bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Meskipun begitu, apabila Anda sering dan cukup lama merasakannya, ini bisa menandakan adanya gangguan kesehatan. Berikut adalah kondisi yang menyebabkan kaki terasa kesemutan sementara:

  • Duduk bersila dalam waktu lama
  • Penggunaan sepatu yang terlalu kecil
  • Posisi tidur yang salah, seperti kepala menindih lengan
  • Radang dingin

Kondisi di atas umumnya bisa mereda sendiri setelah beberapa saat apabila tidak ada lagi tekanan di bagian tubuh. Contohnya, Anda dapat meluruskan kaki setelah duduk bersila. 

Titik Pijat untuk Mengatasi Kesemutan di Kaki

Meskipun keadaan kesemutan kaki terjadi sementara, penting untuk mengetahui titik pijat untuk mengatasi kesemutan di kaki. Apabila Anda sering mengalami kesemutan kaki dalam waktu lama dan terus menerus, maka bisa jadi pembuluh darah mengalami penyumbatan dan harus segera dilakukan pengobatan. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pemijatan pada bagian kaki demi kesembuhan.

Berikut ini beberapa titik pijat untuk mengatasi kesemutan kaki:

Titik pada bagian telapak kaki kanan dan kiri
titik pijat refleksi kaki

Titik ini merupakan titik refleksi kelenjar adrenalin.

Titik pada bagian bawah mata kaki
titik pijat refleksi kaki

Titik ini merupakan titik refleksi lutut. Apabila merasakan kesemutan pada sekitar lutut, beri pijatan lembut pada bagian bawah mata kaki.

Titik pada bagian atas tulang kering di bawah lutut
titik pijat refleksi kaki

 

Titik pada bagian otot tengah betis
titik pijat refleksi kaki

Untuk mengatasi kesemutan pada kaki, lakukan pijatan pada titik refleksi tersebut dengan rutin selama 3 kali dalam sehari. Selain itu, perbanyak minum air putih setelah selesai melakukan pijatan. Apabila Anda sering merasakan kesemutan, lakukan pijatan setiap hari selama 3 hari berturut-turut.

Apabila Anda membutuhkan jasa pijat untuk tubuh maupun pijat kaki oleh terapis profesional, segera kunjungi sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa. Cukup isi kebutuhan jasa Anda dengan detail, kemudian Sejasa akan menghubungkan Anda dengan terapis yang berpengalaman dan telah terverifikasi. Tersedia layanan body massage dan reflexology yang dapat Anda pesan untuk datang langsung ke alamat. Sangat cepat dan praktis, tidak perlu keluar rumah.

titik pijat kesemutan kaki
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.