Keuntungan Bangun Rumah 2 Lantai dan Panduan Menghitung Biayanya

biaya bangun rumah 2 lantai

Lahan yang sempit seringkali menjadi hambatan terbesar untuk mewujudkan rumah yang nyaman. Seiring berjalannya waktu, keluarga yang kecil akan membutuhkan ruang lebih agar dapat leluasa beraktivitas di rumah. Dengan begitu, rumah 2 lantai adalah solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan ruang. Simak artikel ini untuk tahu keuntungan rumah 2 lantai dan panduan menghitung biaya bangun rumah 2 lantai.

Keuntungan Rumah 2 Lantai

Selain ketersediaan ruang yang lebih banyak, punya rumah 2 lantai memberikan beragam keuntungan bagi pemiliknya. Berikut ulasannya untuk Anda.

Rumah Jadi Lebih Luas

Meski dengan ukuran tanah yang terbatas, memiliki rumah 2 lantai akan memberikan tambahan ruang melalui penambahan lantai. Membangun rumah ke atas mampu memberikan ruang tambahan bagi pemiliknya. 

Pemisah Area Privat dan Publik

Rumah dengan 2 lantai akan memudahkan untuk memisahkan area privat dan publik. Anda bisa menggunakan lantai 1 sebagai ruangan publik, seperti ruang tamu, teras, dapur, dan kamar mandi untuk tamu. Sedangkan lantai 2 bisa dimaksimalkan untuk ruangan bersama keluarga. Seperti ruang keluarga untuk menonton tv, kamar tidur, ruang kerja atau ruang belajar, dan ruangan lainnya.

Peluang Bisnis

Memiliki rumah bertingkat dengan anggota keluarga yang minim membuat Anda lebih leluasa memanfaatkannya untuk bisnis. Seperti kos-kosan, atau warung kecil di lantai 1 di dekat teras. Dengan memanfaatkan ruang berlebih, Anda pun bisa mendapatkan pemasukan setiap bulannya.

Menikmati Pemandangan

Rumah lantai 2 umumnya akan dimaksimalkan untuk membuat balkon. Anda bisa memilih desain  balkon yang estetik dan fungsional. Keberadaan balkon ini akan cocok untuk Anda menikmati momen sunset dengan kopi atau teh.

Panduan Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Anda dapat menghitung biaya bangun rumah 2 lantai secara kasar dengan mengkalikan biaya per meter persegi dengn luas bangunan yang akan dibangun. Namun, secara garis besar dalam menghitung biaya pembangunan rumah terbagi atas biaya jasa dan biaya per meter persegi. Berikut penjelasannya.

Biaya Jasa Bangun Rumah 2 Lantai

Dalam proses membangun rumah, jasa profesional seperti kontraktor dan tukang sangat dibutuhkan. Dengan menggunakan jasa mereka, proyek rumah Anda akan dilakukan lebih rinci dan detail mulai dari perencanaan hingga penyelesaian. Tentunya dengan jasa kontraktor, hasilnya akan jauh lebih profesional.

Apabila Anda menggunakan sistem harian dalam menggaji tukang bangunan, maka biayanya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per tukang untuk ter harinya. Sedangkan jika Anda menggunakan jasa kontraktor atau sistem borongan, maka biaya yang diperlukan untuk rumah 2 lantai adalah berkisar antara Rp 1.700.000 hingga Rp 2.000.000 per meter persegi. Biaya di atas merupakan perkiraan, sehingga dapat berbeda saat proses penawaran dengan jasa kontraktor tergantung spesifikasi dan material bahan bangunan yang digunakan.

Biaya Bangun Rumah 2 Lantai per Meter Persegi

Menghitung biaya bangun rumah per meter persegi adalah hal yang umumnya dijadikan patokan secara kasar. Untuk menghitungnya, Anda harus menentukan berapa luas rumah 2 lantai yang Anda inginkan. Saat ini, biaya bangun rumah 2 lantai sistem borongan serta material mulai dari Rp 4.500.000. Biaya ini bersifat relatif dan akan disesuaikan dengan kompleksitas mangunan serta jenis, merek bahan bangunan yang Anda inginkan.

biaya bangun rumah 2 lantai

Contoh Hitungan Kasar Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Apabila Anda sudah menentukan luas rumah 2 lantai yang akan dibangun, maka Anda bisa menghitung biayanya secara kasar. Rumus yang dapat digunakan adalah:

Biaya per meter persegi x luas bangunan yang ingin dibangun.

Misalnya, Anda telah membeli tanah dengan ukuran 7×12 meter dan tanah ini akan dibangun rumah 2 lantai. Dengan keadaan ini, maka ukuran lantai 1 bangunan adalah 7×10 meter dan lantai 2 adalah 7×9 meter.

Luas lantai 1 = 7 x 10 m = 70 m2

Luas lantai 2 = 7 x 9 m = 63 m2

Luas total bangunan = Luas lantai 1 + Luas lantai 2 = 133 m2

Dengan biaya bangun rumah per meter = Rp 4.500.000

Maka, perhitungan kasar dalam membangun rumah 2 lantai yang berukuran 7×12 meter adalah 133 m2 x Rp 4.500.000 = Rp598.500.000

Dengan perhitungan kasar tersebut, Anda sudah punya bayangan biaya yang dibutuhkan dalam membangun rumah 2 lantai. Namun, perlu diingat bahwa biaya tersebut hanyalah kisaran. Anda perlu mempersiapkan biaya tak terduga pula sekitar 10 hingga 20 persen.

Apabila Anda ingin memanfaatkan fitur perhitungan biaya bangun rumah, Anda dapat menggunakan kalkulator bangun rumah Sejasa. Fitur ini akan sangat memudahkan Anda dapat mengetahui estimasi biaya yang diperlukan dalam membangun rumah 2 lantai yang diimpikan. 

Selain itu, jika Anda membutuhkan jasa kontraktor dalam pembangunan rumah bisa mengunjungi website sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa. Kami akan menghubungkan Anda dengan penyedia jasa profesional dan terverifikasi. Proyek rumah Anda akan mendapatkan garansi, sehingga aman dan nyaman sampai pekerjaan selesai. Anda juga bisa memilih layanan Project Controller yang akan melakukan pengecekan kualitas proyek yang sedang berjalan.

biaya bangun rumah 2 lantai
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *