tukang listrik

5 Tips Mendapatkan Jasa Tukang Listrik Profesional

Bagi Anda yang baru saja memiliki rumah, maka Anda akan memerlukan tukang listrik untuk memasang listrik di seluruh area rumah. Tidak bisa dipungkiri, listrik sangat dibutuhkan oleh kebanyakan masyarakat, bahkan saat ini listrik telah menjadi kebutuhan pokok setiap manusia. Hampir tidak ada kegiatan sosial yang tidak membutuhkan kehadiran listrik. Pemasangan listrik di rumah tentu membutuhkan jasa tukang listrik yang profesional.

Tukang listrik merupakan jasa pekerja yang mengkhususkan dirinya dalam menangani instalasi listrik pada suatu bangunan. Dengan urgensi jasanya yang sering dibutuhkan, maka kini ada banyak jasa kelistrikan yang dapat ditemukan. Meskipun begitu, Anda harus selektif dalam memilih jasa kelistrikan agar mendapatkan jasa dengan kemampuan yang profesional dan tidak abal-abal. 

Lingkup Pekerjaan Tukang Listrik

Jasa tukang listrik merupakan pekerjaan kelistrikan yang mampu dilakukan oleh tenaga profesional. Pekerjaan ini meliputi pengecekan, pemeliharaan, hingga perbaikan komponen kelistrikan serta instalasi listrik. Jika menggunakan jasa kelistrikan Sejasa, pekerjaan yang mampu dilakukan oleh penyedia jasa adalah: 

Inspeksi

Pekerjaan inspeksi merupakan pemeriksaan listrik yang ada di rumah Anda. Ini melibatkan kegiatan tes, hingga pengukuran kebutuhan listrik yang ada di hunian Anda.

Pemasangan MCB

MCB atau Miniature Circuit Breaker merupakan salah satu komponen instalasi listrik rumah yang memiliki peran sangat penting. Pemasangan MCB pada rumah berfungsi sebagai sistem proteksi di dalam instalasi listrik apabila ada beban berlebih dan terjadinya korsleting. 

Ganti Sekring

Apabila sering terjadi kelebihan beban listrik di rumah, maka bisa membuat sekring rusak dan putus. Kerusakan ini harus segera diatasi dengan menggantinya. 

Service atau Instalasi Kabel

Instalasi kabel listrik menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik rumah baru. Ini penting untuk menyalurkan daya listrik ke lampu atau alat-alat elektronik lainnya.

Tambah Stop Kontak 

Keberadaan stop kontak di rumah menjadi alat pemutus ketika terjadi kontrak di antara arus negatif, positif, dan grounding dalam instalasi listrik. 

Pemasangan Grounding

Grounding listrik rumah merupakan jalur kabel instalasi listrik rumah yang menuju ke dalam tanah. Pemasangan grounding berfungsi untuk mencegah gangguan pada instalasi listrik seperti kebocoran arus listrik dan sambaran petir.

Tips Mencari Jasa Tukang Listrik Profesional

Penting bagi Anda untuk selektif dalam memilih jasa tukang listrik, karena tidak semua tukang listrik memiliki kemampuan yang mumpuni. Berikut adalah tips yang dapat Anda terapkan dalam mencari jasa tukang listrik yang profesional.

 Ahli dan Berpengalaman

Poin pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tukang listrik yang ahli dan memiliki pengalaman. Dalam hal ini, Anda dapat menelusuri rekam jejak penyedia jasa mulai dari berapa lama mereka telah beroperasi, hingga review pelanggan setelah menggunakan jasanya. Jika Anda ingin melihat keahlian mereka, maka mintalah mereka untuk menunjukkan sertifikat resmi sebagai pendukung.

Jasa yang Profesional

Untuk mengetahui profesionalitas penyedia jasa, Anda bisa mengetahuinya dari cara mereka bekerja dan sikap mereka terhadap konsumen. Sikap mereka terhadap konsumen biasanya menentukan kualitas kerja mereka. pekerja profesional akan melakukan manajemen waktu, mereka enggan untuk mengulur-ulur waktu, mereka akan lebih memilih bekerja dengan cepat dan tepat. Ini bisa diketahui dari review dan komentar pelanggan yang telah menggunakan jasa mereka melalui website atau aplikasinya.

Menyediakan Standar Keselamatan Tinggi

Standar keselamatan kerja merupakan hal yang paling penting ketika melakukan suatu pekerjaan, apalagi berhubungan dengan listrik. Hal ini memiliki risiko yang sangat tinggi, bahkan bisa mengancam nyawa tukang listrik yang bersangkutan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menyewa tukang listrik yang selalu bekerja dengan menerapkan standar keselamatan kerja yang telah ditetapkan.

Menurut standar keselamatan kerja, pekerja setidaknya harus menggunakan pelindung badan berupa pakaian pengaman yang tidak mengandung logam, dan mampu menahan gesekan selain itu, tenaga kerja juga diwajibkan untuk menggunakan helm keselamatan, sepatu dan sarung tangan khusus. Namun perlu diingat, standar keselamatan kerja tidak hanya digunakan untuk pekerja saja, tetapi juga untuk orang orang yang ada di sekitarnya.

Standarisasi Harga

Harga tentunya menjadi pertimbangan dalam memilih penyedia jasa. Pastikan harga yang ditetapkan oleh penyedia jasa sesuai dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Tidak masalah apabila Anda diberikan harga yang cukup tinggi, namun disesuaikan juga dengan kualitas yang didapatkan. Biasanya harga menentukan profesionalitas. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan jasa yang telah memiliki harga terstandarisasi. Ini akan memberikan kejelasan dan kemudahan bagi pelanggan.

Menggunakan Produk yang Berkualitas

Selain profesional Anda juga perlu memperhatikan kualitas produk yang digunakan oleh tukang listrik yang digunakan. Produk ini dapat berbentuk kabel, sekring dan alat alat listrik lainnya yang kemungkinan dibutuhkan pada rumah Anda.

Dalam hal ini, jika menggunakan layanan tukang listrik Sejasa maka Anda dapat menyesuaikan kebutuhan produk yang dipakai. Anda bisa membuat kesepakatan dengan penyedia jasa mengenai detail produk atau material yang akan dipakai. Itulah 5 tips mencari tukang listrik yang profesional.

Jika Anda bingung mencari jasa tukang listrik, segera kunjungi website sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa. Kami akan membantu Anda dalam menemukan jasa tukang listrik profesional dan berkualitas. Proses instalasi listrik rumah Anda dijamin aman dan nyaman, karena tersedia garansi hingga 60 hari*. Anda juga bisa mengecek portofolio dan review dari pelanggan sebelumnya.

tukang listrik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *