Hindari 6 Hal Ini Saat Mempertimbangkan Desain Rumah

desain rumah

Dalam proses membangun rumah, Anda harus membuat perencanaan desain rumah yang matang dan tepat. Pada dasarnya, membangun sebuah rumah dibutuhkan banyak perhitungan agar hasilnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selain itu, rumah perlu dibangun untuk memberikan rasa aman serta nyaman bagi penghuninya karena tentunya rumah tersebut akan ditempati dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, desain rumah tidak boleh diabaikan.

Namun saat mendesainnya, tentu cukup sering terjadi beberapa kesalahan. Pastikan untuk menyimak artikel ini sampai habis, agar Anda bisa terhindar dari berbagai kesalahan yang bisa berdampak buruk pada hasil rumah nantinya.

Beberapa Kesalahan Desain Rumah yang Harus Dihindari

Desain Dapur yang Kurang Luas

Dapur adalah jantung dari setiap rumah, jadi Anda perlu memikirkan baik-baik desain dan ruang dapur. Sebaiknya, Anda membuat dapur sedikit lebih lebar agar tidak terlihat sempit saat Anda berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya di rumah. Ini penting karena dapur memiliki peran besar dalam kegiatan memasak, makan bersama dan memasak bersama keluarga tersayang.

Tidak Ada Ruang Penyimpanan

Rumah baru tentunya membutuhkan berbagai perabotan, tentunya Anda harus memasukkan perabotan ke dalam rumah yang akan ditempati. Namun ketika menyadari bahwa Anda memiliki barang dalam jumlah yang cukup banyak dan tidak ada ruang penyimpanan, tentu akan sangat merepotkan. Untuk menghindari hal ini, pastikan memiliki ruang untuk menyimpan berbagai peralatan yang dimiliki agar tidak berantakan atau memenuhi suatu ruangan.

Sangat Sesuai dengan Keinginan

Desain, finishing, dan lain-lain dari rumah yang Anda inginkan, tentu akan menjadi pertimbangan ketika membangun rumah. Sebagai pemilik rumah, Anda memiliki kesempatan untuk membuat segalanya, tetapi jangan berlebihan. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan rumah ini akan dijual di masa depan, jadi jika rumah tersebut sangat  sesuai dengan keinginan, maka akan sulit untuk dijual. Oleh karena itu, untuk mempermudah aktivitas di dalam rumah, pastikan setiap bagian rumah memiliki fungsi yang sesuai dengan kebutuhan secara umum.

Tidak Memperhatikan Furnitur

Saat merancang desain rumah baru, apakah Anda sudah mempertimbangkan ukuran furnitur yang perlu ditempatkan di setiap ruangan rumah? Pastikan untuk menempatkan furnitur yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran rumah. Hal ini untuk menghindari rumah yang terlalu penuh dan sesak hingga terasa sempit. Selain itu, rumah dengan furnitur yang sesuai pasti lebih fungsional dan efisien tanpa mengganggu aktivitas di dalam rumah.

Tidak Memperhatikan Aspek Luar Rumah

Untuk memiliki rumah yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan, maka Anda harus memperhatikan tampilan luar rumah. Hal ini dikarenakan bagian luar rumah menjadi wajah utama saat seseorang berkunjung ke rumah Anda atau sekedar melihat-lihat rumah Anda. Coba berikan tampilan yang menyegarkan, misalnya dengan menempatkan beberapa tanaman yang menarik atau sentuhan teras yang berbeda. Ini akan membuat rumah tampak segar dan menarik saat dilihat dari luar.

Melupakan Ruang Privasi

Saat merancang desain rumah baru, pastikan untuk melindungi privasi setiap penghuninya. Privasi harus dijaga dengan baik di dalam maupun di luar rumah. Misalnya dalam sebuah rumah, pastikan setiap ruangan atau ruangan memiliki sekat yang dibutuhkan setiap orang. Sedangkan untuk bagian luar rumah, jangan memasang jendela yang terlalu besar untuk membuka bagian dalam rumah dan terlihat banyak orang.

Itu tadi beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam desain rumah yang akan dibangun. Bagi Anda yang akan membangun rumah dan ingin mewujudkan desain rumah impian, Sejasa siap membantu. Kami akan memudahkan Anda dalam mendapatkan beberapa penawaran terbaik dari jasa kontraktor dan interior desainer berpengalaman. Kunjungi website sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa sekarang!

desain-rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.