7 Tips Menata Ruangan Rumah Minimalis

rumah minimalis

Memiliki rumah minimalis, berarti Anda hanya punya ruangan yang terbatas untuk setiap furnitur yang dibeli. Maka dari itu, Anda harus benar-benar pintar dalam penataan furnitur yang memang diminimalisir penggunaannya. Semuanya harus ditata rapi dan baik agar membuat ruangan tidak terlihat sempit. Bagaimana strategi dalam penataan berbagai perabotan? Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Menata Furniture Rumah Minimalis

Terapkan 7 hal ini untuk penataan perabotan pada rumah gaya minimalis Anda agar lebih maksimal.

Kurangi Penggunaan Pintu

Anda bisa memulai dengan pengurangan pintu pada rumah minimalis yang diganti dengan penggunaan sekat. Pemakaian sekat akan lebih mudah dalam pengaturan luas ruangan, karena jika tidak cocok sekatnya bisa dipindahkan sesuai dengan keinginan.

Furnitur Multifungsi

Kemudian Anda bisa menggunakan strategi pemanfaatan furnitur yang memiliki fungsi lebih dari satu alias multifungsi. Penggunaan furnitur seperti ini akan membuat hunian juga lebih terasa lega karena dapat mengurangi penggunaan perabot.

Salah satunya bisa dengan menggunakan perabotan rumah tangga, seperti tempat tidur yang pada bagian bawahnya bisa dijadikan laci. Dengan begini, maka furnitur yang Anda miliki punya fungsi lebih dari satu dan membuat lebih banyak ruangan tersisa.

Jeli Dalam Pemilihan Warna Dinding

Pemilihan warna dinding juga menjadi salah satu cara untuk menata rumah minimalis. Jika salah memilih warna cat dinding, akan membuat ruangan jadi lebih kecil atau kebalikannya terlihat sangat luas. Pemilihan warna dinding sebaiknya disesuaikan dengan tema rumah atau warna perabotan agar lebih serasi dan enak dipandang. Maka dari itu,  ketika sudah memilih warna dinding dan sudah diaplikasikan, maka perabotan warnanya dapat disesuaikan dengan warna dinding pula.

Peletakan Perabotan

Agar lebih efektif, maka sebaiknya Anda harus mengetahui cara peletakan furnitur yang benar. Anda harus meletakkan furnitur besar seperti kursi atau sofa agar posisinya tidak terlalu mengarah ke dinding. Strategi ini dapat membuat ruangan terlihat jauh lebih luas karena  bayangan yang disebabkan cahaya langsung menuju sofa. Namun untuk peletakan benda-benda seperti meja televisi atau hiasan dinding maka bisa diletakkan mepet ke dinding.

Penggunaan Kaca Cermin

Selanjutnya bisa memanfaatkan penggunaan kaca cermin untuk memberikan kesan luas pada ruangan di rumah yang kecil. Penggunaan kaca cermin ini sangat efisien untuk membuat ruangan terasa luas, namun biasanya harga ini cukup mahal. Sebaiknya, siapkan budget terlebih dahulu agar bisa mewujudkan pembelian kaca cermin.

Gunakan Furnitur Minimalis

Memiliki hunian minimalis maka wajib memilih furnitur yang memang bergaya minimalis pula. Mulai dari ukuran furnitur sampai modelnya, apalagi untuk furnitur pengisi ruang tamu maka harus memperhatikan ukuran perabotan. Semakin besar perabotan yang digunakan, maka akan semakin membutuhkan ruangan yang lebih luas.

Gorden Berkuran Besar

Penggunaan tirai ukuran besar apalagi untuk ruang tamu minimalis akan membuat terlihat ruangan lebih luas. Namun, pastikan untuk tetap memilih gorden ukuran besar yang ukurannya masih umum bukan oversize. Hal ini untuk menyesuaikan pemilihan gorden agar selaras dengan penciptaan rumah gaya minimalis yang lebih luas.

Semoga dengan 7 trik di atas, Anda dapat lebih mudah dalam menata hunian yang nyaman. Apabila Anda sedang ingin membangun rumah minimalis, maka penting untuk memilih desainer bangunan yang profesional dan berpengalaman. Melalui aplikasi Sejasa dan web sejasa.com, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan penyedia jasa yang berkualitas. Pembayaran akan lebih aman dengan rekening bersama SejasaPay.

rumah minimalis
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.