gambar rumah

13 Gambar Rumah yang Diperlukan Ketika Ingin Membangun Rumah

Membangun rumah baru membutuhkan perencanaan yang matang, baik dari segi finansial maupun dari segi rancangan desain gambar rumah itu sendiri. Untuk perkara desain, Anda memerlukan bantuan dari jasa arsitek. Arsitek tidak hanya memvisualisasikan ide dan keinginan Anda, tapi juga merencanakan bahan bangunan yang cocok untuk rumah Anda. Selain itu, gambar dari arsitek juga sangat dibutuhkan sebagai petunjuk dan pedoman penyedia jasa yang mengerjakan proyek bangun rumah Anda. Ada beberapa gambar yang harus dibuat oleh arsitek agar proyek pembangunan rumah Anda berjalan dengan lancar. Untuk memudahkan Anda, Sejasa.com akan menjabarkan satu per satu, apa saja gambar rumah yang diperlukan ketika ingin membangun rumah.

Skematik Desain

Skematik desain merupakan langkah awal arsitek dalam mendesain rumah baru. Skematik desain umumnya berupa skema, sketsa, atau coret-coretan yang dibuat berdasarkan output atau ide-ide dasar yang disampaikan klien kepada arsitek.

Denah Lokasi (Site Plan)
Denah lokasi atau site plan adalah jenis denah yang menggambarkan tampak atas rumah beserta lokasi dan hubungan rumah tersebut dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Denah lokasi ini dibuat untuk mengetahui lokasi atau site secara makro.

Denah Bangunan

Denah bangunan menggambarkan tampak atas bangunan yang dipotong setinggi 1 meter dari tanah sehingga mengabaikan bagian atas atau atap bangunan. Fungsi dari gambar denah bangunan antara lain untuk mengetahui dimensi, isi, fungsi, susunan, dan sirkulasi ruang, serta letak pintu dan bukaan.

Gambar denah bangunan sendiri ada bermacam-macam jenis, yaitu:

Denah Pondasi

Denah pondasi adalah denah yang menggambarkan pondasi dari atas sampai ke tapak pondasi paling bawah yang ada di dalam permukaan tanah. Denah ini dibuat untuk mengetahui di mana saja letak titik pondasi yang paling strategis untuk menjaga kekokohan sebuah rumah.

Denah Atap

Denah atap adalah denah yang menggambarkan tampak atas rumah yang dibutuhkan untuk mengetahui bentuk rumah tampak atas. Sebuah atap rumah merupakan bagian yang sangat penting untuk melindungi rumah dari sinar matahari dan hujan. Oleh karena itu, pastikan desain atap yang dibuat oleh arsitek sesuai dengan kebutuhan rumah Anda dan sudah memperhitungkan semua kemungkinan terburuk.

Denah Sanitasi

Denah sanitasi dibuat dengan yang menggambarkan bagian sanitasi pada rumah yang mencakup instalasi air bersih, instalasi limbah, dan septic tank. Denah ini dibuat untuk mengetahui skema sanitasi atau sistem pengairan dalam sebuah rumah.

Denah Pola Lantai

Denah pola lantai adalah denah yang menggambarkan perencanaan pemasangan keramik di setiap ruang. Denah ini dibuat untuk mengetahui pola lantai atau jenis keramik yang digunakan untuk setiap ruang.

Denah Elektrikal

Denah elektrik adalah denah yang menggambarkan tata letak dari peralatan instalasi listrik bangunan. Denah ini berfungsi untuk mengetahui titik lampu dan titik saklar atau stop kontak dalam suatu bangunan yang berkaitan erat dengan penempatan furnitur ruang dalam.

Tampak Bangunan

Tampak bangunan adalah gambar dua dimensi yang memperlihatkan wujud luar atau fisik bangunan yang tampak. Gambar tampak bangunan umumnya memanfaatkan efek bayangan untuk mempertegas dimensi dan memperjelas posisi bidang pada bangunan. Fungsi dari gambar tampak bangunan antara lain untuk menunjukkan dimensi bangunan, proporsi, gaya arsitektur, warna, material, dan estetika bangunan.

Potongan Bangunan

Potongan bangunan adalah gambar bangunan yang dipotong secara vertikal dan memperlihatkan isi atau bagian dalam bangunan tersebut. Bagian bangunan yang dipotong dan arah pandangnya disertakan dalam denah agar gambar keseluruhan dapat dipahami dengan mudah. Fungsi gambar potongan bangunan adalah untuk menunjukkan struktur bangunan dan dimensi tinggi ruang.

Gambar Denah Detail

Gambar denah detail memperlihatkan gambar rumah detail per lantai atau ruangan yang ingin ditonjolkan pada gambar. Misalnya denah taman, denah ruang tamu, denah ruang tidur, denah kamar mandi, atau denah lantai dasar. Nah, gambar ini akan memperlihatkan bentuk dan dimensi ruangan tersebut secara mendetail.

Gambar Detail Pintu dan Jendela

Gambar detail pintu dan jendela memperlihatkan konstruksi pintu dan jendela. Gambar ini dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu kusen dan bagian pintu serta kusen dan bagian jendela. Gambar ini berfungsi untuk mengetahui bentuk dan dimensi masing-masing pintu dan jendela di dalam suatu bangunan.

Denah 3D

Gambar denah 3D adalah modelling atau gambar tiga dimensi rumah. Denah 3D tidak terbatas. Dengan gambar 3D ini, tentunya Anda akan lebih mudah memahami sketsa ruangan demi ruangan yang terdapat pada denah rumah Anda.

Penting untuk menggunakan jasa arsitek untuk memperoleh gambar yang diperlukan ketika ingin membangun rumah. Tanpa adanya gambar tersebut, bisa-bisa pengukuran rumah Anda salah, bahan bangunan yang dibeli tidak sesuai, dan akan hasil akhir yang didapatkan tidak maksimal. Nah, dengan adanya gambar dari arsitek, Anda dapat merealisasikan dan menentukan tata ruangan dan dekorasi eksterior rumah secara detail. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengikutsertakan jasa arsitek sebelum Anda membangun rumah, ya!

Butuh Jasa Arsitek Terpercaya?

Untitled-6-01-2

Sedang merencanakan bangun atau renovasi rumah dalam waktu dekat ini? Dapatkan jasa arsitek profesional untuk mengerjakan gambar rumah proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa. Yuk, kirimkan permintaan jasa arsitek untuk rumah impian Anda sekarang!

Gambar yang Diperlukan Ketika Ingin Membangun Rumah

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.